Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Menggunakan Aplikasi

0
291
Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Menggunakan Aplikasi
Ilustrasi cara mengembalikan video yang terhapus Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengembalikan video yang terhapus bisa anda lakukan dengan mudah. Biasanya sebuah video untuk menyimpan cerita atau pengalaman yang lucu di dalamnya.

Tanpa sadar, keseruan tersebut seketika bisa lenyap saat video anda hapus. Dengan sengaja atau tidak, video yang terhapus akan membuat anda merasa kesal. Terlebih video tersebut favorit anda.

Jangan khawatir, karena ternyata terdapat dua metode atau cara untuk memulihkan video yang terhapus, yakni dengan menggunakan aplikasi Android atau software PC.

Tutorial Cara Mengembalikan Video yang Terhapus

Pada cara pertama ini, terdapat dua rekomendasi aplikasi Android yang bisa anda gunakan untuk memulihkan video yang hilang karena terhapus. Berikut ini aplikasinya:

Memakai DigDeep Image Recovery

Aplikasi DigDeep merupakan salah satu alat yang bisa anda andalkan untuk cara memulihkan video yang terhapus ataupun segala macam jenis file. Secara disengaja ataupun tidak sengaja yang hilang dari Android anda.

Untuk cara penggunaannya sendiri pun terbilang sangat mudah. Anda cukup untuk membuka aplikasi, lalu lakukan proses pemindai data yang terhapus. Kemudian anda juga bisa langsung untuk memeriksa video mana yang akan anda kembalikan saat itu juga.

Baca:  Cara Edit Video di TikTok Bagi Pemula Secara Baik dan Benar

Menggunakan GT Recovery

Selain DigDeep, terdapat juga aplikasi yang bisa mengembalikan video yang terhapus, yakni dengan memakai aplikasi GT Recovery. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik pada Android untuk mengembalikan file yang hilang.

Walaupun saat dulu harus membutuhkan pengaksesan root untuk dapat memakai aplikasi ini, namun sekarang anda bisa menggunakannya tanpa root

Untuk cara penggunaan terbilang cukup mudah juga, dengan adanya pemindai otomatis data yang awalnya terhapus. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mengembalikan data yang penting lain.

Misalnya seperti SMS, kontak, sampai dengan password wifi. Selain dari dua aplikasi di atas, masih ada cara mengembalikan video yang terhapus dengan mudah juga.

Menggunakan Software PC

Tidak hanya memakai aplikasi Android, anda juga bisa mengandalkan aplikasi maupun software yang berada pada PC atau laptop.

Anda bisa memakai berbagai macam software PC yang dapat dengan mudah anda lakukan untuk membantu mengembalikan video yang hilang.

Baca:  Gangguan Jaringan Internet yang Disebabkan oleh Beberapa Faktor

Recuva

Cara mengembalikan video yang terhapus pertama yaitu dengan memakai software atau aplikasi bernama Recuva. Maka dari itu, anda pastikan terlebih dahulu PC atau laptop anda yang mempunyai aplikasi tersebut. Apabila belum, anda bisa langsung mendownloadnya.

Pertama, jalankan aplikasi ini, selanjutnya sambungkan perangkat ponsel anda dengan komputer menggunakan USB. Pilihlah video yang akan anda kembalikan.

Berikutnya anda bisa memilih lokasi terakhir file sebelum hilang ataupun terhapus. Setelah itu, anda bisa mengklik OK untuk memulai proses pencarian. Aplikasi Recuva ini akan secara otomatis memunculkan semua video yang pernah terhapus di folder tersebut.

Wondershare MobileTrans

Selain aplikasi Recuva, anda juga bisa menggunakan aplikasi Wondershare MobileTrans untuk cara mengembalikan video yang terhapus berikutnya. Jika anda sudah menginstal aplikasi tersebut pada PC anda, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Untuk langkah pertama, sambungkan terlebih dahulu perangkat Android anda pada komputer dengan memakai kabel USB.
  2. Apabila sudah memilih, aplikasi ini akan secara otomatis melakukan scanning serta memunculkan kembali file-file yang hilang.
  3. Anda bisa mengetuk Recover jika sudah menentukan video mana saja yang akan anda kembalikan.
Baca:  Cara Mengedit Foto di IG Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi

Pengguna iOS

Apabila anda pengguna sistem operasi iOS serta tidak sengaja menghapus file seperti foto dan juga video, tidak perlu cemas. Pasalnya, anda bisa memeriksa kembali folder terakhir yang telah terhapus pada perangkat smartphone yang anda gunakan.

Untuk cara penggunaannya, anda bisa membuka foto pada ponsel. Kemudian folder album. Setelah itu, baru akan menemukan folder terakhir terhapus. Bila sudah menemukan foto maupun video yang hilang, anda bisa memindahkannya kembali ke album semua foto.

Nah, itulah tadi metode-metode atau cara mengembalikan video yang terhapus maupun hilang pada perangkat Android anda. Sehingga kini anda tidak perlu khawatir bahkan gelisah saat kehilangan video penting yang berkesan. Pasalnya, cara mengembalikannya anda bisa sangat dengan mudah untuk mempraktekkannya.