Cara Mengatur Dual SIM Internet di HP Android yang Tepat

96
Cara Mengatur Dual SIM Internet
Cara Mengatur Dual SIM Internet. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Cara mengatur dual SIM internet wajib pengguna pahami. Jangan sampai tidak tahu cara untuk mengatur penggunaan dual SIM. Sebab, ini berhubungan dengan kinerja HP.

Ponsel pintar atau smartphone saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Hampir semua kegiatan sehari-hari memanfaatkan HP.

Akan tetapi, seringkali pengguna kalah pintar dengan HP. Alhasil, perangkat yang harusnya mempermudah justru memperumit kegiatan.

Cara Mengatur Dual SIM Internet yang Tepat

Salah satu kelebihan dari HP Android saat ini adalah memiliki fitur dual SIM. Artinya, terdapat dua slot kartu SIM di HP.

Anda bisa menggunakan kedua slot tersebut dengan mudah. Jadi, Anda bisa menggunakan dua kartu tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Ini sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki banyak keperluan. Misalnya, satu nomor pribadi dan satu lagi nomor pekerjaan atau bisnis.

Tentu saja keduanya juga bisa Anda jadikan sumber internet pada HP. Jika SIM 1 habis maka SIM 2 bisa menggantikannya, begitu juga sebaliknya.

Sayangnya, sepertinya memang masih banyak orang yang masih kurang memahaminya. Untuk mengatur internet, Anda tidak perlu memindahkan posisi kartu karena sangat ribet.

Anda bisa mengubah di bagian pengaturan. Yuk simak dengan baik caranya di sini!

Mengatur Internet di Dual SIM

Tanpa harus repot menukar tempat SIM, Anda bisa mengubah pengaturan internet hanya dengan melalui menu Pengaturan saja.

Di dalam HP, ada menu Pengaturan yang menjadi pusat pengaturan semua aplikasi dan fitur di dalam HP. Anda bisa membuka bagian Pengaturan atau Setelan tersebut.

Setelah berhasil terbuka, maka selanjutnya Anda mulai mencari menu “Kartu SIM & Jaringan Seluler”. Sebagian besar HP Android memiliki menu yang sama, jadi tidak perlu khawatir salah.

Gulirkan layar ke bawah dan klik menu “Internet”. Untuk cara mengatur dual SIM internet, Anda bisa menyentuh opsi tersebut.

Selanjutnya akan muncul 2 kartu SIM yang Anda gunakan. Kemudian, pilih salah satu kartu yang Anda inginkan dan smartphone akan menggunakannya sebagai internet.

Cara tersebut sangat efektif untuk Anda gunakan. Ini merupakan cara yang praktis, simpel, dan pastinya cepat.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mengganti internet ke SIM lainnya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan memiliki internet.

Misalnya Anda ingin mengganti internet dari SIM 1 ke SIM 2, maka pastikan bahwa SIM 2 tersebut memiliki paket internet. Ini juga berlaku sebaliknya.

Kedua, pastikan bahwa kartu SIM sudah terpasang dengan benar di slot. Periksa terlebih dahulu apakah kedua kartu SIM sudah terpasang dengan benar atau tidak.

Apabila kedua hal tersebut gagal, maka kartu SIM tidak akan berjalan. Jadi, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik kedua hal itu.

Dengan cara mengatur dual SIM internet, Anda bisa mengubah pengaturannya kapan saja dengan mudah tanpa ribet.