Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Cek Pulsa Semua Kartu SIM

795
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Cek Pulsa Semua Kartu SIM

Texno.ID – Cara mengatasi HP tidak bisa cek pulsa penting untuk Anda ketahui. Cek pulsa HP sebenarnya sangat mudah namun, biasanya masih terdapat berbagai masalah sehingga tidak bisa berhasil.

Tidak bisa cek pulsa pada HP tentu menjadi masalah bagi sebagian orang. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai tips yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Cek Pulsa dengan Mudah

Sebagian orang pernah mengalami kejadian tidak bisa cek pulsa pada HP. Terkadang terdapat pemberitahuan munculnya bisa menjadi tanda bahwa tidak bisa cek pulsa.

Pemberitahuan tersebut yaitu seperti masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Namun, setelah muncul pemberitahuan tadi cek pulsa bisa kembali normal. 

Walaupun begitu, terkadang juga sudah berulang kali melakukan cek pulsa tetapi tetap tidak berhasil. Terdapat berbagai penyebab yang bisa membuat cek pulsa menjadi tidak berhasil.

Penyebab tersebut salah satunya yaitu seperti salah melakukan kode dial. Setiap provider Telkomsel, Axis, Indosat, XL, dan Smartfren pasti memiliki kode dial yang berbeda. 

Apabila salah dalam memasukkan kode dial bisa menjadi penyebab gagalnya cek pulsa. Selain itu, cek pulsa tidak berhasil bisa terjadi karena sedang ada gangguan dari pusat. Apabila terdapat masalah seperti gangguan dari pusat sudah pasti tidak bisa melakukan cek pulsa.

Cari Tempat yang Memiliki Jaringan Sinyal Bagus

Cara mengatasi HP tidak bisa cek pulsa yang pertama yaitu cari tempat yang memiliki sinyal bagus. Apabila kondisi sinyal sedang buruk, tidak stabil, atau tidak ada maka cek pulsa bisa gagal. Tidak semua tempat bisa mendukung jaringan sinyal yang bagus. 

Oleh karena itu, sebaiknya cari lokasi yang strategis dan memiliki sinyal bagus dari kartu Anda. Anda bisa mencari tempat yang luas dan jauh dari pepohonan supaya sinyal bisa lancar.

Jika sudah mendapatkan sinyal yang cukup bisa langsung mencoba cek pulsa lagi.

Ubah Mode Jaringan Seluler

Apabila belum berhasil cek pulsa, Anda bisa mengubah mode jaringan seluler. Apabila HP dan kartu sudah mendukung jaringan 4G, Anda bisa mengubahnya pada jaringan 3G atau 2G.

Hal ini karena tidak semua tempat sudah mendukung jaringan 4G. Jaringan 4G memang belum merata pada semua daerah. 

Apalagi Anda sedang berada pada pelosok desa tentu akan sulit mendapat jaringan 4G. Walaupun kartu dan HP sudah mendukung jaringan 4G, Anda tetap tidak bisa cek pulsa jika tempat belum mendukung jaringan tersebut.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut ubah jaringan seluler dari 4G menjadi lebih rendah yaitu 3G atau 2G. Kemudian coba kembali untuk cek pulsa pada smartphone.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara mengatasi HP tidak bisa cek pulsa. Anda bisa mengikuti berbagai cara tersebut untuk mengatasi masalah.