Sinyal 4G Tapi Lemot, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

0
238
Sinyal 4G Tapi Lemot, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi sinyal 4G tapi lemot. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Sinyal 4G tapi lemot, apa ya kira-kira penyebabnya? Kecepatan sebuah internet yang kencang telah menjadi salah satu kebutuhan yang utama.

Terutama bagi mereka yang ingin selalu mengakses dunia internet setiap harinya. Tanpa adanya sinyal, maka seseorang tidak bisa melakukan kegiatan tersebut dengan sempurna.

Penyebab Sinyal 4G Tapi Lemot

Menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari merupakan hal yang wajar dilakukan oleh semua orang. Terlebih perangkat canggih ini dapat membuat seseorang mudah untuk berhubungan dengan orang banyak menggunakan koneksi internet.

Namun terkadang koneksi jaringan yang menjadi masalah. Pasalnya, koneksi yang cepat dan stabil akan membuat seseorang lebih mudah untuk mengakses informasi.

Namun sebaliknya, jika jaringan lemot bahkan tidak ada, justru akan membuat seseorang merasa jengkel karena tak bisa mengakses internet.

Hal tersebut karena pasti ada hal-hal yang sering menghalanginya, sehingga koneksi tidak bisa berjalan lancar seperti biasanya. Ada beberapa masalah yang membuat jaringan menjadi lemot, yakni sebagai berikut.

Sinyal Melemah

Hal pertama yang membuat sinyal 4G tapi lemot adalah karena kondisi sinyal sedang melemah. Pasalnya, tidak semua jenis operator dapat menjangkau seluruh sudut perkotaan. Terlebih lagi pada daerah itu banyak sekali pepohonan besar dan bangunan tinggi.

Baca:  Internet Positif Android, Cara Mengatasinya Menggunakan Aplikasi

Hal tersebut tentunya akan menghambat frekuensi sinyal dalam area itu. Hal ini karena banyaknya hambatan yang akan dilalui oleh gelombang elektromagnetik, maka semakin lemah pula sinyal yang diterima.

Maka dari itu, anda bisa mencari sudut ruangan yang mudah terjangkau sinyal. Namun apabila hal tersebut belum bisa mendapatkan sinyal, kemungkinan operator belum dapat menjangkau daerah tersebut. Sehingga anda bisa mengganti operator seluler dengan yang baru.

Aplikasi dan Sistem Operasi yang Melakukan Update

Ternyata sinyal 4G tapi lemot bisa karena aplikasi dan sistem operasi sedang melakukan update. Apabila Auto-update sistem dan aplikasi sudah aktif, maka fitur ini akan bekerja saat perangkat sedang menerima notifikasi pembaruan. Hal ini akan menyebabkan sinyal internet menjadi lambat meskipun semua berjalan dengan normal.

Ketika sedang update aplikasi dan sistem, maka bandwidth internet akan memaksimalkan guna memperbaiki segalanya sesuai yang harus diupdate.

Baca:  Cara Melacak HP yang Mati Saat Hilang, Ini Aplikasi yang Digunakan

Sehingga hanya akan tersisa sedikit untuk keperluan yang lain. Solusinya, anda bisa mematikan fitur Auto-update pada menu Settings smartphone anda.

Pengguna Terlalu Banyak dalam Satu Area

Beberapa operator ternyata masih membatasi kecepatan jaringan pada setiap BTS di suatu area. Hal ini mungkin menjadi strategi yang operator seluler jalankan ketika mengatur prioritas pendistribusian bandwidth jaringan internet dalam suatu area.

Sehingga pengguna yang terhubung semakin banyak, maka akan kian lambat kecepatan internetnya. Namun biasanya kasus seperti itu jarang terjadi pada perkotaan. Solusi terbaiknya adalah dengan mencari operator seluler terbaru dalam area tersebut.

Area Belum Bisa Tercakup oleh Operator Seluler

Biasanya sinyal 4G tapi lemot karena pada suatu area memang belum bisa untuk mencakup operator seluler. Pembangunan sebuah tower BTS tergantung dari kondisi masyarakat yang sedang tinggal di tempat itu. Sudah berapa banyak pengguna smartphone pada daerah tersebut dan kemudian baru akan ditetapkan pembangunan tower.

Solusinya, anda harus bersabar untuk menunggu operator bisa memperluas sebuah jaringan. Atau anda bisa juga untuk mencari operator lain dengan sinyal yang lebih baik lagi supaya dapat mengakses internet dengan baik.

Baca:  Cara Mengatasi Kecanduan Internet dengan Berbagai Tips Termudah

Pengaturan pada Tipe Jaringan

Sinyal 4G tapi lemot biasanya juga bisa karena jaringan tersebut berubah menjadi 3G. Sering terjadi ketika genset dan pemadam listrik yang terpakai sedang kehabisan bahan bakar. Namun kondisi seperti ini jarang terjadi. Semua itu tergantung dari stabilitas listrik pada tempat tinggal anda.

Pengaturan APN Kurang Maksimal

Access Point Name atau sering disingkat APN berguna untuk menjadi gerbang penghubung antara perangkat dan jaringan operator seluler pengguna.

Jadi, apabila pengaturan APN kurang maksimal atau bahkan salah, maka akan menyebabkan koneksi internet menjadi terganggu. Bahkan tidak bisa terpakai karena tak terhubung.

Itulah beberapa penyebab sinyal 4G tapi lemot dengan beberapa solusi yang bisa anda terapkan. Anda juga bisa mengganti operator seluler yang lebih bagus supaya mendapatkan koneksi internet yang lebih stabil dan cepat. (CW001)

Editor : Deni Supendi