Meme Internet Disaster Girl Laku Terjual Fantastis Sebesar Rp 7.2 Miliar

0
42
Meme Internet Disaster Girl Laku Terjual Fantastis Sebesar Rp 7.2 Miliar
Ilustrasi Meme Internet Disaster Girl. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Meme internet disaster girl yang sudah ada sejak tahun 2005 silam menjadi foto yang terlihat ironis, namun sangat terkenal di jagat dunia maya. Foto tentang seorang gadis kecil yang tersenyum dengan latar bangunan terbakar itu viral di berbagai media sosial.

Viral Meme Internet Disaster Girl

Meme viral ini terjual 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7.2 miliar sebagai NFT atau Non Fungible Token. Teknologi kripto seperti sertifikat digital. Di mana menyatakan bahwa pihak pemilik foto atau bentuk virtualnya. Dengan adanya NFT, sebuah karya dapat terjamin keasliannya meskipun sudah tersebar ribuan kali dan beredar luas dalam dunia maya.

Pemilik NFT tersebut adalah Zoe Roth. Gambar populer ini ayahnya ambil sekitar tahun 2005. Pada saat Zoe Roth dan ayahnya Dave yang pergi untuk melihat sebuah kebakaran yang terkendali. Terlihat api yang memang dengan sengaja tim nyalakan untuk membersihkan properti dalam lingkungan mereka, Mebane, North California.

Roth mengaku bahwa dia menggunakan uang hasil penjualan meme internet disaster girl untuk melunasi pinjaman mahasiswa dan disumbangkan ke badan amal. Selain Roth, keluarganya juga memegang hak cipta atas gambar yang beredar dan mendapatkan potongan 10% dari penjual NFT di masa mendatang.

Pembeli NFT

3F music yang merupakan sebuah studio musik berbasis di Dubai merupakan pembeli dari NFT Orth tersebut. 3F music juga membeli beberapa NFT tiket besar lainnya. Seperti Overly Attached Girlfriend seharga 411 dolar AS atau setara Rp 5.9 miliar. Bahkan NFT kolom di The New York Times seharga 560 ribu dolar AS atau setara Rp 8 miliar.

Dalam sebuah pernyataan, 3F music menjelaskan tentang pembelian meme internet disaster girl dalam bentuk NFT tersebut.

Tim manajemen 3F music bekerja sama dengan beberapa penasehat seni yang memiliki pengetahuan dan pengalaman. Bahkan percaya bahwa 3F music harus tumbuh dengan gerakan teknologi yang membantu. Tak hanya untuk promosi bisnis, tetapi juga mendukung seniman. Pihak 3F music menjelaskan melalui The New York Times.

Mengenal Lebih Jauh NFT

Non Fungible Token merupakan kepanjangan dari NFT, dengan arti apapun yang bersifat digital termasuk gambar, GIF animasi, lagu, atau item video game. Sebuah NFT dapat menjadi satu-satunya layaknya lukisan dalam kehidupan nyata. Bahkan salinan dari banyak seperti kartu perdagangan. Namun teknologi blockchain dapat melacak siapa pemilik dari file asli tersebut.

Menjadi berita utama pada belakangan ini, beberapa karya NFT terjual seharga jutaan dolar. Meme terkenal selain meme internet disaster girl lainnya seperti Nyan Cat. Lalu kacamata hitam ‘deal with it’ juga sedang terlelang.

Bukan Meme Pertama dengan Harga Mahal

Zoe Roth ternyata bukan bintang meme pertama. Ada lainnya yang memanfaatkan foto viral NFT sebagai sumber uang.

Pada sebelumnya, Chris Torres yang merupakan pencipta dari Nyan Cat juga sudah menjual sebuah karya NFT dengan bentuk kucing berbadan pelangi seharga 600 ribu dolar AS atau setara Rp 9 miliar.

Sejak saat itu, Torres mulai bekerja sama dengan pembesut meme lain seperti Kyle Craven untuk bersama-sama mendapatkan keuntungan.

Tidak hanya meme internet disaster girl. Masih ada lagi Bos Twitter Jack Dorsey yang juga melelang tweet pertamanya dengan NFT. Tweet tersebut juga laku seharga 2.5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 36 rupiah. Ini merupakan sebuah nilai yang fantastis tentunya.