Cara Mengatasi HP Bootloop Menggunakan Beberapa Metode Termudah

353
Cara Mengatasi HP Bootloop Menggunakan Beberapa Metode Termudah
Ilustrasi cara mengatasi HP bootloop. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi HP bootloop ternyata sangat mudah. Meski demikian, tidak semua orang juga dapat melakukannya, apalagi bagi seorang pemula. Bootloop sendiri adalah kejadian error, yang mana HP Android tidak dapat masuk ke menu home dan mentok hingga logo merek saja.

Tentunya hal seperti ini akan membuat para penggunanya merasa jengkel karena HP-nya tidak dapat mereka gunakan lagi. Jika Anda mengalaminya, maka tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya.

Simak Cara Mengatasi HP Bootloop yang Mudah Tanpa Menunggu Lama

Bagi para pengguna perangkat genggam atau HP smartphone, tentunya sudah tidak begitu asing saat mendengar istilah bootloop. Ini merupakan suatu kondisi yang seringkali terjadi pada HP Android atau terkenal dengan proses booting berulang kali.

Biasanya permasalahan tersebut akan ditandai dengan HP akan kembali lagi untuk mengulang proses booting dan memunculkan logo HP Android. Jika sudah seperti ini, maka perangkat smartphone Anda sudah tidak bisa Anda gunakan sama sekali, terkecuali memperbaikinya.

Sehingga saat Anda mengalami permasalahan bootloop, jangan langsung panik begitu saja dan langsung menyervis ke tukang service. Daripada Anda membuang biaya, lebih baik lagi jika HP tersebut Anda perbaiki sendiri karena sangat mudah, berikut tipsnya!

Wipe Cache Partition

Cara mengatasi HP bootloop untuk langkah yang pertama adalah dengan melakukan factory reset atau wipe data. Pasalnya kegiatan factory reset ini akan memungkinkan Anda agar menghapus seluruh data termasuk foto, aplikasi dan video.

Atau dalam istilah lain bahwa ini merupakan cara dengan mengembalikan pengaturan pabrik atau awal. Untuk bisa melakukan factory reset, maka Anda harus pergi pada bagian menu recovery dahulu.

Wipe Cache

Cara ini hampir sama seperti sebelumnya yaitu untuk menghapus seluruh data cache yang ada pada HP Android Anda. Dengan membersihkannya, maka HP Anda akan langsung bersih dari semua jenis cache yang berbahaya sekalipun.

Restart HP

Cara mengatasi HP bootloop selanjutnya yaitu dengan melakukan restart HP, dan ini merupakan langkah atau tips yang paling sederhana dan mudah. Cukup dengan mematikan HP lalu mengeluarkan baterainya, namun jika jenis baterai tanam maka biarkan HP mati selama 5 menit.

Selanjutnya Anda bisa langsung menghidupkan kembali HP tersebut dan melihat bahwa permasalahan bootloop sudah selesai. Biasanya hl ini akan memerlukan soft reset cepat guna menghilangkan bug.

Custom ROM

Katanya cara yang satu ini terbilang sangat ampuh, sebab dengan melakukan custom ROM yang berbeda oleh pihak ketiga Anda tidak akan mengalami bootloop. Sehingga Anda bisa mencari custom ROM beserta tutorial menggunakannya di sumber internet.

Cara mengatasi HP bootloop ini juga akan tersedia berbagai varian pilihan custom ROM yang dapat menjadi pilihan Anda sendiri. Tetapi custom ROM juga bukan merupakan ROM resmi dari pabrik, sehingga akan memiliki error atau bug.

Flashing

Untuk tips yang terakhir saat akan mengatasi HP bootloop yaitu dengan melakukan flashing. Flashing sendiri merupakan mereset HP smartphone Anda dengan cara menggunakan stock ROM bawaan yang disediakan oleh pabrik pembuat HP itu.

Dalam arti lain Anda akan kembali instal ulang sistem operasi Android pada HP yang sedang Anda gunakan tersebut. Memang cara yang satu ini cukup efektif, sebab Anda akan melakukan penginstalan kembali secara keseluruhan.

Namun jika cara mengatasi HP bootloop sudah Anda lakukan menggunakan beberapa metode tersebut dan tidak berhasil pilihan lain dengan flashing ke tukang service.