Pengertian Web 3.0 Sebagai Evolusi Internet Terbaru

191
Pengertian Web 3.0 Sebagai Evolusi Internet Terbaru
Ilustrasi Pengertian Web 3.0. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Pengertian web 3.0 adalah istilah sebagai penanda evolusi internet. Sebelumnya, sudah ada istilah terkenal, seperti web 1.0 dan 2.0.

Versi ketiga web adalah yang paling baru. Ini sudah marak menjadi perbincangan sebagai teknologi masa depan kita.

Adanya web versi ketiga membuat dunia virtual akan lebih nyata. Tidak hanya mencari informasi dengan mengetik, namun dari berbagai bentuk media lainnya.

Evolusi Internet, Ini Dia Pengertian Web 3.0

Teknologi terus berkembang. Keberadaan internet sangatlah mengubah sistem tatanan hidup manusia.

Dahulu mereka yang hanya bisa berkomunikasi secara langsung, saat ini bisa dengan mudah bertukar kabar dari jarak ribuan kilometer jauhnya.

Salah satu komponen yang sangat penting dalam internet adalah web. Arti website adalah sekumpulan halaman dalam satu domain.

Dalam domain tersebut terdapat banyak sekali informasi yang dapat para pengguna internet akses. Melalui web inilah berbagi informasi sangat mudah, terlebih sebelum adanya aplikasi.

Website juga mengalami perkembangan atau evolusi. Sejak dulu, website pertama hadir dengan istilah web 1.0.

Pada generasi pertama ini, pengguna hanya dapat melakukan browsing dan searching. Secara singkatnya, website 1.0 adalah brosur online.

Lalu, selanjutnya muncul website 2.0. Pada saat inilah cikal bakal terbentuknya dunia maya, seperti YouTube, Blog, MySpace dan lainnya.

Perbedaan yang mencolok antara dua generasi web tersebut adalah cara berkomunikasinya. Pengguna website 1.0 tidak dapat berinteraksi yang menjadikannya satu arah, sedangkan di era 2.0 sudah menjadi dua arah.

Evolusi tersebut terus berlanjut hingga saat ini kita berada di era web 3.0. Jika Anda merasa bahwa website 2.0 sudah canggih, maka versi 3.0 akan lebih mengagumkan.

Pengertian web 3.0 adalah sebuah web dan aplikasi yang dapat memproses informasi seperti halnya manusia cerdas. Konsep yang akan diusung oleh web 3.0 adalah intelektualitas buatan.

Jadi, tidak hanya manusia dengan manusia lainnya yang dapat berinteraksi. Namun juga antar aplikasi, sehingga mampu memanjakan penggunanya.

Menggunakan Format Baru

Pada website versi 3.0 ini, terdapat format baru di dalamnya. Nantinya, konten-konten di dalam web tidak hanya menggunakan format bahasa manusia.

Website 3.0 akan menggunakan format yang dapat terbaca oleh mesin. Maksudnya, mesin dapat membantu menentukan konten apa yang kita sukai.

Sebagai contoh, Anda sering menonton video tutorial menjahit di YouTube. Maka, saat Anda membuka YouTube kembali akan muncul rekomendasi video tutorial menjahit.

Hal tersebut karena sistem YouTube membaca kebiasaan yang Anda lakukan di internet.

Selanjutnya, dari segi grafik web 3.0 juga mengalami perubahan. Mereka akan menghadirkan grafik 3D yang sangat nyata.

Tentunya hal tersebut bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan. Mereka akan memasukkan segala aspek kehidupan nyata ke dalam dunia virtual.

Istilah ‘one touch living’ akan sangat cocok untuk pengertian web 3.0 terbaru ini karena kita bisa memenuhi kebutuhan melalui website di dalam gadget.

Aplikasi yang Mengusung Website 3.0

Sudah banyak aplikasi yang sedang membangun internet 3.0 ini. Persyaratan nomor satunya adalah kemampuan untuk mencerna informasi dengan skala besar.

Beberapa perusahaan yang sedang membangun, antara laun Amazon, Apple dan Google. Untuk contoh aplikasinya seperti Siri dan Wolfram Alpha.

Hal tersebut membuktikan bahwa sebenarnya saat ini sudah banyak yang menggunakan website 3.0. Sayangnya memang masih belum maksimal.

Aplikasi-aplikasi tersebut masih harus melakukan peningkatan agar mampu menghasilkan website 3.0 sepenuhnya.

Kemajuan teknologi tidak terelakkan lagi. Kita harus dapat beradaptasi dengan perubahan dunia digital yang cepat. Pengertian Web 3.0 akan terus berkembang hingga menjadi sempurna di masa depan.