Game Winning Eleven Legendaris Konsol PS, Ini Perbedaan dengan PES!

360
Game Winning Eleven Legendaris Konsol PS, Ini Perbedaan dengan PES!
Ilustrasi Game Winning Eleven. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Game Winning Eleven adalah salah satu game konsol terpopuler. Permainan tema sepak bola ini sudah sangat populer dari jaman dahulu.

Sejak awal peluncurannya tahun 1995, Winning Eleven sudah sangat terkenal. Konami selaku developer game tersebut terus melakukan pembaruan.

Itulah yang menyebabkan game ini bisa memiliki banyak seri.

Sejarah Game Winning Eleven

Dahulu, bermain game memang sedikit sulit. Orang-orang harus memiliki konsol PS terlebih dahulu.

Itu sebabnya, kamu seringkali menemukan tempat rental PS. Game-game yang ada di dalamnya pun sangat legendaris, bahkan beberapa masih eksis hingga saat ini.

Tema game yang populer biasanya adalah sepak bola. Winning Eleven, sebuah game sepak bola asal Jepang pada tahun 1995 ini sangatlah populer.

Awalnya nama game ini adalah Superstar SNES atau Super Nintendo Entertainment System. Mengejutkannya, game ini mendapat sambutan yang sangat baik bagi para gamers, baik di Jepang maupun internasional.

Game konsol terpopuler ini membawa fitur-fitur yang sangat menarik bagi para gamers. Selain itu, pemain juga dapat memilih beberapa mode pertandingan yang tersedia, yaitu:

  1. Open Game, semacam mode eksibisi.
  2. International Cup, pemain akan merasakan seperti di Piala Dunia. Ada 32 tim sepak bola yang bisa kamu pilih.
  3. World Series, seperti pertandingan liga yang terus berlanjut.
  4. Training Mode, mode latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemahiran.

Sejak awal perilisannya, game Winning Eleven sudah memiliki beberapa versi. Namun, saat konsol bernama PlayStation 2 untuk generasi millennium muncul pada tahun 2000, game ini sudah tidak tersedia di sana.

Konami akhirnya merilis versi internasional Winning Eleven dengan tanpa membawa nama konsol PlayStation 2. Pada saat itu lah lahir versi Eropa dari Winning Eleven dengan nama Pro Evolution Soccer atau PES pada tahun 2001.

Perbedaan Winning Eleven dan Pro evolution Soccer (PES)

Jika melihat sejarahnya, kedua game ini, Winning Eleven dan PES, tidak memiliki banyak perbedaan. Dari segi grafis hingga gameplaynya pun masih sama.

Akan tetapi, tentu saja kamu akan menemukan sedikit perbedaan. Bagaimanapun juga PES adalah versi terbaru dari Winning Eleven.

Berikut ini perbedaan kecil yang jarang disadari.

1. Regional yang Berbeda

Hal pertama yang sangat membedakan antara PES dan Winning eleven adalah regionalnya. Sejak awal, memang Winning Eleven hanya untuk pasar Jepang.

Siapa sangka, game ini meledak hingga ke pasar internasional. Sayangnya, meski sudah masuk ke pasar internasional, Konami tidak memberi update khusus.

PES, yang merupakan versi terbarunya Konami buat khusus untuk pasar Amerika dan Eropa.

2. Bahasa dan Komentator yang Berbeda

Karena regional PE yang terfokus pada pasar Amerika dan Eropa, tentu saja bahasa di dalamnya sudah ada tambahan bahasa Inggris. Hal tersebut yang tidak dapat kamu temukan di WE.

Pada game Winning Eleven, bahasa yang tersedia hanyalah Jepang. Begitu juga komentator di dalam game.

Komentator di PES akan berbahasa Inggris, sedangkan WE tetap menggunakan bahasa Jepang.

3. Server yang Berbeda

Meski di bawah naungan rumah produksi game yang sama, namun keduanya memiliki server yang berbeda. Kamu tidak dapat memainkan WE di serven PES dan sebaliknya.

Lantas, di Indonesia terkenal dengan versi yang mana?

di Indonesia sendiri pasar dari PES lebih besar daripada WE. Kebanyakan gamer hanya mengetahui nama PES, meskipun keduanya mirip.

PES dan game Winning Eleven kini sudah dapat kamu mainkan di platform PC. Versi terbarunya memiliki nama eFootball PES 2021.