Bagian Mata dan Fungsinya yang Dapat Anda Pelajari dengan Mudah

0
273
Bagian Mata dan Fungsinya yang Dapat Anda Pelajari dengan Mudah
Ilustrasi bagian mata dan fungsinya. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Bagian mata dan fungsinya sebagai penerima informasi berupa gambaran sesuatu yang bisa dilihat. Kemudian langsung mengirimkan ke otak.

Mata merupakan organ vital manusia yang sangat penting dalam setiap aktivitas. Mata manusia dibagi atas dua organ, yaitu organ bagian dalam dan organ bagian luar.

Ada beberapa fungsi dari organ mata yang perlu anda ketahui. Pada organ mata manusia terdapat peranan atau fungsi masing-masing yang akan saling berkesinambungan. Mata merupakan salah satu dari lima indera yang mempunyai fungsi sangat penting bagi kehidupan seseorang.

Apabila salah satu organ mata bermasalah, tentu akan mempengaruhi fungsi organ lainnya. Anda perlu menyadari beberapa bagian pada mata, seperti kornea dan retina. Namun sebenarnya terdapat bagian mata lainnya seperti sklera dan lain sebagainya yang sama pentingnya.

Beberapa Bagian Mata dan Fungsinya

Kornea

Kornea merupakan jaringan seperti kubah transparan yang membentuk bagian mata paling depan atau luar. Fungsi dari kornea sebagai jendela dan jalan masuknya cahaya ke mata. 

Dengan adanya kornea, dapat mengatur masuknya sinar cahaya sehingga mampu melihat gambar dan kata-kata secara jelas. Kornea dapat memberikan 65-75 persen kekuatan untuk  focus pada mata.

Baca:  Struktur Tubuh Bakteri, Penjelasan dan Fungsinya

Bilik Mata Depan (Anterior Chamber)

Bagian mata dan fungsinya lainnya yaitu pada bilik mata depan. Bagian ini berbentuk kantung mirip jelly tepat di belakang kornea. Kantong tersebut istilahnya anterior chamber.

Kantong yang berisi cairan aqueous humor ini dapat membantu membawa nutrisi pada jaringan mata. Selain itu, juga berfungsi sebagai penyeimbang dalam tekanan pada mata.

Pupil

Pupil merupakan bagian lingkaran hitam tepat pada bola mata anda. Sebagai tempat lewatnya cahaya yang masuk ke dalam mata, pupil berfungsi untuk dapat mengatur banyak-sedikitnya jumlah cahaya yang masuk.

Seperti saat anda terpapar banyak cahaya, maka akan secara otomatis pupil tersebut mengecil. Sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata anda tidak terlalu banyak dan begitu pula sebaliknya.

Iris

Iris bagian berwarna pada mata yang berada di sekitar pupil. Bagian mata dan fungsinya pada iris inilah yang memiliki peran memberikan warna pada mata. Maka iris terkadang memiliki sebutan lain sebagai selaput pelangi.

Baca:  Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

Sklera

Sklera merupakan bagian organ mata yang memiliki bentuk selaput putih keras. Dimana terdapat jaringan fibrosa yang akan menutupi seluruh bola mata, kecuali pada bagian kornea. Dalam sklera terdapat otot untuk menggerakkan mata saat menempel pada sklera.

Lensa Mata

Lensa mata adalah bagian mata yang bersifat transparan dan lunak. Lebih tepatnya berada pada belakang iris. Pada lensa mata berfungsi untuk memfokuskan dan mengumpulkan cahaya. Agar bayangan benda dapat jatuh pada tempat yang tepat. Lensa mata punya kemampuan unik sebagai daya akomodasi.

Retina

Bagian mata dan fungsinya lainnya yaitu retina. Ini adalah sebuah jaringan mata yang peka akan cahaya. Retina melapisi permukaan pada bagian anatomi mata.

Sel pada retina dapat mengubah cahaya yang masuk menjadi impuls listrik. Sistem saraf optik yang membawakan impuls listrik tersebut.

Saraf Optik

Sistem ini memiliki fungsi untuk meneruskan informasi visual pada benda. Retina sebagai penerima yang akhirnya menuju pada otak.

Sistem saraf optik akan membuat anda dapat mengetahui bentuk suatu benda yang terlihat. Apabila saraf optik ini rusak, maka anda tidak akan dapat melihat.

Baca:  Enzim pada Lambung Berfungsi untuk Proses Pencernaan, Apa Saja?

Koroid

Koroid adalah dinding mata yang memiliki fungsi sebagai penyuplai nutrisi dan oksigen. Bagian ini berwarna hitam atau coklat kehitaman. Warna tersebut bertujuan agar cahaya tidak memantul kembali.

Badan Vitreus

Badan vitreous humor terletak pada belakang lensa mata. Bagian mata dan fungsinya ini adalah zat berbentuk jeli yang mengisi bagian belakang dalam anatomi mata. Seiring waktu, bagian ini akan menjadi encer dan dapat terlepas dari bagian belakang mata.

Makula

Makula adalah area sensitif kecil tengah retina yang membuat penglihatan sentral. Dalam makula terdapat fovea. Fovea terletak pada pusat makula untuk dapat memberikan penglihatan detail yang tajam di mata anda.

Kelopak Mata

Kelopak mata atau palpebra adalah bagian dari anatomi mata yang terletak di luar. Bagian ini dapat menjaga kesehatan mata dengan melindungi kornea.

Itulah beberapa bagian mata dan fungsinya yang perlu anda ketahui. Anda dapat memahami bagaimana mata anda bekerja dan tentunya harus menjaganya dengan baik.