Cara Melihat Passwords WiFi di Laptop dengan Mudah

0
205
Cara Melihat Password WiFi di Laptop dengan Mudah
Ilustrasi cara melihat password WiFi di laptop Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara melihat password wifi di laptop bisa anda coba ketika anda lupa password wifi. Caranya pun sangat mudah untuk anda praktekkan tanpa keahlian khusus. Nah, apabila anda sedang mengalaminya, anda bisa membaca tahapan berikut ini.

Inilah Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Apapun jenis perangkat yang anda gunakan untuk mengetahui password wifi dapat anda lakukan, baik pada Android maupun laptop.

Karena cara ini bukan untuk membobol wifi, maka anda tidak bisa menerapkan cara ini bila laptop anda belum pernah terkoneksi.

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop Windows

Untuk cara melihat password wifi langkah yang pertama, anda dapat menggunakannya jika laptop anda Windows 10. Apabila laptop anda belum mendukung Windows 10, anda dapat melakukan cara ini dengan mulai mengaksesnya dari Control Panel.

Tahap Pertama, Buka Settings

Anda dapat membuka menu pada Settings yang bisa anda akses dari Start, lalu nantinya akan muncul pilihan menu lainnya lagi. Kemudian anda memilih Network dan Internet untuk memulai cara mengetahui password wifi pada laptop.

Tahapan Kedua, Pilihlah Network and Sharing Center

Sesudah itu, anda klik bagian Status pada bagian kiri. Tunggulah sampai munculnya pilihan menu. Selanjutnya, klik Network and Sharing Center yang terdapat pada bagian bawah.

Langkah Ketiga, Pilih Koneksi WiFi

Nantinya akan muncul pop up baru, yang akan menunjukkan wifi sedang anda gunakan saat itu. Setelah itu, klik pada nama wifi tersebut.

Langkah Keempat, Klik Wireless Properties

Windows baru akan muncul dan menampilkan koneksi wifi anda. Untuk itu, anda dapat mengklik Wireless Properties yang terdapat pada bagian tengah.

Langkah Selanjutnya, Klik Show Character

Apabila pop up lainnya telah muncul, anda memilih pada bagian Security yang terdapat pada bagian sebelah Connection. Setelah itu, centang pada boks Show Character yang ada pada bawah.

Selanjutnya, anda dapat melihat password wifi yang telah anda gunakan. Jika sudah selesai, anda bisa mengklik tombol OK.

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop Memakai CMD

Dengan cara melihat password WiFi di laptop ini, anda dapat menggunakan CMD atau Command Prompt. Meskipun cara ini kelihatannya sangat teknis, namun anda tidak perlu keahlian khusus tentang komputer untuk menggunakan metode ini.

Penggunaan MCD sangat mudah, anda hanya perlu mengetik beberapa perintah CMD yang terkait. Berikut ini langkah-langkah cara melihat password wifi di laptop dengan memakai CMD.

Ketik CMD

Pada Windows 10, anda dapat mengetikkan CMD pada kolom search. Kemudian ketik Open sebagai pembuka command prompt.

Atau anda juga dapat menggunakan shortcut dengan menekan Windows +  R, klik OK sebagai perintah untuk membuka CMD atau Command Prompt.

Mengetik Perintah

Langkah berikutnya, ketik perintah pada CMD : netsh wlan show profiles Nama WiFi key=clear. Hal tersebut bisa anda gunakan sebagai cara melihat password wifi di laptop anda.

Menemukan Password

Jika telah muncul hasilnya, anda dapat mengetahui password wifi yang terdapat pada kolom Security Settings bagian bawah Key Content atau Key Index.

Melalui Mac

Keychain Access

Mac telah menyediakan aplikasi khusus sebagai penyimpan setiap password serta akun yang pernah anda masukkan. Pada aplikasi ini, dapat juga anda gunakan untuk melihat password wifi. Berikut tahapannya:

Membuka aplikasi Keychain Acces yang terdapat pada Finder terlebih dahulu. Setelah itu, anda dapat mengetikkan nama wifi pada kolom pencarian yang terdapat pada jendela Keychain Access.

Pastikan juga anda dalam kategori passwords. Klik nama wifi yang anda cari. Jika sudah, jendela baru akan muncul, centang pada Show Passwords.

Nantinya anda akan dimintai untuk memasukkan username dan juga passwords Mac. Apabila sudah selesai, anda dapat melihat passwordnya.

Selain memakai Keychain Access, anda juga dapat menggunakan Terminal yang sama persis dengan Command Prompt pada Windows. Terlebih dahulu, anda harus membuka Terminal melalui Finder.

Dapat anda ketikkan perintah security find-generic-password-ga NAMA_SSID l grep-i password. Sesudah itu, tekan pada tombol Enter.

Anda akan dimintai untuk memasukkan username dan juga password Mac. Bila tahapan tersebut sudah, kini anda dapat mengetahui password wifi pada baris kedua.

Nah, itu tadi penjelasan tentang cara melihat password wifi di laptop yang dapat anda praktekkan. Namun perlu anda ingat, cara tersebut bukan untuk membobol.