Cara Mengatasi Laptop Layar Biru dengan Mudah, Simak Penjelasannya!

0
58
Cara Mengatasi Laptop Layar Biru dengan Mudah, Simak Penjelasannya!
Ilustrasi: Cara mengatasi laptop layar biru. Foto. reddit.com

Texno.ID – Cara mengatasi laptop layar biru perlu anda ketahui supaya saat terjadi, maka bisa mengatasinya sendiri. Maka dari itu ini adalah hal yang sangat penting untuk anda pahami.

Blue screen atau layar biru memang terkadang membuat kita merasa jengkel. Karena hal ini bisa mengganggu segala aktivitas kita di dunia komputer maupun laptop.

Jika anda mengalaminya, sebaiknya tidak perlu khawatir dan bingung. Karena ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Layar Biru dengan Beberapa Langkah

Laptop adalah sebuah perangkat yang kini menjadi bagian dalam keseharian oleh banyak orang. Karena sifatnya yang praktis dan fleksibel daripada komputer yang lebih berat.

Meskipun begitu, kita sering kali tertimpa masalah berupa layar biru (blue screen). Kondisi seperti ini pastinya akan membuat kita semakin marah dan jengkel.

Blue screen adalah kondisi sistem laptop mengalami crash dan tidak bisa beroperasi. Biasanya akan muncul pada tampilan layar dengan warna biru dan beberapa tulisan seperti error.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali cara yang bisa anda lakukan dengan mudah. Supaya lebih jelasnya mari simak uraian berikut ini dengan seksama.

Melakukan Restart

Cara mengatasi laptop layar biru dengan tips yang pertama adalah dengan me-reboot laptop, dan ini sangat lah mudah. Saat mengalami blue screen biasanya hanya ada error kecil saja.

Sehingga dengan cara restart laptop kemungkinan bisa mengembalikan seperti semula. Tapi jika belum berhasil, anda bisa melakukan langkah yang lain.

Repair Sistem Operasi

Layar biru sering terjadi karena terdapat crash pada perangkat tersebut. Sehingga tidak dapat melakukan booting yang sempurna agar bisa masuk ke homescreen.

Maka anda dapat memanfaatkan CD Windows guna merepair OS tersebut. Cara melakukannya sangat mudah, hanya dengan memasukan CD Windows lalu melakukan Repair.

Update atau Instal Driver

Cara mengatasi laptop layar biru selanjutnya yaitu dengan mengupdate yang baru atau menginstal ulang driver. Pasalnya laptop akan membutuhkan beberapa driver pendukung lain.

Akan tetapi setiap perangkat juga membutuhkan driver yang berbeda-beda. Justru dengan pemasangan driver yang tidak cocok akan membuat error pada sistemnya.

Sehingga beberapa driver harus anda update ke versi baru agar mampu memaksimalkan kinerjanya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memeriksa melalui Start lalu ketikkan kata Device Manager dan Update.

Menggunakan Scan Malware

Cara mengatasi laptop layar biru berikutnya yaitu dengan menggunakan scan malware, ini merupakan langkah apabila tips yang lain belum berhasil. Pasalnya malware bisa menjadi penyebab utama sehingga Windows akan mengalami tidak stabil dari sistemnya.

Sehingga malware tersebut dapat merusak bagian dalam Windows. Nah untuk mengatasinya anda bisa melakukannya dengan scan antivirus pada malware tersebut.

Memeriksa Hardware

Apabila langkah-langkah sebelumnya juga belum teratasi mungkin penyebabnya bisa pada hardware. Sehingga anda harus memeriksa hardware tersebut.

Bisa saja terdapat beberapa komponen hardware atau perangkat keras yang rusak dan harus diganti. Misalnya seperti chipset, harddisk, RAM dan komponen pendukung lain.

Instal Ulang

Apabila dari beberapa tips-tips sebelumnya tidak ada hasilnya, anda bisa melakukan instal ulang. Biasanya cara yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi layar biru.

Akan tetapi jika anda tidak bisa melakukan sendiri, maka bisa langsung membawa ke tempat service terdekat dari rumah. Mintalah jasa tukang dalam cara mengatasi laptop layar biru tersebut.