5 Aturan Netiket dalam Dunia Maya Ini Wajib untuk Anda Ketahui!

370
5 Aturan Netiket dalam Dunia Maya Ini Wajib untuk Anda Ketahui!
Ilustrasi 5 aturan netiket. Foto: Ist/Net

Texno.ID – 5 aturan netiket memang penting untuk Anda ketahui. Sementara istilah netiket atau Etika Internet merupakan kombinasi kata net dan etiket. Jadi netiket ini akan mengacu pada sekumpulan aturan perilaku yang ada hubungannya dengan komunikasi internet.

Mereka itu adalah suatu aturan guna melakukan interaksi yang sopan bersama peserta dalam media komunikasi.Sehingga aturan perilaku tak mengikat, namun akan diterima untuk komunikasi interpersonal.

Inilah 5 Aturan Netiket yang Penting untuk Anda Ketahui dan Pahami

Biasanya dalam interaksi melalui internet, ada beberapa orang yang merasa tersinggung karena etika berinternet kita yang salah. Oleh karena itu, kini munculah istilah netiket dan bertujuan guna menciptakan internet sehat.

Netiquette merupakan etika dalam penggunaan internet, sama halnya seperti melakukan sosialisasi di dunia sesungguhnya. Walaupun kita hanya bisa berhubungan secara virtual, tidak berarti etika akan selalu dikesampingkan pula. memang dunia maya dapat menciptakan lingkungan yang toxic, maka adanya etika internet itu sangat penting.

Jangan Selalu Mengumbar Semua Hal

Sebaiknya jangan sampai Anda menyebarkan semua hal, terutama yang sifatnya sangat pribadi. Seperti video atau foto sedang mabuk sebaiknya simpan dengan baik. 5 aturan netiket seperti itu seperti itu sebaiknya saat ada masalah jangan asal curhat di media sosial.

Menghargai Privasi Orang Lain

Pasalnya standar dari setiap manusia memang tidak dapat samaratakan sendiri. Termasuk juga dalam membagi sebuah konten di media sosial. Apapun yang dapat kita bagikan ke dunia maya menurut kita bisa, namun untuk orang lain kemungkinan tidak.

Walaupun sahabat atau teman dekat kita, hargailah perasaan dan keputusan setiap orang. Caranya dengan meminta izin apabila Anda ingin mengunggah sesuai yang ada hubungannya dengan orang lain.

Menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

5 aturan netiket ini sebaiknya gunakan gaya bahasa yang benar alias sopan, serta sebisa mungkin hindari kata-kata kotor atau kasar. Jadi jika Anda tidak ingin orang lain melihat Anda melakukan itu, yang maka jangan Anda lakukan.

Pasalnya ini sangat berlaku untuk semua jenis platform di media sosial. Mulai dari aplikasi chatting, forum, email dan lain sebagainya.

Jangan Sampai Mengesampingkan Orang Lain Secara Sengaja

Kita tentu akan memiliki teman dekat, bisa satu, dua atau bahkan lebih dari itu serta membentuk grup sendiri-sendiri. Biasanya grup pertemanan seperti ini memiliki bahan candaan sendiri yang hanya bisa dimengerti oleh mereka saja. Jadi ketika ada orang lain yang Anda ajak ngobrol di dunia maya, sebisa mungkin hindari candaan terlalu sering.

Memilih Teman yang Bijak

Terkadang, pertemanan di media sosial atau dunia maya akan selalu membuat merasa pusing kepala. Biasanya hal ini sering terjadi di kalangan remaja atau anak muda yang masih sekolah.

Bahkan masalah follow unfollow seringkali menjadi masalah terbesar dalam kehidupan mereka. Padahal memilih teman adalah hak pribadi serta merupakan pilihan bagi setiap orang.

Sehingga apabila tidak menginginkan berhubungan dengan orang yang tidak bisa memberi pengaruh baik, jangan follow sejak awal. Akan lebih baik lagi jika Anda hindari memfollow akun yang sifatnya toxic atau hanya akan menambah masalah saja.

Setelah Anda tahu 5 aturan netiket seperti itu, sebaiknya mulai dari sekarang terapkan semua aturan tersebut. Dengan begitu, supaya tidak ada orang lain yang merasa rugi maupun hal yang membuat hubungan tidak baik. Sebagai pengguna internet cerdik, Anda harus bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.