Internet 5G vs 4G Memiliki Perbedaan Cukup Jauh, Cek di Sini!

216
Internet 5G vs 4G Memiliki Perbedaan Cukup Jauh, Cek di Sini
Ilustrasi Internet 5G vs 4G. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet 5G vs 4G memiliki banyak perbedaan. 5G vs 4G perbedaannya bisa dilihat dari beberapa sisi, terutama kecepatan jaringan internetnya. Semakin majunya dunia teknologi juga menggeser jaringan 4G menjadi 5G.

Hal ini tidak bisa lepas dari popularitas streaming video dan musik yang mengakibatkan kebutuhan data internet semakin meningkat. Lantas apa saja perbedaan perubahan jaringan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Perbedaan Internet 5G vs 4G

Jaringan 4G kini mulai bergeser dengan kehadiran internet 5G. Jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik. Misalnya untuk telepon pintar dan laptop yang menggunakan modem USB.

Kebutuhan jaringan internet yang semakin besar membuat kehadiran internet 5G menjadi primadona saat ini. Hal ini mengakibatkan produksi smartphone juga menawarkan keunggulan dengan bekal jaringan 5G.

Kehadiran jaringan 5G memang membantu memudahkan pengguna dalam hal kecepatan data, latency rendah, koneksi jaringan yang luas, dan kapasitas jaringan lebih baik.

Sehingga daripada dengan internet 4G kini aktivitas yang berhubungan dengan internet 500% lebih cepat dengan menggunakan internet 5G. Karena beberapa alasan tersebut membuat teknologi asal China mengembangkan teknologi 5G.

Banyak para vendor yang berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan bekal kemampuan jaringan 5G. Berikut ini ada beberapa perbedaan antara internet 5G dengan 4G yang bisa Anda tahu.

Kecepatan Maksimal dan Upload

Internet 5G vs 4G memiliki perbedaan dari beberapa sisi. Hal yang tampak yaitu dari segi kecepatan maksimal hasilnya dan kecepatan upload. Internet 5G menawarkan bandwidth dan kapasitas jauh lebih besar.

Kapasitas kecepatan yang ada oleh jaringan 4G sekitar pada kisaran 300 Mbs. Namun kenyataannya justru kapasitas kecepatan hanya berada di kisaran 40-60 Mbps saja.

Berbeda dengan jaringan 5G yang mampu memberikan kecepatan maksimal hingga 1 Gbps atau bisa 10x lipat dari kecepatan maksimal 4G. Bahkan terdapat juga sebuah modem 5G dengan kecepatan maksimal 6,5 Gbps.

Sedangkan untuk kecepatan uploadnya jaringan 4G memiliki kecepatan upload mencapai 17,7 Mbps. Jaringan 5G sendiri memiliki kecepatan upload mencapai 23,7 Mbps.

Kekuatan Sinyal, Kecerdasan, dan Latency

Perbedaan internet 5G vs 4G juga bisa terlihat dari kecerdasan, kekuatan sinyal ada latencynya. Untuk kekuatan sinyal tentu lebih unggul 5G karena menggunakan gelombang lebih pendek, terarah, dan tidak menimbulkan gangguan.

Sedangkan untuk internet 4G tidak beraturan. Dari segi kecerdasan internet 5G mampu membedakan perangkat tetap dan mobile. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh jaringan 4G.

Latency adalah lama waktu yang dibutuhkan data untuk sampai tujuan dalam satuan mili detik. Jaringan 5G menawarkan latency singkat berbeda dengan 4G. Hal ini membuktikan jika standar latency rendah milik 5G yang disebut dengan URL LC lebih cepat.

Internet 5G vs 4G memiliki banyak perbedaan yang terlihat jelas. Karena alasan inilah mengapa saat ini perusahaan smartphone memilih internet 5G untuk melengkapi perangkat baru yang dihasilkan.