Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Saat Keadaan Darurat

0
191
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Saat Keadaan Darurat
Ilustrasi cara memperbaiki keyboard laptop. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memperbaiki keyboard laptop, terlebih dahulu anda harus mengetahui apa penyebabnya. Karena keyboard ialah salah satu elemen laptop yang mudah alami kerusakan. Sebut saja tombol yang salah masukkan karakter, tidak dapat berfungsi sebagian, bahkan bisa tak berfungsi secara keseluruhan.

Untuk itu, jika anda ingin memperbaikinya, pertama anda harus mengetahui apa penyebabnya, terkena air, karena debu, atau yang lainnya. Akan tetapi, terkadang keyboard rusak dengan tiba-tiba, tanpa diketahui pasti apa penyebabnya.

Apabila sudah seperti itu, maka secara otomatis anda harus mencoba beberapa langkah darurat dengan mengira-ngira apa yang menjadi penyebab kerusakan tersebut.

Ikuti Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Dalam langkah ini, bisa anda coba sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis.

Merestart Laptop

Dengan merestart laptop merupakan langkah awal yang harus anda lakukan sebelum melakukan tindakan lainnya. Merestart laptop dapat menjadi solusi ratusan masalah yang berada pada sistem operasi secara langsung.

Apabila anda tidak dapat merestart, anda bisa menekan tombol power selama beberapa detik sampai laptop tersebut mati. Jika setelah melakukan restart laptop masalah masih tetap sama, maka anda bisa coba cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya.

Baca:  Cara Merekam Suara di Handphone Saat Panggilan WhatsApp

Memeriksa Num Lock

Terkadang keyboard yang tidak berfungsi dengan baik akibat dari diri kita sendiri. Hal yang paling biasa terjadi ialah aktifnya Num Lock. Saat Num Lock hidup, maka karakter yang keluar biasanya akan berbeda dengan tombol yang ditekan.

Untuk mematikan Num Lock tersebut, anda dapat menekan tombol Fn dan NumLk pada keyboard secara bersamaan. Dalam beberapa jenis laptop, menekan tombol Caps Lock dan Num Lock juga dapat mematikannya.

Apabila dengan cara keduanya tidak berfungsi secara baik, maka anda dapat menghubungi customer support dan juga produsen laptop anda untuk mengetahui cara mematikannya.

Masalah Driver

Adanya masalah pada driver juga bisa menyebabkan keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik. Menurut PCMag, hal tersebut biasanya terjadi saat anda melakukan penginstalan software pihak ketiga, terkena virus, serta lainnya. Anda bisa melakukan pengecekan melalui Device Manager, kemudian lihat bagian keyboardnya.

Melakukan System Store

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya ketika anda yakin bahwa keyboard tidak bisa berfungsi secara baik setelah anda melakukan penginstalan program baru.

Baca:  Cara Mengedit Foto di IG Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi

Maka, anda bisa mencoba untuk melakukan system restore. Bila untuk Windows 8 dan 7, anda bisa memulainya dengan membuka Start Menu, selanjutnya Search Recovery.

Sedangkan anda menggunakan Windows XP, anda bisa memulainya dengan klik Start, All Program, Accessories, System Tools, selanjutnya pilih System Restore.

Saat anda melakukan System Restore ini, maka laptop anda akan kembali sama dengan sebelum anda menginstal program yang bermasalah tersebut.

Membersihkan Debu dan Kotoran

Debu dan juga kotoran menjadi salah satu penyebab kerusakan pada laptop. Dengan membersihkannya juga menjadi cara memperbaiki keyboard laptop.

Debu dan juga kotoran tersebut dapat menutupi komponen di dalamnya karena biasanya akan terselip di antara tombol keyboard. Apabila laptop anda terkena air, maka anda harus membersihkan bagian dalamnya pula.

Melepas Baterai Laptop

Apabila terdapat beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, anda dapat mencoba untuk melakukan reset. Caranya, matikan laptop, melepas baterai, dan juga kabel adapter.

Lalu anda diamkan selama 1 menit. Tekan serta tahan tombol power selama 60 detik. Selanjutnya anda bisa memasukkan kembali baterai. Anda dapat menghidupkan kembali.

Baca:  Cara Mematikan Data WA Dengan Mudah Untuk Sementara Waktu

Konektor Terlepas

Ada pula masalah keyboard yang tidak terdeteksi biasanya dapat anda atasi dengan menginstal driver. Akan tetapi jika keyboard anda masih belum juga terdeteksi, kemungkinan besar adanya masalah pada konektor.

Seperti rusak, tertekuk, renggang, atau bahkan bisa juga sampai terlepas. Anda dapat membetulkannya dengan membuka keyboard tersebut untuk menghubungkan kembali konektornya.

Mengganti Keyboard Bawaan

Apabila konektor keyboard sudah terhubung namun keyboard anda masih bermasalah, cara memperbaiki keyboard laptop anda dengan mengganti keyboard dari bawaan tersebut.

Menggunakan Keyboard USB atau Wireless

Untuk menemukan solusi lainnya, anda dapat menggunakan keyboard USB hanya untuk sementara waktu saja. Jika anda kurang nyaman dengan keyboard USB, anda bisa menggunakan keyboard wireless.

Memakai On-Screen Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang terakhir dengan menemukan solusi. Jika anda membutuhkan keyboard sangat mendesak, anda dapat menggunakan On-Screen Keyboard. Untuk penggunaannya, anda bisa membuka Start, Program, Accessories, Accessibility, kemudian anda dapat memilih On-Screen Keyboard. (CW001)

Editor : Deni Supendi