Cara Mengatasi Limit Google Drive Dengan Memakai Akun Google

0
222
Cara Mengatasi Limit Google Drive Dengan Memakai Akun Google
Ilustrasi cara mengatasi limit Google Drive. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi limit Google Drive, anda bisa melakukannya dengan mudah. Google Drive dengan penyimpanan yang berbasis cloud menjadi salah satu solusi jika anda yang mempunyai banyak file, tetapi tidak muat lagi pada penyimpanan hardisk.

Google Drive juga menjadi penyimpanan file yang favorit, sebab tidak adanya batasan kecepatan yang dapat membuat koneksi unduh menjadi lemot.

Tetapi, bila file yang tersimpan telah anda unduh atau terlihat oleh banyak orang, Google Drive akan memberi pemberitahuan untuk mencoba lagi pada lain waktu.

Hal ini akibat Google Drive menetapkan limit seberapa sering file anda unduh. Lalu limit ini juga akan direset setiap 24 jam.

Namun terdapat masalah yang nantinya akan membuat anda repot. Apabila anda telah menunggu selama 24 jam serta pesan masih ada, sudah saatnya anda mencoba cara untuk mengatasi limit pada Google Drive.

Inilah Cara Mengatasi Limit Google drive

Mengakses Halaman Preview File

Pertama solusi limit Google Drive, anda pastikan sudah terhubung dengan akun Google yang anda miliki. Barulah dapat mengakses halaman file yang sudah tersimpan pada Google Drive.

Jika sebelumnya anda telah mencoba mengunduh sebuah file, anda dapat menemukan file tersebut terdapat pada halaman utama Google Drive. Anda bisa mengetikkan “http://drive.google.com” pada kolom pencarian browser yang akan anda gunakan, lalu anda bisa tekan Enter.

Baca:  Mesin Pencari Internet yang Paling Populer dan Banyak Digunakan

Langkah selanjutnya cara mengatasi limit Google Drive, carilah file yang akan anda unduh, klik kanan pada file tersebut, serta pilihlah opsi Get shareable link.

Apabila muncul pesan yang bertuliskan Link copied to clipboard, anda dapat membuka tab baru dan tekan CTRL + V pada kolom pencarian serta tekan Enter.

Akan tetapi, bila anda ingin mengunduh file dari sebuah situs download, anda hanya perlu klik link tersebut dan juga biasanya anda akan langsung terhubung dengan halaman preview.

Tetapi, ada pula beberapa situs untuk mengunduh yang telah menyediakan link Google Drive menuju halaman download, bukan halaman preview. Untuk anda mengetahui halaman mana yang akan anda buka, bisa melihat URL yang terpampang pada kolom pencarian.

Apabila terdapat tulisan UC, tandanya anda sedang berada pada halaman download. Untuk langkah berikutnya yaitu dengan mengubah tulisan UC menjadi open. Lalu hapus untuk tulisan &export= download.

Kemudian anda menekan enter. Sehingga anda bisa terhubung dengan halaman preview. Nantinya anda tinggal melanjutkan langkah-langkah selanjutnya.

Membuat Shortcut

Dengan anda membuat shortcut, yakni tahapan cara mengatasi limit Google Drive. Adapun salah satu ciri yang juga menunjukkan bahwa anda sedang berada pada halaman preview adalah keberadaan simbol yang memiliki bentuk mirip segitiga pojok kanan atas.

Baca:  Balon Internet Google Loon dengan Berbagai Uji Coba di Indonesia

Simbol tersebut dulunya memiliki nama Add to My Drive. Fitur tersebut memungkinkan file anda akan tersimpan ke halaman utama Google Drive anda. Anda bisa mengeceknya di halaman recent.

Add to My Drive kininya sudah tidak lagi ada. Google menggantinya dengan shortcut. Pembaruan dari Google tersebut dapat memungkinkan adanya satu file yang tetap berada pada cloud storage yang sama.

Sehingga tombol shortcut bisa anda pilih. Sebenarnya, anda ke lokasi file yang sebenarnya, bukan lagi pada drive anda. Akan tetapi, anda tetap bisa menyalin file tersebut dengan mengikuti tahapan selanjutnya.

Membuat File Duplikat

Tidak adanya tombol add to my drive tak menghilangkan fitur yang untuk copy data. Jadi, anda masih dapat membuat salinan atau copy file untuk data tersebut. Saat anda sudah dapat membuat shortcut, anda mampu melakukan salinan dari data atau file tersebut.

Untuk melanjutkan cara mengatasi limit Google Drive, dengan cara klik kanan dan pilih Make a copy atau anda juga bisa dalam bahasa Indonesia artinya membuat salinan.

Baca:  Game Google Doodle Populer Menjadi Penawar Gabut Saat di Rumah Aja

Memiliki dua catatan saat anda membuat salinan dari file tersebut. Pertama, harus anda pastikan kapasitas Google Drive anda masih tersedia.

Hapus data yang sudah tidak anda gunakan, bisa juga anda cek Trash. Sebab, pada umumnya data yang terhapus terlebih dahulu akan tersimpan ke sampah.

Kedua, pastikan juga file yang ingin anda duplikat mempunyai izin untuk anda duplikasi. Ada juga file yang tidak dapat memiliki opsi Make a copy. Hal ini bisa terjadi, sebab si pemilik file aslinya membatasi izin file tersebut.

Mengunduh File

Jika file duplikat telah selesai anda buat, anda sudah dapat mengunduh file tanpa adanya masalah. Nama filenya memang berbeda dengan file yang asli (ada tambahan Copy of pada depannya), namun isinya tetap file yang sama.

Klik kanan pada file tersebut serta pilihlah menu Download. Bila file memiliki ukuran yang melebihi 100 MB, maka akan muncul window yang bertuliskan Can’t scan file for viruses. Untuk mengatasinya, anda bisa klik tombol Download Anyway, proses download pun akan berjalan.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang telah terjabarkan untuk anda dapat melakukan cara mengatasi limit Google Drive