Cara Membuat Video di Laptop Praktis, Simak Beberapa Tekniknya!

0
11
Cara Membuat Video di Laptop
Ilustrasi Cara Membuat Video di Laptop. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuat video di laptop dapat Anda lakukan dengan beberapa teknik. Seiring dengan semakin meningkatnya penggemar konten Youtube, maka cara membuat video pada perangkat laptop pun juga semakin banyak dicari.

Meskipun tidak memiliki basic kemampuan dalam bidang komputer, akan tetapi sebagian orang merasa optimis untuk membuatnya.

Apalagi, cukup banyak orang yang ingin menjadi Youtuber, hal ini tidak menjadi masalah. Karena sebenarnya siapa saja dapat membuat video asal mengetahui tekniknya.

Cara Membuat Video di Laptop Mudah

Saat ini banyak anak kecil yang pandai membuat video foto dengan lagu hanya dengan hitungan menit. Karena saat ini telah banyak tersedia aplikasi edit video untuk Android yang dapat Anda manfaatkan. Cara menggunakannya pun cukup mudah seperti halnya stalking pada media sosial.

Berikut ini beberapa teknik membuat video pada perangkat laptop antara lain:

Cara Membuat Video Foto dengan Lagu pada Perangkat Laptop

Untuk membuat video foto dengan lagu di perangkat laptop, dapat memanfaatkan aplikasi yang dapat Anda pilih pada Play Store. Salah satunya adalah aplikasi Freemake Video Converter.

Jika Anda pernah mendengar bahwa software edit video profesional memerlukan adanya spek komputer yang tinggi. Maka, tidak perlu khawatir aplikasi ini cukup ringan untuk Anda gunakan. Cara menggunakan aplikasi ini adalah:

  • Download dan install aplikasi Freemake Video Converter
    kemudian buka aplikasi, klik foto. Maka secara otomatis direktori file akan muncul.
  • Pilih beberapa foto sekaligus yang akan Anda masukkan ke dalam video. Caranya dengan tekan CTRL klik tombol Open.
  • Kemudian masukkan file lagu yang akan Anda gunakan untuk backsound video. Anda dapat klik “No Sound” kemudian “Add Audio” untuk masukkan lagu. Kemudian klik tombol Open.
  • Video pun siap Anda mainkan dan simpan. Jika ada yang kurang pas pun dapat mengeditnya dengan menggunakan toolbar pada bagian bawah.
  • Selain itu Anda juga dapat mengatur kecepatan slideshow ganti lagi lain atau pilih model slideshow.

Cara Membuat Video Tutorial di Laptop

  • Langkah pertama buka aplikasi editing video yang telah Anda pilih.
  • Berikutnya masukkan video serta potong bagian yang tidak perlu. Caranya tinggal drag file yang terdapat pada laptop ke lembar kerja yang terdapat pada aplikasi yang Anda gunakan. Selain itu, Anda dapat klik menu import file yang terdapat pada aplikasi tersebut.
  • Kemudian akan dibawa ke folder laptop dan pilih file video yang akan Anda edit.
  • Selanjutnya pindahkan video yang akan Anda potong ke timeline. Lalu letakkan garis putar pada bagian yang hendak Anda potong, klik icon gunting untuk memotong video tersebut.
  • Tambahkan teks yang berfungsi untuk memberikan penjelasan pada bagian-bagian tertentu pada video. Caranya, tempatkan garis timeline pada bagian yang akan Anda tambahkan teks.
  • Cara membuat video di laptop selanjutnya adalah dengan menambahkan backsound atau audio. Untuk menambahkan audio rekaman suara secara langsung maka Anda tinggal klik icon mic yang terdapat pada menu di atas timeline. Sedangkan untuk menambahkan audio yang berasal dari file di laptop, Anda tinggal drag file atau menggunakan insert file ke lembar kerja.
  • Tambahkan efek transisi supaya variasi perpindahan yang menarik. Caranya dengan klik menu “Transisi” kemudian pilih jenis transisi yang Anda inginkan. Kemudian drag ke potongan video yang terdapat pada timeline.

Cara membuat video di laptop untuk video tutorial selanjutnya adalah Eksplor Video, hal ini dapat Anda lakukan dengan klik eksport, selanjutnya atur lokasi penyimpanan file hasil ekspor rename file. Klik kembali “eksport” tunggu hingga proses selesai.