Bahaya Internet Bagi Remaja Dapat Merusak Masa Depan Kehidupannya

0
118
Bahaya Internet Bagi Remaja Dapat Merusak Masa Depan Kehidupannya
Ilustrasi Bahaya Internet Bagi Remaja. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Bahaya internet bagi remaja sangatlah banyak. Hal tersebut merupakan hal yang harus diperhatikan. Bahkan dalam penggunaan internet juga membutuhkan pengawasan orang tua. Apalagi masa-masa remaja. Masa pertumbuhan yang membawa banyak perubahan dan kelabilan.

Meskipun dengan menggunakan internet, kita bisa mendapatkan berbagai informasi, namun bahaya yang mengintai juga tidak bisa dipungkiri. Bahkan layanan informasi ini juga banyak yang menganggap sebagai pengubah kehidupan manusia dalam semua bidang.

Wajib Tahu, Inilah Bahaya Internet Bagi Remaja

Dari segudang manfaat yang internet miliki, akan tetapi ada dampak lain yang membahayakan. Terutama untuk perkembangan dan pertumbuhan masa remaja.

Bahkan masa remaja adalah masa yang benar-benar harus diperhatikan dan membutuhkan pengawasan yang extra. Lalu apa saja sih bahaya internet bagi para remaja itu? Yuk simak bareng.

Kurangnya Sebuah Kreativitas

Meskipun internet itu mempunyai segunung manfaat, namun ada bahaya internet bagi remaja, yakni bisa mengurangi kreativitasnya. Kemudahan dalam mendapatkan informasi juga memberikan peluang bagi remaja untuk plagiarisme.

Sebenarnya sih its okay, tapi kita juga harus bisa memberikan perubahan agar tidak tertuduh mengcopy paste sebuah produk atau karya. Padahal cara berpikir remaja itu masih jernih.

Mereka bisa melakukan apa saja dan bahkan menciptakan hal baru yang cemerlang pun bukanlah suatu masalah berat. Dari banyak informasi yang mereka peroleh juga menjadikan ajang untuk berlomba-lomba dalam berkarya.

Insomnia Saat Malam Hari

Insomnia atau mengalami gangguan saat tidur juga termasuk dalam bahaya internet bagi remaja. Hal ini terjadi ketika layanan sudah menjadi zat aditif. Sehingga nggak bisa tidur, selalu ingin menikmati hal-hal kesukaan yang bisa akses dengan menggunakan internet.

Bukan hanya itu saja, tetapi gangguan tidur tersebut juga dapat merusak konsentrasi belajar saat sekolah. Jika terus-terusan begitu, maka nilai yang turun dan bisa-bisa anda akan dikeluarkan.

Tambah lagi internet yang selama anda gunakan itu tidak anda fungsikan untuk mendapatkan hal yang mempunyai sifat normatif maupun menambah wawasan.

Terjadinya Cyberbullying

Cyberbullying merupakan salah satu istilah guna menggambarkan intimidasi dengan menggunakan internet. Hal ini juga termasuk dalam bahaya internet bagi remaja. Bukan tidak mungkin jika memang hal ini terjadi.

Pasalnya, sudah ada banyak bukti yang nyata. Para pengguna internet juga lebih mudah terkena bullying. Pasalnya, hal ini memiliki penilaian yang lebih aman juga mudah.

Perlu anda ketahui, dampak buruk dari hal ini akan sangat berbahaya bagi perkembangan remaja. Karena mereka sedang dalam masa perkembangan atau puber. Kegilaan pun bisa menyerang jika memang ia tidak bisa mengatasinya dengan benar.

Kurangnya Interaksi Antar Sesama

Seseorang akan lebih mudah untuk mengakses internet karena memang perkembangan teknologi zaman sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Muncul berbagai jenis dan merek smartphone. Hal itu juga akan mengurangi interaksi tatap muka, baik antara orangtua, keluarga, teman, ataupun tetangga.

Tanpa kita sadari, internet selalu menyita waktu untuk menemani. Sehingga kita lupa dengan mereka yang selalu mendukung dan setia kepada kita. Hal ini juga menjadi bahaya internet bagi remaja yang harus tetap diwaspadai.

Pergaulan Bebas Tanpa Batas

Hal inilah yang paling mengkhawatirkan. Dengan menggunakan internet, semua bisa diakses dengan mudah. Bahkan situs-situs pornografi sekalipun.

Masa remaja adalah masa yang mana rasa ingin tahu juga sudah mendarah daging. Oleh sebab itu, perlunya pembimbingan orangtua mengenai hal tersebut.

Orangtua yang selalu sibuk dengan pekerjaannya, namun punya anak remaja. Jangan biarkan anak anda mengakses layanan informasi tersebut tanpa adanya pantauan. Karena terjadinya akan pergaulan bebas itu bukanlah tidak mungkin. Hal tersebut juga merupakan bahaya internet bagi remaja.

Pergaulan bebas tersebut juga bisa mendorong ke dalam hal-hal yang negatif dan dapat mengganggu konsentrasi dalam belajar. Pacar misalnya.

Si remaja bisa terjebak dalam cinta monyet yang akan merugikannya sendiri. Hal tersebut juga bisa menyebabkan suatu perbuatan yang tidak baik. Misalnya adalah hamil sebelum menikah.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga narkoba. Banyak sekali yang menjual narkoba dengan memanfaatkan layanan internet. Karena rasa ingin tahu yang tinggi, para remaja ingin mencoba. Hingga pada akhirnya kecanduan juga. Itu juga termasuk dalam bahaya internet bagi remaja.