Cara Menyalin Teks di Laptop Paling Simpel Agar Kinerja Makin Efisien

0
327
Cara Menyalin Teks di Laptop Paling Simpel Agar Kinerja Makin Efisien
Cara Menyalin Teks di Laptop. Foto: Ist/Net

Texno.ID –Cara menyalin teks di laptop atau aktivitas Copy Paste menjadi sebuah hal yang saling berkaitan. Apalagi ketika sedang menggunakan laptop, kegiatan Copy Paste bisa membantu meningkatkan kinerja agar lebih efisien.

Sebenarnya apa itu Copy Paste? Ini merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menggandakan file. Meski dalam laptop ada tiga perintah serupa seperti cut atau potong, copy atau menyalin dan paste atau menempel.

Dalam menyalin atau mengCopy teks atau tulisan dengan laptop ini mempunyai berbagai macam cara. Proses yang dilakukan juga cukup cepat, tidak sampai lima menit, anda sudah bisa menyalin teks tersebut.

4 Cara Menyalin Teks di Laptop dengan Mudah

Meskipun Copy Paste atau menyalin teks tersebut memiliki proses yang sangat mudah. Akan tetapi untuk pengguna yang masih baru menggunakan laptop pasti ini sangat penting untuk diketahui. Sebab, menyalin dan menempel teks akan sangat membantu aktivitas yang berhubungan dengan dokumen.

Ketika anda ingin menyalin teks dengan PC atau laptop, maka anda bisa menggunakan 3 cara yang cukup mudah ini. Anda bisa menggunakan cara Copy Paste dengan mouse, Menggunakan keyboard serta kombinasi mouse dan drag and drop.

Baca:  Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet Secara Tepat, Intip Tips Berikut!

Menyalin Teks dengan Mouse

Tahukan anda bahwa anda bisa Copy Paste lebih dari satu teks? Pertama anda bisa melakukannya dengan menggunakan mouse. Caranya cukup mudah. Anda tinggal memilih file atau dokumen dan gambar apapun yang akan di copy.

Selanjutnya anda klik kanan atau bisa juga memakai jari tengah. Kemudian anda bisa mencari folder untuk menyimpan file baru yang ingin anda salin. Anda bisa klik kanan lalu klik paste.

Hal ini juga berlaku ketika anda ingin copy teks yang berada dalam dokumen seperti Ms Word. Anda tak perlu bingung karena cara menyalin teks di laptop cukup mudah. Anda tinggal pilih teks yang nanti akan dicopy dengan cara klik dan tahan mouse.

Jika teks sudah terpilih, anda bisa klik kanan lalu pilih Copy . Kemudian anda bisa melanjutkan dengan memilih lokasi dan klik kanan lalu pilih Paste.

Copy Paste dengan Paduan Mouse dan Keyboard

Cara kedua untuk menyalin teks yang ada di laptop selain memakai mouse bisa menggunakan paduan antara mouse dan keyboard.

Baca:  Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet Secara Tepat, Intip Tips Berikut!

Caranya sangat sederhana.

  • Pertama, pilih file yang akan anda copy dengan mouse
  • Sementara itu, pada bagian keyboard anda bisa menekan tombol Ctrl+C.
  • Selanjutnya anda bisa mencari folder yang nantinya menjadi tempat menyimpan file baru yang telah anda Copy.
  • Tekan tombol paste atau Ctrl +V.

Cara menyalin teks di laptop menggunakan metode ini dinilai efektif untuk menyalin file atau dokumen yang banyak.

Drag and Drop

Berikutnya, anda bisa menggunakan metode drag and drop untuk menyalin teks tersebut. Prosesnya juga terbilang mudah seperti dua cara sebelumnya. Anda tinggal memilih file mana yang nantinya akan anda salin atau Copy paste.

Berikutnya anda bisa klik mouse sesuai dengan thumbnail file anda. Klik tahan tarik mouse dan jangan anda lepaskan untuk memblok teks dan mengcopynya.

Jika anda sudah menyesuaikan lokasi baru dimana file tersebut akan anda simpan. Maka anda bisa melepaskan jari anda dari mouse kemudian proses copy paste sudah selesai.

Baca:  Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet Secara Tepat, Intip Tips Berikut!

Upgrade ke Windows 8 atau Windows 10

Salah satu cara menyalin teks di laptop yang bisa anda ikuti adalah dengan bantuan aplikasi tambahan. Ini bisa mempercepat proses Copy Paste.

Salah satunya adalah dengan mengupgrade OS yang mereka miliki ke Windows 8 dan 10. Di dalamnya telah ditambahkan kotak dialog copy file yang kualitasnya lebih baik bila dibandingkan dengan Windows 7. Namanya adalah file Explorer.

Bukan cuma memiliki proses yang lebih cepat. Akan tetapi, anda juga bisa menggabungkan berbagai macam operasi Copy file secara bersamaan pada sebuah kotak dialog.

Selain itu, ini juga memungkinkan pengguna untuk bisa mem-pause operasi copy file tanpa harus menghentikan semua prosesnya.

Salah satu kelebihan menggunakan windows 8 atau 10. ANda bisa menerapkan cara menyalin teks di laptop dengan cepat. Windows ini tak perlu menunggu anda saat terjadi error copy. Program ini tetap bisa melanjutkan copy file lain yang tak bermasalah.