Cara Membersihkan Casing HP Kotor, Terkena Debu, Serta Menguning

0
246
Cara Membersihkan Casing HP Kotor, Terkena Debu, Serta Menguning
Ilustrasi cara membersihkan casing hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membersihkan casing hp yang kotor atau menguning tentu menarik untuk diketahui. Hal tersebut merupakan salah satu masalah yang biasanya sering terjadi.

Bukan hanya mengganggu penampilan, casing hp yang kotor juga bisa membuat debu ataupun kotoran yang menempel dapat tersebar ke barang-barang.

Faktor yang menyebabkan casing hp menjadi kotor adalah usia yang sudah lama, meletakkan hp dengan sembarangan, atau juga materialnya yang mudah kotor.

Material silikon atau biasa disebut dengan softcase paling mudah terkena kotor dan akan menguning jika sudah terlalu lama dalam pemakaian. Akan tetapi, terdapat cara untuk membuat casing hp menjadi seperti baru lagi. Yuk simak langkah-langkah berikut ini.

Ini Dia Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor

Menggunakan Pasta Gigi

Cara membersihkan casing hp yang pertama yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dapat membersihkan noda kuning yang ada pada casing, sehingga bisa membuatnya kembali menjadi bersih.

Tak hanya itu saja, pasta gigi juga memiliki fungsi sebagai penghilang bekas tinta yang ada pada casing hp milik anda. Dengan cara yang mudah, anda cukup mengoleskan pasta gigi pada permukaan casing.

Baca:  Cara Mematikan Data WA Dengan Mudah Untuk Sementara Waktu

Setelah itu, anda dapat menyikatnya secara perlahan. Bila dirasa sudah cukup bersih, anda bisa membasuhnya dengan menggunakan air, lalu keringkan.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak dengan bau yang sedikit menyengat ini, mampu menjadi cara membersihkan casing hp yang kotor. Minyak kayu putih memang sangat efektif untuk membersihkan kotoran bekas stiker, sisa makanan, atau bekas dari double tape. Perlu anda ketahui juga bahwa minyak kayu putih tidak bisa mengembalikan warna casing hp yang telah menguning.

Memakai Sabun Cuci Piring

Anda bisa juga membersihkan casing dengan menggunakan sabun cuci piring. Caranya sangatlah mudah, hanya tinggal mencuci casing dengan sedikit sabun.

Bilas jika dirasa cukup bersih dengan menggunakan air. Setelah itu, anda hanya perlu mengeringkan casing yang tadi dengan kain microfiber.

Menggunakan Baking Soda

Cara membersihkan casing hp selanjutnya dengan menggunakan bubuk soda kue. Caranya juga cukup mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya mencampurkan air dengan bubuk soda kue sesuai kebutuhan pada wadah.

Baca:  Sinyal 4G Tapi Lemot, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gosokkan pada casing yang kotor, memakai campuran tersebut sampai dengan kotoran menghilang. Terakhir anda membilasnya dengan air dan mengeringkan casing yang sudah bersih.

Dengan Memakai Alkohol

Alkohol juga sangat efektif untuk membuat casing yang menguning menjadi kembali terlihat baru. Bukan hanya itu saja, alkohol juga mampu membersihkan casing dari kuman dan kotoran yang menempel.

Untuk membersihkannya, anda tinggal menuangkan alkohol pada kapas bersih. Kemudian gosokkan pada permukaan casing yang kotor.

Cairan Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi cara membersihkan casing hp berikutnya. Anda hanya tinggal menggosokkan cairan dengan menggunakan tisu atau kain yang bersih pada permukaan casing. Tidak hanya bersih saja, melainkan casing hp akan menjadi wangi.

Pemutih

Sebagai penghilang noda putih yang ampuh, pemutih pakaian dapat anda jadikan sebagai pembersih casing hp yang menguning. Langkahnya, campurkan sedikit saja pemutih ke tempat yang akan menjadi wadah serta campurkan dengan air yang hangat.

Kemudian masukkan casing hp yang akan dibersihkan ke tempat wadah tersebut. Tunggu dalam beberapa menit, lalu keringkan.

Baca:  Cara Melacak HP yang Mati Saat Hilang, Ini Aplikasi yang Digunakan

Namun, anda perlu mengingat bahwa cairan pemutih cairan yang berbahaya. Sehingga jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan, celemek, dan masker wajah, supaya pemutih tidak mengenai tubuh anda.

Penghapus

Ternyata, selain memiliki fungsi untuk menghapus tulisan, penghapus juga bisa menghilangkan noda kuning pada casing hp. Memiliki cara yang mudah, anda tinggal menghapus noda pada casing hp menggunakan penghapus tersebut.

Kemudian bersihkan dengan tisu basah dan keringkan. Khusus untuk casing yang berbahan kayu, cairan tersebut dapat menyebabkan kayu menjadi menyusut atau juga bisa mengembang.

Maka dari itu, pakai larutan cuka yang aman untuk anda gunakan pada semua jenis kayu serta finishing. Walaupun seperti itu, tidak dianjurkan untuk merendam casing ke dalam cuka.

Cara membersihkan casing hp dengan cuka yakni campur air dan cuka dalam satu botol semprotan. Anda tinggal menyemprotkan larutan cuka ke permukaan casing berbahan kayu serta lap ke bawah menggunakan kain lembab. (CW001)

Editor : Deni Supendi