Cara Memunculkan Kursor yang Hilang pada Laptop atau Komputer

0
100
Cara Memunculkan Kursor yang Hilang
Ilustrasi Cara Memunculkan Kursor yang Hilang. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memunculkan kursor yang hilang perlu anda ketahui. Mengingat kursor adalah bagian terpenting dalam komputer.

Hal yang sering kita alami ketika menggunakan laptop atau komputer adalah kursor yang tiba-tiba menghilang. Terkadang pengguna akan merasa bingung dan menganggap bahwa OS kita telah rusak.

Kejadian ini akan sangat mengganggu aktivitas anda dalam melakukan pekerjaan. Karena kursor merupakan penunjuk terpenting dalam laptop yang akan memudahkan pekerjaan anda.

Sebenarnya anda masih bisa mengakali dengan menggunakan Windows melalui keyboard, akan tetapi hal ini cukup sulit.

Simak Cara Memunculkan Kursor yang Hilang dengan Mudah

Saat ini berbagai bug atau kesalahan dalam teknologi semakin sering terjadi, bahkan karena hal sepele. Masalah sederhana yang lumrah terjadi biasanya adalah kursor pada mouse tiba-tiba menghilang.

Beberapa orang menganggapnya sepele dan tidak terlalu penting. Namun untuk mereka yang mungkin bekerja menggunakan laptop, misal sebagai desain grafis, tentu ini akan menjadi masalah besar.

Biasanya mouse pada laptop memang bisa menghilang dengan sendirinya dan tiba-tiba muncul kembali. Agar hal ini tidak menimbulkan masalah besar bagi anda, ada baiknya perlu mengetahui cara mengatasinya. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut sebagai cara memunculkan kursor yang hilang.

Pengaturan Mouse

Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai bagaimana pengaturan yang tersimpan pada mouse anda. Cara memunculkan kursor hilang ini cukup mudah dan terbukti ampuh membuatnya kembali.

  1. Langkah pertama, anda harus masuk pada menu Control Panel
  2. Kemudian pilih atau klik Hard And Sound
  3. Masuk pada Device & Printer, lalu pilih Mouse
  4. Pada pengaturan Mouse, pilih Pointer Potion dan hapus tanda centang pada tulisan Hide Pointer While
  5. Terakhir, anda harus klik Ok agar pengaturan anda tersimpan.

Menggunakan Tombol Fungsi

Ketika kursor anda hilang, cobalah untuk tetap tenang dan jangan panik. Anda masih bisa menggunakan tombol fungsi yang tersedia dalam keyboard laptop. Namun tombol fungsi ini berbeda-beda kegunaannya, tergantung dari laptop yang anda pakai.

Anda bisa mencoba cara memunculkan kursor yang hilang dengan menggabungkan beberapa tombol FN + (F1 – F12). Dengan mencoba satu per satu tombol fungsi ini, anda akan menemukan rumus yang cocok dengan laptop anda.

Restart Laptop atau Komputer

Ketika kursor tidak terdeteksi, biasanya ini menandakan bahwa sistem pada laptop anda sedang tidak merespon. Merestart perangkat merupakan cara paling mudah yang bisa anda lakukan.

Anda bisa memulainya dengan menekan tombol Alt + F4 pada desktop. Selain itu, bisa juga dengan menekan tombol Start dan klik Shut Down.

Mengganti Drive Kursor

Kemungkinan besar penyebab hilangnya kursor pada laptop karena driver khusus kursor sedang bermasalah atau rusak. Jika sudah seperti ini, anda harus melakukan tindakan cepat agar kerusakan tidak semakin parah dan menjalar lebih luas.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengunduh driver khusus kursor dan menyesuaikan driver dengan seri laptop anda agar lebih aman. Anda bisa bisa mencoba langkah ini sebagai cara memunculkan kursor yang hilang.

Install Ulang Drive Melalui Device Manager

Apabila anda pernah menginstall driver, entah itu touchpad atau mouse, kemungkinan driver tersebut sedang bermasalah. Hal ini bisa anda perbaiki melalui Device Manager.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka menu RUN
  2. Selanjutnya ketik devmgmt.msc lalu klik Enter
  3. Klik tombol Tab dan gunakan tombol panah agar menu Mice and other pointing devices terbuka
  4. Kemudian tekan kembali tombol Enter
  5. Buka tab driver lalu tekan tombol Update Driver
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Jika sudah bekerja, restart dulu laptop anda.

Service Touchpad Laptop

Apabila beberapa langkah di atas sudah anda coba namun belum berhasil juga, coba lakukan langkah terakhir ini. Anda bisa melakukan service pada touchpad laptop anda. Kemungkinan hilangnya kursor terjadi karena kerusakan pada touchpad.

Namun, jika anda mempunyai skill untuk membongkar laptop, maka cukup beli saja komponennya. Komponen touchpad sudah banyak beredar di pasaran offline maupun online. Ini adalah langkah terakhir apabila cara memunculkan kursor yang hilang di atas tidak membuahkan hasil.