Uji Kecepatan Internet dengan Sederet Jenis Aplikasi

0
344
Uji Kecepatan Internet dengan Sederet Jenis Aplikasi
Ilustrasi Uji kecepatan internet. Foto. cnet.com

Texno.ID – Uji kecepatan internet merupakan cara untuk mengecek sebuah jaringan internet. Untuk anda yang bekerja menggunakan internet, tentunya hal tersebut sangatlah penting. Hal ini supaya ketika bekerja bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.

Aplikasi Uji Kecepatan Internet

Banyak masalah yang terjadi ketika kecepatan internet menurun. Sehingga kegiatan untuk mengirim chat email, berkomunikasi, dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan internet akan sangat terganggu. Hal ini tentu membuat anda menjadi jengkel, bahkan pusing.

Namun anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa macam aplikasi yang bisa digunakan untuk menguji kecepatan jaringan internet yang sedang anda gunakan. Apa saja sih jenis aplikasinya? Yuk simak dan pahami uraian dibawah ini.

Speedtest.net

Yang pertama ada jenis aplikasi Speedtest.net. Ini merupakan untuk mengetes kecepatan internet. Bahkan layanan ini sudah ada sejak lama dan mengikuti perkembangan internet dengan smartphone.

Caranya dengan menguji Ping (Latency) pada kecepatan upload dan kecepatan download. Anda bisa memilih server untuk rujukan tes.

Entah itu lokal maupun internasional. Tidak hanya untuk uji kecepatan internet saja, namun bisa menampilkan dari hasil kecepatan pada WiFi.

nPerf

Selanjutnya ada aplikasi yang menarik yaitu nPerf. Dapat menguji kecepatan sebuah jaringan internet seperti untuk upload, ping, download, menonton video online, bahkan untuk menelusuri berbagai situs dengan browser.

Selain itu, dapat melihat cakupan wilayah untuk koneksi internet dari sebuah provider dengan kualitas kecepatannya. Seperti ada peta wilayah dengan warna yang sesuai pada kualitas kecepatan internet.

NetVelocity

Uji kecepatan internet selanjutnya ada aplikasi Netvelocity yang memiliki fitur seperti analisa WiFi informasi perangkat, tes kecepatan, dan informasi RF. Pada tes sebuah kecepatan terdapat dua pilihan, yaitu tes penuh dan tes cepat.

Tes cepat akan mengukur pada kecepatan latency, upload, dan download. Pada tes penuh akan memberikan ukuran untuk latency, upload, download, jitter Facebook, packet loss, YouTube, dan tes ke Google. Sehingga hasilnya akan tampil informasi dari ukuran tersebut.

Internet Speed Test

Uji kecepatan internet selanjutnya dengan menggunakan aplikasi Speed Test. Aplikasi ini sangat canggih karena bisa membantu anda untuk menguji dari kecepatan koneksi pada perangkat anda.

Terdapat fitur yang berguna untuk mengecek pada kecepatan upload, download, menguji jeda ketika transfer data, serta fitur pengecekan secara otomatis.

Internet Speed Test – V-SPEED.eu

Aplikasi ini bisa memungkinkan anda agar dapat menguji kecepatan koneksi dari seluruh jenis jaringan 2G sampai 5G, bahkan WiFi sekalipun. Anda juga tidak perlu untuk melakukan pengujian berulang-ulang ketika akan mengecek koneksi.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini akan memberi kemudahan dengan cara menguji koneksi sekaligus pada kecepatan pengunduhan dalam sekali sentuh. Bahkan akan memberikan hasil kinerja speed internet untuk membandingkan dari provider yang lainnya.

Simple Speed Checker

Untuk uji kecepatan internet dengan menggunakan Simple Speed Checker. Uji kecepatan ini akan sesuai dengan keinginan anda. Dapat melakukan cek speed hanya dengan satu kali klik supaya bisa mengetes pada saat pengunduhan atau unggahan. Bahkan aplikasi ini dapat digunakan oleh semua jenis ponsel.

Speedcheck

Selanjutnya ada aplikasi Speedcheck yang bisa memungkinkan anda agar mengatur unit default. Anda bisa menentukan panjangnya pengujian yang berguna untuk upload dan download.

Pada pengaturan dengan jumlah maksimum koneksi anda juga bisa secara manual untuk menetapkan ketika menjalankan pengujian. Pada hasil riwayat pengujian sebelumnya juga akan tersimpan secara otomatis.

SpeedTest Master

Selanjutnya untuk uji kecepatan jaringan internet dengan menggunakan aplikasi SpeedTest Master, yang memiliki kecepatan tes uji internet baik. Untuk anda yang tinggal di tempat yang susah sinyal, aplikasi ini tetap akan berjalan meskipun kondisi jaringan terputus-putus.

Meteor

Aplikasi ini hampir sama dengan nPerf, yakni menawarkan pada fitur selain cek kecepatan koneksi internet yang biasa dan akan memberikan wawasan yang lain. Meteor memperkirakan pengalaman kecepatan internet pada sejumlah aplikasi yang ada di ponsel anda.

Itulah beberapa jenis aplikasi untuk uji kecepatan internet yang perlu anda ketahui. Anda juga bisa mengunduhnya mulai sekarang untuk berjaga-jaga ketika jaringan sedang tidak stabil. (CW001)

Editor : Deni Supendi