Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan, Begini Cara Mengatasinya!

415
Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan, Begini Cara Mengatasinya!
Ilustrasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Data seluler aktif tapi tidak bisa internetan dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari maintenance, overheat bahkan mati lampu. Jika sudah seperti itu, tentunya harus segera Anda atasi supaya bisa kembali berinternetan kembali.

Biasanya masalah jaringan seperti ini sering terjadi pada pengguna smartphone. Nah, jika Anda adalah salah satunya korban seperti itu, maka harus segera Anda atasi supaya koneksi jaringan kembali normal dan bisa Anda gunakan.

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan, Kira-kira Kenapa?

Seperti yang kita ketahui, bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan utama bagi sebagian besar orang pada umumnya. Bagaimana tidak, kehadiran internet pasalnya mampu membuat seseorang lebih mudah untuk melakukan aktivitasnya.

Bagaimana tidak, dengan internet kita bisa melakukan segala aktivitas dengan mudah, mulai dari belajar, bekerja sampai belanja secara online. Artinya keberadaan internet sangat penting bagi kita. Lalu bagaimana jika koneksi internet terganggu?

Anda pasti pernah mengalami tidak bisa berinternetan tetapi data seluler aktif bukan? Jika pernah, apakah tahu penyebabnya? Sedangkan untuk faktor penyebabnya sangat beragam mulai dari mati lampu, overheat hingga maintenance. Untuk itu Anda harus segera mengatasinya, seperti cara berikut ini:

Muat Ulang HP

Cara untuk mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan yang pertama adalah dengan merestart HP Android Anda atau memulai muat ulang. Pasalnya merestart HP Android ternyata mampu membuat aktivitas dan sistem di dalamnya akan terhenti untuk sementara.

Sehingga ketika Anda menyalakan HP kembali, secara otomatis, performa kinerja HP bisa kembali normal dan cepat. Tidak hanya itu saja, melainkan dengan restart HP ternyata juga bisa mengatasi masalah error pada HP.

Salah satunya adalah jika koneksi internet tidak bisa Anda gunakan padahal data seluler masih aktif. Oleh sebab itu, jika Anda sedang mengalami permasalahan seperti ini, bisa melakukan cara tersebut.

Setting APN

Cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan setting kembali APN. Pasalnya Access Point Name atau APN berperan sangat penting dalam berbagai macam aktivitas jaringan pada Android.

Selain itu dari APN inilah maka mampu menjadi salah satu penentu mengenai baik buruknya kualitas jaringan pada smartphone. Oleh sebab itu, apabila jaringan Anda sedang error maka bisa menyeting ulang APN tersebut.

Bahkan dengan melakukan setting ulang APN ternyata mampu membuat koneksi internet di Android Anda akan kembali stabil lagi. Meski demikian terkadang juga melakukan setting APN bisa menyebabkan koneksi hilang, artinya Anda harus berhati-hati.

Lepaskan Kartu SIM

Salah satu penyebab data seluler aktif tapi tidak bisa internetan mungkin karena kartu SIM rusak atau error, sehingga Anda dapat melepaskannya terlebih dahulu. jadi Anda bisa langsung mematikan perangkat HP dan ambil kartu SIM lalu bersihkan pada bagian kuningan kartu tersebut.

Bisa jadi, kartu SIM Anda kotor, sehingga Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan karet penghapus. Jika sudah, maka kembali pasang kartu SIM tersebut ke HP Anda lalu aktifkan kembali perangkatnya.

Biasanya masalah seperti ini karena kartu SIM sedang bermasalah atau kemungkinan posisinya yang kurang tepat saja. Oleh sebab itu Anda bisa melepaskannya terlebih dahulu dan kembali memasangnya jika sudah Anda bersihkan.

Setelah Anda tahu penyebab data seluler aktif tapi tidak bisa internetan dan cara mengatasinya, kini saatnya Anda dapat menerapkannya jika hal itu terjadi. Dengan begitu, koneksi akan kembali normal dan stabil sehingga kegiatan berinternetan bisa nyaman.