Cara Mengatasi Kecanduan Internet dengan Berbagai Tips Termudah

0
214
Cara Mengatasi Kecanduan Internet dengan Beberapa Tips Termudah
Ilustrasi Cara mengatasi kecanduan internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi kecanduan internet seseorang bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan yang baik secara rutin. Internet merupakan hal pokok yang harus selalu ada di kehidupan manusia. Bahkan jika tidak ada, akan merasa pusing. Banyak berbagai alasan mengapa mereka sering menghabiskan waktu untuk bermain di dunia maya.

Misalnya saja kecanduan internet dengan selalu ingin banyak menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangan hati. Bahkan mereka tidak sadar jika terlalu banyak bermain internet justru akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama mata.

Inilah Cara Mengatasi Kecanduan Internet dengan Tepat

Internet dapat memungkinkan seseorang untuk selalu bergantung kepadanya. Sebab dengan adanya internet, maka tugas seseorang dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat.

Hal ini tentu akan membuat seseorang jadi ingin lebih sering menghabiskan waktunya di dunia internet. Tanpa menyadari bahwa akan ada dampak yang buruk.

Bagi anda yang kecanduan internet, sebaiknya harus bisa mengatasinya dengan baik. Jika tidak, maka akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin menurun. Adapun cara yang paling tepat adalah sebagai berikut:

Baca:  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Saat Keadaan Darurat

Mengenali Permasalahannya

Langkah pertama cara mengatasi kecanduan internet, anda harus bisa memikirkan bagaimana kesehatan emosional yang berhubungan dengan internet. Bahkan ,seseorang yang sudah mengalami kecanduan akan lebih sering sakit, gelisah, bahkan stress.

Apabila anda sudah mengalami kecanduan internet, sebaiknya harus mampu untuk mengatasi dengan usaha bersungguh-sungguh supaya tidak kecanduan lagi. Selain itu, juga harus bisa memahami tentang perilaku kecanduan yang berhubungan dengan kondisi emosional.

Mengenali Pemicunya

Selanjutnya cara mengatasi kecanduan internet yang benar adalah dengan mengenali terlebih dahulu pemicunya. Pikirkan apakah anda selalu merasa stress, bosan, atau bahkan kesepian. Jika hal itu menjadi salah satu penyebabnya, maka anda bisa membuat daftar alternatif cara mengatasi perasaan tersebut.

Mengurangi Kebiasaan Berlama-lama di Internet

Bagi anda yang sudah terlalu lama dalam menggunakan internet, mulai sekarang cobalah untuk menguranginya. Hal ini jika dibiasakan secara terus-menerus, maka akan menjadi terbiasa, sehingga kegiatan berinternet anda akan semakin menurun dan menyebabkan dampak baik.

Misalnya saja anda akan menghabiskan waktu 9 jam dalam sehari untuk internet. Anda bisa mengurangi waktu sekitar dua jam saja untuk kegiatan yang lain seperti berkumpul dengan keluarga, rekreasi, atau sekedar ngobrol santai bersama teman. Jika hal ini anda biasakan, maka akan semakin terbiasa.

Baca:  Cara Menampilkan Menu Bar yang Hilang di Word atau di Mozilla Firefox

Mengubah Kebiasaan Online

Cara mengatasi kecanduan internet selanjutnya adalah dengan mengubah pola kebiasaan dalam berinternet. Seperti sudah terbiasa dengan menonton film di YouTube, cobalah untuk mengubah dengan pergi ke bioskop.

Atau dengan menelepon seseorang secara langsung akan lebih baik daripada mengirim pesan lewat email. Hal ini tentu akan mengubah pola pikir anda sedikit demi sedikit dan menjadi kebiasaan.

Mengatur Jadwal Rutinitas

Apabila anda sudah terbiasa untuk memeriksa email pada pagi hari setelah bangun tidur, cobalah mengundurnya dengan memeriksa setelah melakukan aktivitas seperti sarapan.

Tidak ada salahnya juga untuk selalu menikmati waktu sarapan dengan keluarga karena dapat mempererat rasa keharmonisan sebuah hubungan.

Menonaktifkan Notifikasi yang Dianggap Tidak Perlu

Selanjutnya anda harus bisa memastikan beberapa notifikasi di aplikasi yang dianggap tidak penting untuk selalu dimatikan saja. Apabila anda menonaktifkan notifikasi, anda juga tidak akan terganggu dan repot-repot untuk selalu mengeceknya berulang kali. Hal ini juga bisa mengurangi kecanduan internet bagi anda.

Baca:  Cara Mengedit Foto di IG Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi

Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Cara mengatasi kecanduan internet yang lain adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena rasa bahagia di dalam internet hanyalah sementara. Jadi, ada baiknya jika anda menghabiskan waktu misalnya seperti berlibur dan menghirup udara segar di luar sana.

Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut bersama teman-teman atau keluarga tercinta. Dengan begitu, selalu merasa bahagia, bahkan pikiran pun akan semakin fresh. Sehingga membuat kecanduan di internet akan semakin menurun.

Menghapus Akun yang Sudah Tidak Berguna

Mungkin anda masih terdaftar dalam akun website yang mungkin sudah tidak digunakan lagi, sehingga akan selalu mendapatkan notifikasi.

Cara mengatasi kecanduan internet yaitu anda bisa menghapus akun tersebut serta berhenti untuk berlangganan dari daftar email. Dengan begitu, maka anda sudah tidak akan menerima notifikasi lagi sehingga tidak perlu untuk mengeceknya terus.