Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet Secara Tepat, Intip Tips Berikut!

0
346
Cara MengatasiKeyboard Laptop Macet
Ilustrasi Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi keyboard laptop macet penting untuk anda pahami. Dalam sebuah perangkat komputer atau laptop, keyboard memiliki peranan penting untuk menunjang setiap aktivitas yang berhubungan dengan perangkat ini.

Karena perangkat ini sangat sering digunakan, terkadang terjadi masalah yang tidak diinginkan secara tiba-tiba. Salah satunya adalah keyboard laptop yang mengalami kemacetan. Maksud macet di sini adalah salah satu atau beberapa tombol tuts tidak muncul huruf sesuai yang anda inginkan.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan masalah ini terjadi. Seperti adanya kotoran yang masuk ke dalam celah-celah keyboard, baik debu atau sisa makanan lainnya. Dengan adanya kejadian ini, tentu sangat mengganggu pekerjaan ataupun aktivitas anda.

Inilah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet Secara Mudah

Pernahkah anda mengalami masalah pada keyboard laptop yang macet secara tiba-tiba? Pada kesempatan kali ini, akan kita bahas mengenai cara tepat dalam mengatasi masalah tersebut.

Adanya masalah pada tombol keyboard tentu dapat mengganggu pekerjaan penggunanya. Jika tidak diatasi dengan segera, maka permasalahan pada keyboard pun akan semakin melebar dan justru berpengaruh pada komponen lain.

Baca:  Cara Menyalin Teks di Laptop Paling Simpel Agar Kinerja Makin Efisien

Pada umumnya, keyboard yang macet disebabkan oleh adanya kotoran yang terdapat pada celah-celah keyboard. Bisa juga karena konektor yang longgar serta kerusakan pada driver atau yang lainnya.

Berikut ini beberapa tips mengatasi keyboard laptop yang tiba-tiba macet, antara lain:

Memperbaiki serta Membersihkan Konektor Longgar

Salah satu penyebab terjadinya kemacetan pada keyboard laptop adalah konektor yang longgar. Hal ini bisa terjadi mungkin karena anda tidak sengaja menggeser konektor tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, karena konektor berada pada bagian luar dari perangkat laptop, maka anda harus membongkar konektor dan membersihkannya dengan seksama. Dengan demikian, keyboard laptop dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Membalikkan Keyboard

Masalah keyboard laptop yang macet tiba-tiba, salah satu cara mengatasi yaitu dengan membalikkan keyboard. Hal ini bertujuan agar kotoran yang terdapat pada celah-celah keyboard dapat keluar dengan mudah.

Untuk melakukan cara ini, pastikan laptop dalam keadaan mati. Selanjutnya, balikkan laptopnya sembari anda goyang-goyangkan.

Namun apabila kotoran tidak dapat keluar juga, maka anda dapat ketik tombol keyboard seperti saat mengetik pada umumnya. Dengan cara ini, maka kotoran dapat anda keluarkan dengan mudah.

Baca:  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Saat Keadaan Darurat

Mengupdate Driver pada Keyboard Melalui Device Manager

Adanya kerusakan pada driver keyboard dapat menjadi salah satu penyebab keyboard laptop macet secara tiba-tiba. Kerusakan pada driver keyboard terjadi karena sudah tidak ada sinkron dengan keyboard. Hal ini dapat terjadi karena anda merubah pengaturan tertentu yang berpengaruh terhadap kinerja keyboard laptop anda.

Untuk mengatasi keyboard laptop yang macet karena kerusakan pada driver, langkah penting yang dapat anda lakukan adalah dengan mengupdate driver pada keyboard melalui device manager.

Menggunakan Alat Brush Make Up

Cara ini dapat anda gunakan untuk mengatasi keyboard laptop macet yang disebabkan adanya kotoran pada celah-celah perangkat keras ini.

Anda dapat menggunakan alat brush make up yang tidak terpakai untuk mengeluarkan kotoran di dalam keyboard. Untuk melakukannya, langkah pertama pastikan keyboard dalam keadaan mati.

Selanjutnya balikkan laptop. Gunakan alat brush yang telah anda persiapkan sebelumnya. Sapukan perlahan pada keyboard, terutama pada bagian selah-selahnya. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga kotoran benar-benar keluar dari keyboard.

Baca:  Cara Membuat Barcode Sendiri, Tips yang Mudah Untuk Dipraktekkan

Membuka Keyboard Laptop

Untuk melakukan cara ini, diperlukan adanya keahlian khusus. Pasalnya jika salah dalam membongkarnya, maka dapat memperparah masalah yang terjadi pada keyboard laptop anda.

Untuk membuka keyboard laptop, maka laptop harus dalam keadaan mati. Langkah pertama copot pada bagian baterai, selanjutnya lepaskan baut yang menutup pada bagian RAM komputer.

Hal ini dapat anda lakukan dengan obeng. Selanjutnya, lepaskan baut pada bagian pengunci keyboard menggunakan obeng berbentuk plus.

Setelah dalam keadaan terbuka, putar balik laptop. Lalu lepaskan bagian klip pengunci keyboard yang terletak pada bagian atas keyboard.

Jika anda masih merasa kesulitan untuk membukanya, maka anda dapat memanfaatkan pinset. Jika klip sudah terlepas, maka keyboard dapat anda angkat dengan mudah.

Penting untuk anda perhatikan, saat menjalankan cara ini untuk mengatasi keyboard laptop yang macet, maka anda perlu berhati-hati. Berikutnya anda dapat membersihkannya dengan mudah. Sehingga keyboard laptop pun dapat berfungsi kembali.