Alasan Password Internet Lebih dari 8 Karakter, Apa Bedanya?

269
Alasan Password Internet Lebih dari 8 Karakter, Apa Bedanya?
Ilustrasi Alasan Password Internet Lebih dari 8 Karakter. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Alasan password internet lebih dari 8 karakter tentunya untuk keamanan ekstra dalam berselancar di media sosial.

Password atau kata sandi bagaikan sebuah kunci di internet. Dengan password, kita dapat mengamankan akun milik kita.

Mudahnya, password internet bekerja mirip dengan yang ada di WiFi. Seringkali kita mendapatkan password WiFi rumah atau kantor sangatlah panjang dan terdiri dari berbagai karakter untuk mencegah pembobolan.

Inilah Alasan Password Internet Lebih dari 8 Karakter

Siapa yang menggunakan internet? Tentu semua yang sedang membaca artikel ini dan jutaan lainnya sedang menggunakan internet.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat-sangat mendasar. Untuk dapat mendapatkan jaringan internet tersebut, tentu Anda harus membeli paket data atau terhubung dengan WiFi.

Banyak dari Anda yang mungkin memiliki media sosial. Semua media sosial di internet juga akan meminta Anda untuk membuat password pada saat awal pembuatan akun.

Sama seperti fungsinya pada WiFi, password di media sosial membuat orang yang dapat mengakses akun terbatas, yaitu hanya diri Anda sendiri. Namun, dalam membuat password juga tidak boleh asal. Sebab, kejahatan internet merajalela saat ini.

Banyak hacker yang mencoba meretas password akun media sosial. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah membuat password serumit mungkin.

Riset Huve System mengungkap bahwa password sejumlah 8 karakter dengan campuran angka, huruf besar dan kecil, serta simbol dapat menghambat proses peretasan.

Alasan password internet lebih dari 8 karakter akan membuat hacker menghabiskan waktu lebih lama untuk memecahkannya. Sementara itu, jika password lebih pendek dan tidak kompleks, maka proses pemecahannya juga akan lebih cepat.

Semakin Panjang Akan Semakin Aman

Hive System juga membeberkan bahwa password paling lama untuk diretas adalah yang berjumlah 18 karakter. Tentunya password juga terdiri dari campuran angka, huruf dan simbol. Untuk pemecahan password jenis itu, hacker membutuhkan waktu hingga 438 triliun tahun.

Hive Syustems menggunakan data dari tools Howsecureismypassword Security.org untuk dapat mengetahui estimasi lama waktu untuk memecahkan password.

Tujuan adanya riset adalah untuk mengetahui kecepatan rata-rata hacker dalam memecahkan password yang memiliki panjang dan kerumitan berbeda.

Proses Peretasan Password oleh Hacker

Melalui unggahan blog mereka, para peneliti Hive Systems juga menjelaskan bagaimana proses cracking password bekerja. Proses tersebut dimulai dari tahap hashing, yaitu proses hasil dorongan dari algoritma situs web.

Algoritma tersebut biasanya berguna untuk menyamarkan password yang tersimpan. Jika memasukkan password dalam satu perangkat lunak, hashing umum menggunakan MD5. Umumnya memang peretas yang membobol situs web adalah untuk menemukan daftar password yang tersimpan.

Ketika password lebih sedikit, maka proses pencurian oleh hacker akan cepat. Itulah alasan password internet lebih dari 8 karakter akan lebih aman.

Penelit Hive Systems juga menyarankan untuk tidak menggunakan ‘password’ sebagai kata sandi karena sangat mudah untuk dibobol.

Kejahatan di internet dapat menghantui siapa saja, sedangkan kita hanya bisa melakukan beberapa pencegahan saja. Password menjadi rahasia bukan tanpa alasan.

Jika password bocor, bisa saja disalah gunakan oleh orang tersebut atau lebih parahnya menghapus akun yang sudah ada. Hal itu tentu akan sangat merugikan Anda semua.

Sudah banyak sekali kasus kerugian korban akibat hacker di internet. Oleh karena itu, jangan menganggap sepele password Anda.

Riset yang Hive Systems jelas membuktikan alasan password internet lebih dari 8 karakter. Buat password serumit mungkin jika Anda ingin tetap aman dari gangguan hacker.