Kecepatan ISP Indonesia di Netflix, Begini Tanggapan Provider Telkom

0
142
Kecepatan ISP Indonesia di Netflix, Begini Tanggapan Provider Telkom
Ilustrasi Kecepatan ISP Indonesia di Netflix. Foto: slashgear

Texno.ID – Kecepatan ISP Indonesia di Netflix berbasis fiber memiliki kecepatan hingga 3,4 Mbps. Pada periode Agustus sampai Desember 2020 lalu, Biznet sudah 3 kali menempati posisi paling atas. Tepatnya pada bulan Oktober sampai Desember.

Begini Kecepatan ISP Indonesia di Netflix

Netflix menjadikan Biznet sebagai salah satu jenis provider tercepat. Dengan tujuan untuk mengakses layanan streaming yang lebih cepat dan populer.

Akan tetapi, Biznet bukanlah satu-satunya ISP yang memiliki koneksi cepat. Pasalnya, pada tahun lalu, Cyberindo Aditama, Biznet, dan GIG Indosat Ooredoo telah berturut-turut menempati posisi teratas. Sementara pada layanan Telkom, berada pada peringkat bawah dengan kecepatan koneksi hingga 1 Mbps.

Dengan adanya pencapaian tersebut, maka Adi Kusuma sebagai presiden dari direktur Biznet mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pelanggan setia di perusahaan. Selain hanya menyediakan jasa, Biznet juga memiliki layanan berupa Cloud Computing, Data Center, dan IPTV.

Tentang Telkomsel

Dari adanya kecepatan ISP Indonesia di Netflix, kemudian PT Telkom Indonesia buka suara. Hal ini terkait informasi ranking kecepatan provider.

Telkom juga menilai bahwa informasi tersebut adalah langkah yang kurang bijak. Hal ini terungkap dalam diskusi mengenai layanan berkualitas antara Telkom dan Netflix sedang berjalan.

Dian Rachmawan, sebagai Direktur Wholesale and International Service Telkom menegaskan bahwa Telkom akan menjamin tidak ada pembedaan perlakuan antara semua layanan OTT (Over The Top). Ia menjelaskan bahwa OTT Netflix bisa memproses dan menyimpan data di Indonesia.

Dampak Negatif

Menurut Dian, cadangan devisa di Indonesia akan semakin terkuras serta menimbulkan masalah teknis. Selain itu, kecepatan ISP Indonesia di Netflix juga tidak mengupayakan apapun agar membantu persoalan.

Terlebih, saat ini monopoli penggunaan bandwidth oleh Netflix sudah terlalu besar dan diskriminatif. Supaya para pengguna bisa menikmati layanan, maka OTT melakukan tiga cara.

Pertama, akan dengan sambungan antara operator dan penyedia OTT (Direct Peering). Kedua, dengan CDN (Content Delivery Network). Ketiga, menggunakan IX (Gateway Internet Exchange).

Peluang

Ada peluang dari saluran bandwidth internasional milik operator. Netflix akan menggunakan cara ketiga untuk menjalin kerjasama antara IndiHome dengan Fixed Broadband.

Kecepatan ISP Indonesia di Netflix dengan model IX, maka bandwidth akan terhubung pada IX. Selanjutnya akan digunakan pada konten lain, yaitu yang belum memiliki CDN maupun Direct Peering di Tanah Air.

Pada kondisi seperti ini, akan menyebabkan Netflix lebih beruntung ketika berada dalam pipa bandwidth. Sisi lain, Telkom harus mampu menjaga akses dari para pelanggan yang lain. Telkom menawarkan solusi kepada Netflix supaya menggunakan CDN atau Direct Peering.

Aktivitas Daring

Dari Direktur Consumer Service Telkom yaitu Venusiana R, menjelaskan bahwa pada tahun 2020 lalu terdapat kegiatan daring yang berdampak pada signifikan dari sejumlah konsumsi bandwidth di Indonesia.

Maka dari itu, Venusiana meminta seluruh masyarakat supaya lebih bijak saat menggunakan internet. Terutama dalam hal mengakses sebuah layanan dari para penyedia konten hiburan dalam content provider asing yang akan menggunakan bandwidth besar.

Telkom juga menjaminkan bandwidth dan kapasitas infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan semua pelanggan. Pada tahun 2020 akhir, Telkom telah membentangkan fiber optik hingga 155.343 km dari pusat kota sampai ke pelosok pedesaan di Indonesia.

IndiHome

Kecepatan ISP Indonesia di Netflix, IndiHome ada 96% kabupaten. Untuk wilayah kecamatan, IndiHome telah menjangkau hingga 72% atau 5115 dari 7094 kecamatan.

Selain itu, IndiHome juga telah berhasil menjangkau hingga 41% desa. Sebanyak 34.285 dari 83.447 desa/kelurahan di Indonesia. Selain hanya memiliki pelanggan besar, IndiHome juga bisa menjangkau pulau yang ada di luar Indonesia.

Ada 9 Pulau

Ada 9 pulau luar Indonesia yang pernah dijangkau oleh IndiHome. Mulai dari Pulau Karimun, Pulau Bintan, Pulau Alor, Pulau Kei, Pulau Weh, Pulau Simeulue, Pulau Rote, Pulau Sebatik, dan Pulau Sabu.

Dari record tersebut, maka tak heran jika IndiHome merupakan salah satu layanan Fixed Broadband terbesar. Lalu menjadi Market Leader dengan Market Share di Indonesia.

Inilah indeks kecepatan ISP Indonesia di Netflix sebagai penyedia layanan. Cara mengukur ISP adalah mengasumsikan dua ISP yang akan mentransfer sejumlah megabyte per detik. Di mana masih bisa memberikan sebuah pengalaman dengan kualitas berbeda.