Cara Jualan Online di Facebook, Tips dan Trik Bagi Pemula

0
184
Cara Jualan Online di Facbook Tips dan Trik Bagi Pemula
Ilustrasi cara jualan online di Facebook Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara jualan online di Facebook merupakan bisnis online yang menguntungkan. Untuk sekarang ini Facebook sebuah situs yang besar.

Biasanya banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai tempat bersosialisasi secara online. Sebab terkenalnya dan juga fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Kebanyakan orang yang memanfaatkan Facebook, mereka gunakan sebagai media berbisnis. Salah satunya dengan berjualan secara online.

Facebook sendiri memang memiliki potensi sebagai media berjualan. Hal tersebut karena selain mempunyai jumlah pengikut yang banyak, namun Facebook juga memiliki fasilitas dengan berbagai macam fitur.

Fitur tersebut bisa memudahkan orang untuk melakukan promosi. Contohnya seperti adanya fasilitas untuk upload foto atau gambar yang telah dilengkapi dengan fasilitas share (bagikan). Sehingga hal tersebut memudahkan promosi cepat tersampaikan kepada target pemasarannya.

Apabila anda masih pemula, tentunya belum berhasil melakukan penjualan di Facebook. Bisa saja faktor tersebut adanya trik atau cara yang anda gunakan kurang tepat. Maka dari itu,, simak tips dan trik sukses untuk berjualan di Facebook.

Kiat Cara Jualan Online di Facebook untuk Pemula

Menentukan Produk

Untuk langkah pertama cara jualan online di Facebook, terlebih dahulu anda harus menentukan produk yang akan anda jual nantinya.

Apabila anda belum mempunyai modal untuk melakukannya, anda bisa menjadi dropshipper, menjual produk orang lain. Menjadi dropshipper memang sangat pas bagi anda yang ingin memulai belajar dalam bisnis online.

Bukan tanpa alasan, sebab menjadi seorang dropship anda tidak harus selalu stock produk serta juga tidak wajib mempunyai modal yang besar. Anda hanya memiliki tugas untuk memasarkan produk mereka sehingga terjadi transaksi jual beli.

Membuat Halaman Facebook untuk Berjualan

Memakai Facebook untuk berjualan, jika anda telah menentukan produk yang akan anda jual, berikutnya anda bisa membuat halaman khusus Facebook untuk anda gunakan sebagai media berjualannya.

Bagi anda yang masih pemula, anda dapat menjadikan halaman Facebook anda sendiri sebagai media berjualan. Apabila penjualan anda laris manis, maka anda dapat memulainya untuk membuat halaman Facebook khusus.

Mencari Calon Pelanggan

Tahapan selanjutnya cara jualan online di Facebook adalah dengan mencari target pasar atau calon pelanggan. Kemungkinan mempunyai minat atau ketertarikan kepada produk yang anda jual. Sebelum melakukan pencarian, anda harus memastikan dulu siapa target pasar untuk produk anda.

Membangun Kepercayaan dan Brand Awareness

Adanya teknik penjualan pada media sosial yaitu membangun trust atau kepercayaan dan juga brand awareness (membuat orang lain mengingat anda atau merk produk anda).

Cara jualan online di Facebook untuk metode ini supaya orang-orang percaya juga kenal siapa anda dan produk anda. Merupakan strategi utama yang sering berlaku dalam perusahaan-perusahaan besar sebagai salah satu strategi marketing yang ampuh.

Selling

Anda dapat menawarkan produk anda dengan memakai teknik copywriter yang baik dan tepat. Adapun cara penjualan untuk meningkatkan order dengan diskon secara berkala.

Membagikan Testimoni

Cara jualan online di Facebook tahapan yang terakhir adalah anda dapat memberikan testimoni pada halaman Facebook yang anda pakai untuk berjualan.

Trik ini merupakan cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kepercayaan terhadap calon pelanggan anda. Tips ini juga manjur untuk meningkatkan order penjualan sehingga laris manis.

Banyak pendapat bahwa cara terbaik untuk melakukan bisnis online di Facebook yakni dengan memakai strategi soft selling. Anda tidak langsung menjualnya, akan tetapi dengan memberikan pembelajaran terlebih dahulu terhadap calon pelanggan anda.

Sehingga calon pelanggan akan memperoleh banyak informasi yang bisa bermanfaat. Menjadi prioritasnya yaitu marketing yang baik, kemudian baru anda jual produknya.

Dengan salah satu strategi, yakni dengan membangun brand awareness. Apabila awareness telah terbentuk, hal tersebut akan mempermudah anda untuk merubah statusnya menjadi pembeli. Memakai aplikasi Facebook pribadi untuk berjualan memang terdapat kelebihan dan juga kekurangannya.

Anda perlu mengatur bagaimana strategi cara jualan online di Facebook supaya tidak ada anggapan sebagai orang yang memakai Facebook untuk berbisnis saja. Anda juga perlu menghargai orang lain dengan menjaga komunikasi, hal tersebut bisa juga menjaga relasi yang baik.