Cara Backup Telegram ke HP Baru dengan Mudah, Anti Ribet!

783
Cara Backup Telegram ke HP Baru dengan Mudah, Anti Ribet!
Ilustrasi Cara Backup Telegram ke HP Baru. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara backup Telegram ke HP baru bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui cara yang satu ini.

Backup Telegram atau pencadangan data menjadi hal sangat penting. Pasalnya, ketika akun tidak sengaja terhapus masih bisa mengembalikan file, chat, kontak, maupun data.

Berikut Cara Backup Telegram ke HP Baru!

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan. Namun sebelum itu, kamu harus memasukkan kartu microSD atau memori eksternal ke HP lama yang ada Telegramnya terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan supaya kamu bisa menampung database hasil backup yang terdapat pada penyimpanan internal HP lama. Setelah itu, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah Membackup Telegram ke HP Baru

  • Langkah pertama, dari “Homescreen”, silakan kamu pilih aplikasi “File Manager”.
  • Setelah itu, masuk ke penyimpanan perangkat HP atau memori interna.
  • Carilah folder dengan nama Telegram atau semacamnya. Kamu akan menemukan sebuah folder lagi, yakni “Database” atau “Media”.
  • Langkah selanjutnya, kamu bisa langsung copy kedua folder tersebut. hal ini bertujuan untuk mengekspor berbagai macam data, seperti foto, video, audio, berkas chat, gambar, kontak, dan lain sebagainya.
  • Cara backup Telegram ke HP baru selanjutnya, pindahkan folder yang sudah kamu salin dan paste ke memori eksternal. Tidak ada aturan khusus, kamu bisa meletakkannya dimana saja. Dengan catatan, kamu tidak lupa meletakkan folder tersebut.
  • Bila sudah selesai copy paste folder dan file ke SD Card, kamu bisa menghapus, menonaktifkan, atau menghentikan secara paksa aplikasi yang terdapat dalam HP lama. Namun, ada baiknya jika kamu membiarkannya saja.
  • Kamu hanya perlu menonaktifkan Telegram pada HP lama saja. Setelah itu cabut kartu memori eksternal dan juga SIM Card.
  • Kemudian, masukkan keduanya ke dalam HP baru yang ingin kamu gunakan.
  • Beralih ke HP baru, silakan kamu buka “File Manager”. Setelah itu, pilihlah “External Memory” dan carilah dua folder Telegram yang telah kamu salin sebelumnya.
  • Pindahkan folder tersebut dengan menyalinnya melalui memori internal. Namun, sebelum itu kamu harus memastikan lagi apakah semua folder sudah kamu salin seluruhnya. Setelah itu, kamu bisa mengganti nama folder tersebut menjadi “Telegram”.
  • Untuk cara backup Telegram ke HP baru berikutnya, silakan install unduh dan install aplikasi Telegram.
  • Setelah proses install sudah selesai, silakan login dengan memasukkan nomor HP yang kamu gunakan pada HP lama.
  • Kemudian, akan muncul opsi restore atau kembalikan, setelah itu klik “Lanjutkan” secara otomatis Telegram sudah mendeteksi folder Telegram yang sudah kamu siapkan sebelumnya tadi.

Cara Backup Chat Telegram Menggunakan Aplikasi Bgram

Selain cara backup Telegram ke HP baru, informasi yang tak kalah penting, kamu juga bisa membackup chat dengan menggunakan aplikasi Bgram. Cara ini bisa kamu lakukan ketika ingin backup Telegram tanpa harus memindahkannya ke HP baru.

Namun, cara ini bisa kamu lakukan untuk backup chat di HP. Pada dasarnya, aplikasi Telegram tidak menyediakan menu backup.

Itulah sebabnya, beberapa pengguna sering merasa kesulitan ketika ingin membackup data. Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu mencari pilihan “Back Up” kemudian pilih menu “B Setting” setelah itu pilihlah “backup All And Save To Cloud”. Secara otomatis, proses backup akan dilakukan dan kamu hanya perlu menunggu hingga proses backup tersebut selesai.

Cara backup Telegram ke HP baru tidak ribet seperti yang kamu pikirkan bukan. Kini, kamu bisa menggunakan Telegram dengan lebih leluasa.