Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer Serta Manfaatnya Bagi Manusia

0
372
Fungsi Lapisan Ozon Di Atmosfer
Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer. Foto: earthlovers.altervista

Texno.ID – Fungsi lapisan ozon di atmosfer sangat berhubungan erat dengan kesejahteraan maupun ekosistem manusia dan makhluk lainnya di bumi ini.

Lapisan ozon merupakan gas yang terdapat pada atmosfer yang ada secara alami. Gas tersebut memiliki unsur kimia berupa atom oksigen atau O3. Nah, kandungan O3 ini jumlahnya banyak sehingga membentuk lapisan yang disebut lapisan ozon. 

Sedangkan atom oksigen tersebut berwarna biru dan berbau sangat tajam. Bedanya dengan oksigen yang kita hirup sehari-hari dengan ozon tentu terletak pada warna dan baunya. Oksigen yang kita hirup tidak berbau dan tidak berwarna karena merupakan oksigen normal. 

Lapisan ozon tersebut terbentuk dari sinar ultraviolet dari bagian matahari dengan molekul oksigen. Molekul nitrogen dapat menjaga konsentrasi lapisan ozon selalu stabil. 

Lapisan ozon ini berada di lapisan atmosfer bumi. Sebagaimana anda ketahui, lapisan atmosfer bumi terbagi 2 lapisan yakni lapisan troposfer dan lapisan stratosfer.

Persentase ozon di lapisan troposfer sekitar 10%, sedangkan ozon di lapisan stratosfer 90%. Lapisan ozon ini memiliki peran penting dalam menjaga bumi dari radiasi sinar matahari. 

Kenali Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer Bagi Manusia

Lapisan ozon membawa banyak manfaat bagi bumi. Fungsinya melindungi bumi dari gangguan dari luar angkasa, termasuk radiasi UVB sinar matahari yang menyebabkan kanker. 

Selain itu, ia juga menyerap UVB berlebih agar tidak sampai pada permukaan bumi. UVB sangat berbahaya bagi kulit, bahkan dapat merusak tanaman, mengganggu kehidupan laut, dan membuat mata kita katarak. 

Ozon tersebut sangat membahayakan jika terlalu dekat dengan permukaan bumi yang membuat paru-paru kita menjadi rusak apabila terhirup. 

Peran Penting Lapisan Ozon 

Untuk mengetahui seberapa pentingnya fungsi lapisan ozon di atmosfer, mari kita simak uraian berikut ini. 

Melindungi Bumi Dari UVB

Peran lapisan ozon tersebut adalah mengatur jumlah atau porsi UVB ke permukaan bumi kita. Dapat dikatakan sebagai penghalang sinar matahari agar tidak sampai ke bumi dengan berlebihan. Apabila tidak ada lapisan ozon tersebut, maka kelestarian dan kelangsungan hidup semua makhluk akan punah. 

Melindungi Dari Benda Langit

Fungsi lainnya dari lapisan ozon di atmosfer tersebut yakni melindungi bumi dari benda langit yang akan jatuh ke bumi. Sebagaimana anda ketahui, langit memiliki banyak benda seperti asteroid, komet, dan benda lainnya. 

Benda langit tersebut bisa saja berpindah atau bergeser dari tempatnya semula ke tempat lain atau bahkan jatuh ke bumi. Jatuhnya benda langit tersebut bernama meteor.

Kita takkan pernah tahu arah mana jatuhnya meteor tersebut. Oleh karena itu, jika fungsi lapisan ozon tersebut tidak bekerja semestinya, tentu meteor tersebut dapat jatuh ke bumi dan menyebabkan kerusakan bumi kita. 

Menjaga Suhu Agar Tetap Stabil

Masalah yang sering hadir akhir-akhir ini adalah pemanasan global. Pemanasan global yakni naiknya suhu rata-rata bumi yang berdampak buruk untuk manusia. 

Pemanasan global dapat mencairkan es kutub sehingga permukaan laut akan meningkat. Berkat lapisan ozon tersebut, suhu bumi tidak begitu panas sehingga pemanasan global dapat teratasi. 

Menyerap UVB

Fungsi utama dari lapisan ozon di atmosfer adalah menyerap sinar ultraviolet atau UV yang berbahaya untuk manusia. Sehingga UVB yang sampai di bumi sudah teratasi oleh ozon tersebut. 

Mencegah Kerusakan Tumbuhan 

UVB yang terhalang lapisan ozon tentu saja membuat ekosistem makhluk dan tumbuhan menjadi subur. Karena sinar UVB dapat merusak tanaman bersel satu. Fungsi lapisan ozon di atmosfer mencegah sinar tersebut merusak kehidupan dan kerusakan bumi.

Membersihkan Air

Gas ozon biasanya berguna untuk industri yakni dalam proses flokulasi yang menghilangkan besi atau kandungan arsenik pada air tersebut. 

Mencegah Katarak

Selain berbahaya untuk kulit manusia, sinar ultraviolet juga berbahaya untuk kesehatan mata manusia. Dampak buruk dari UVB tersebut yakni mengakibatkan katarak. 

Mencegah Kanker Kulit

Efek sinar ultraviolet yang berlebihan akan merusak kulit. Kulit terasa panas, serasa terbakar, dan mengelupas. Hal ini memicu penyakit kanker kulit pada manusia. Tidak hanya itu, tumbuhan dan hewan juga terancam. 

Nah, itulah fungsi lapisan ozon di atmosfer yang dapat anda ketahui. Namun lapisan ozon tersebut telah mengalami penipisan saat ini. Dari data, lapisan ozon tertipis saat ini berada di Kutub Selatan. Hal ini dipengaruhi oleh pemanasan global yang sering terjadi akhir-akhir ini karena karbon dioksida gas rumah kaca serta zat berbahaya.