Cara Backup Data Android ke PC Menggunakan Aplikasi

0
259
Cara Backup Data Android Ke PC Menggunakan Aplikasi
Ilustrasi cara backup data android ke pc. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara backup data Android ke PC harus anda ketahui. Mencandangkan pesan ataupun backup data berupa kontak, SMS, video, foto, dan juga data lainnya dari ponsel ke komputer secara rutin itu diperlukan.

Hal ini untuk menjaganya supaya tetap kondusif. Antisipasi jika terjadi sesuatu pada Android anda atau mungkin saat anda akan meroot Android, memperbarui OS, memformat kartu SD, atau mungkin melaksanakan factory reset.

Terdapat cara paling mudah yang bisa andalkan untuk memindah data Android ke PC. Hal yang perlu anda siapkan pun cukup sederhana, yakni PC juga file-file yang akan anda backup. Untuk memudahkan, terdapat saran untuk mengumpulkan file-file menjadi satu.

Kiat Cara Backup Data Android Ke PC

Android Data Recovery

Cara backup data dengan menggunakan Android data recovery yaitu:

  1. Pertama download dan juga pasang Android data recovery pada PC anda. Kemudian anda bisa membukanya.
  2. Pada bagian Other Option, anda bisa memilih opsi Android Data Backup & Restore. Kemudian anda bisa juga menghubungkan Android ke PC dengan kabel USB.
  3. Setelah Android anda terdeteksi program tersebut, silahkan anda memilih file yang akan dicadangkan. Khusus untuk data aplikasi yang berada di perangkat Android harus melakukan rooting.
  4. Selanjutnya anda bisa mengklik tombol backup untuk memulai proses tersebut. Keseluruhan proses akan memakan waktu dalam beberapa menit saja.
  5. Jika pencadangan sudah selesai, anda bisa mengklik See Backup pada sudut kiri bawah jendela untuk melihat detail file yang anda cadangkan.
Baca:  Cara Mematikan Data WA Dengan Mudah Untuk Sementara Waktu

Perlu anda ketahui, Android Data Recovery memungkinkan anda untuk memulihkan data yang hilang dari Android maupun dari kartu Android SD. 

Lalu juga mengambil data yang hilang dari Android yang rusak, memperbaiki masalah yang ada pada Android berupa Android yang terkunci, dan masih banyak lagi.

Asisten Android Coolmuster

Cara backup data Android ke PC dengan menggunakan Asisten Android Coolmuster yakni:

  1. Pertama-tama anda mengunduh Asisten Android Coolmuster. Anda bisa memasangnya. Setelah itu, anda bisa menghubungkan Android ke PC melalui kabel USB.
  2. Selanjutnya anda bisa mengaktifkan USB debugging pada Android anda. Jika USB debugging anda aktifkan, maka anda bisa mengklik Allow.
  3. Anda bisa memilih file yang akan anda cadangkan pada jendela pilihan PC serta klik Ekspor untuk mencadangkan selanjutnya.
Baca:  Cara Membersihkan Casing HP Kotor, Terkena Debu, Serta Menguning

Android Coolmuster bukan hanya sanggup untuk dipakai mengekspor file Android ke PC, namun juga menyinkronkan file cadangan dari komputer ke komputer hingga mengirim pesan teks dari komputer ke nomor telepon kontak secara mudah.

Tak hanya itu, bahkan bisa juga untuk menginstal dan uninstal aplikasi pada Android yang berada di komputer secara langsung.

Easy Backup dan Restore

Easy Backup dan Restore merupakan aplikasi gratis dari Google Play Store, yang sanggup membantu anda para pengguna Android.

Hal tersebut digunakan untuk mencadangkan data pada ponsel. Termasuk juga kontak, pesan teks, MMS, log panggilan, dan lainnya. Sehingga anda bisa membacanya di komputer atau perangkat dengan mudah.

Cara backup data Android ke PC menggunakan Easy Backup dan Restore bisa anda mulai dengan mengunduh aplikasi tersebut. Lalu klik Yes.

Jika muncul pesan yang menanyakan apakah anda ingin menciptakan cadangan, anda bisa memilih file yang ingin anda cadangkan.

Baca:  Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Berikutnya pilih lokasi untuk menyimpan file cadangan tersebut. Anda bisa memberikan nama pada file cadangan dan mengklik Ok. Setelah itu, proses pencadangan tersebut akan dimulai.

SDK Android

Cara backup data Android ke PC lainnya yaitu dengan mengunduh serta memasang SDK Android pada PC anda. Hidupkan Android anda serta masuk pada Pengaturan, Sistem, dan Tentang Telepon.

Anda bisa mengklik beberapa kali pada Build Number perangkat sampai dengan pengembang anda aktifkan. Kemudian anda bisa menekan tombol kembali dan pilih opsi pengembang pada sajian sistem. Alihkan pada opsi pengembang dan juga debugging USB.

Hubungkan Android anda pada komputer dengan USB cable menggunakan Command Prompt ataupun kolom pencarian untuk cari folder pada perangkat ADB. Lalu ketik perangkat ADB.

Selanjutnya, Android anda akan memunculkan jendela yang mengharuskan anda untuk mengizinkan akses. Ketik adb backup-apk-shared-all-f/backup.ab.

Lalu klik backup my data serta proses pencadangan akan dimulai. Cara backup data Android ke PC ini bisa menjadi pilihan terbaik anda.