Kepanjangan WWW Dalam Internet Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

0
137
Kepanjangan WWW Dalam Internet Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya
Ilustrasi: Kepanjangan www dalam internet. Foto. cqoogle.com

Texno.ID – Kepanjangan www dalam internet yaitu World Wide Web, yang sering anda gunakan untuk menuliskan suatu alamat website. Ini merupakan sekumpulan situs web yang saling terhubung ke komputer dengan melalui internet.

Dengan cara menggunakan situs web tersebut, maka pengguna dapat mengakses segala informasi. Baik melalui perangkat laptop, komputer maupun smartphone.

Kepanjangan WWW dalam Internet yang Harus Anda Ketahui

Internet adalah sebuah teknologi yang mampu memberikan perubahan cukup besar dalam kehidupan seseorang. Bahkan sangat berguna untuk keperluan apa saja. Entah itu soal pendidikan, untuk usaha, sekedar mencari hiburan, belanja dan lain sebagainya.

Dari balik kecanggihan teknologi saat ini, tentunya bukanlah suatu hal yang sangat instan. Pasalnya, teknologi tersebut tercipta secara bertahap dan akan mengalami perkembangan. Salah satunya adalah World Wide Web atau www adalah penemuan penting.

Penemu WWW

Tim Berners Lee merupakan seorang ahli komputer yang telah menemukan istilah dari kepanjangan www dalam internet. Ia adalah berkebangsaan Inggris yang bekerja pada Lembaga Riset Nuklir Eropa (CERN) tahun 1990.

WWW juga memiliki keunggulan, yaitu mampu untuk saling bertautan atau hyperlink. Dengan melalui dokumen pada internet dalam berbagai macam formal seperti gambar, teks, format pul dan multimedia.

Sehingga pengguna bisa menggunakan sebuah browser dan berpindah dari satu jenis dokumen ke dokumen lain. Hanya dengan memilih atau mengklik link yang tersedia.

Cara Kerja

Kepanjangan www dalam internet selain hanya pengertiannya memiliki cara kerja yang sistematis dan memudahkan untuk memperoleh segala informasi. Dalam hal ini, ada banyak komponen yang harus ada guna membangun suatu sistem kerja web bisa berjalan dengan sempurna. Mulai dari unsur HTTP, HTML, sampai web browser.

Perbedaan Internet dan WWW

Setelah mengetahui dari kepanjangan www dan pengertiannya, kini anda harus bisa memahami apa perbedaan dari internet dan www. Pasalnya website dan internet sebagian orang sering mengatakan bahwa mereka sama.

Padahal keduanya itu sangat berbeda. Internet merupakan jaringan komputer yang bisa mengirimkan email ke pengguna yang lain dan untuk saling berkomunikasi. Sedangkan www adalah sebuah situs web yang menyediakan segala server informasi.

Misalnya saat anda sedang membuka browser dan perangkat yang anda gunakan sudah terhubung dengan internet. Kemudian anda akan membuka google.com agar mendapat informasi. Maka, situs google.com itu yang bernama website.

Memiliki Fungsi

Setelah anda tahu kepanjangan www dalam internet, kini harus tahu fungsinya, yaitu sebagai penyedia informasi dan data yang anda perlukan untuk menggunakan internet. Pasalnya, www bisa langsung menghubungkan anda ke berbagai jenis web server. Sehingga anda dapat mengakses sebuah dokumen, data dan informasi lainnya yang ada pada situs.

Misalnya, ketika anda sedang mengakses sebuah situs. Secara tidak langsung anda sedang menggunakan www supaya bisa menghubungkan anda sendiri ke situs tersebut. Sehingga anda bisa mengakses segala informasi seperti data, tulisan, dokumen yang anda baca.

Begitulah contoh fungsi dari sebuah www untuk internet. Secara umum terdapat empat fungsi layanan dari www yaitu search engine, mail service, portal dan web hosting. Dari keempat hal tersebut sangatlah penting dalam dunia internet.

Situs Website

Setelah mengetahui kepanjangan www dalam internet serta fungsinya anda juga harus mengetahui bagaimana cara kerja sebuah situs web tersebut supaya bisa anda gunakan. Dalam hal ini, situs web berguna sebagai sesuai pada format klien-server.

Pasalnya server tersebut menyimpan dan juga mentransfer halaman web dan informasi ke perangkat pengguna di jaringan. Server web merupakan sebuah program perangkat lunak yang bisa melayani permintaan dari akses situs web oleh para pengguna web dengan menggunakan browser.

Komputer para pengguna yang sering meminta dokumen dari server bernama klien. Sebuah browser yang anda instal pada komputer, bisa memungkinkan untuk melihat konten atau dokumen yang anda ambil.

Semua situs yang tersimpan dalam server web, maka akan menempati ruang pada server dan tetap tersimpan di dalamnya. Server akan menghosting sebuah situs web setiap kali anda akan meminta halaman web-nya. Namun, anda harus membayar harga hosting tersebut guna penyediaan akses.

Kepanjangan www dalam internet ketika anda sedang membuka browser lalu mengetik URL pada mesin pencarian, maka World Wide Web tersebut akan mulai bekerja.