Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Android Anda

0
97
Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google
Ilustrasi Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghapus riwayat pencarian Google memang perlu anda ketahui sebagai pengguna android. Perusahaan mesin pencari Google memang terus berevolusi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Setiap anda mengunjungi situs web atau beraktivitas dengan menggunakan smartphone terdapat jejak yang tertinggal. Jejak yang tertinggal tersebut disebut history atau riwayat pencarian.

Riwayat pencarian merupakan salah satu privasi yang patut anda perhatikan. Misalnya saat smartphone anda sedang dipinjam oleh orang lain, hal ini justru membuat anda merasa tidak nyaman. Jika kunci (keyword) yang anda cari sifatnya pribadi atau sensitif sebaiknya anda menghapus jejak pencariannya.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google yang Bisa Anda Lakukan

Dengan anda hapus riwayat peramban google, maka mempunyai kendali terhadap informasi digital. Hal ini bisa melindungi segala privasi pengiklan atau perusahaan lain yang melacak serta menyimpan atas data anda. Inipun berlaku pada anda yang sudah berlangganan Google Incognito. Keamanan privasi anda belum tentu terjaga sepenuhnya. Menghapus riwayat pencarian Google sesering mungkin akan meminimalkan resiko terjaga dari penyalahgunaan data.

Sebenarnya riwayat pencarian ini bermanfaat untuk memudahkan anda ketika ingin mencari sesuatu. Anda tidak perlu mengetik teks secara panjang lagi, karena cukup mengetik beberapa huruf saja, riwayat akan muncul dengan sendirinya. Tapi karena hal ini juga memberi dampak pada privacy anda, tentu harus dilakukan penghapusan secara berkala.

Menghapus Semua aktivitas

Cara menghapus riwayat pencarian Google dapat anda lakukan dengan cara menghapus semua aktivitas. Cara ini dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Pada ponsel buka aplikasi setelan perangkat lalu masuk pada akun Google
  2. Kemudian pada bagian atas ketuk Data dan Personalisasi
  3. Pada sebelah kanan kotak penelusuran , ketuk “Lainnya” lalu pilih “Hapus Aktivitas Menurut”
  4. Lalu, pada bagian bawah “Hapus Menurut Tanggal”. Ketuk panah menunjuk arah bawah lalu pilih “Semua”, dan terakhir pilih “Hapus”

Nah, itulah langkah-langkah menghapus semua aktivitas. Tata cara ini supaya aktivitas pencarian anda sangat terjaga.

Menghapus Aktivitas secara Otomatis

Untuk memudahkan cara menghapus riwayat pencarian Google anda bisa melakukannya secara otomatis. Dengan cara ini anda tidak akan terlupa serta tidak merasa was-was jika android anda dipegang oleh orang lain. Cara menghapus aktivitas secara otomatis dapat anda lakukan dengan cara :

  1. Pada ponsel anda buka setelan perangkat, kemudian masuk ke akun Google anda
  2. Pada bagian atas klik bagian “Data dan Personalisasi”
  3. Setelah itu pada “Kontrol aktivitas” , klik bagian “Aktivitas Web & Aplikasi” lalu, pilih “kelola aktivitas”
  4. Pada bagian kanan atas ketuk “lainnya”, kemudian pilih ” Simpan aktivitas selamanya”
  5. Ketuk opsi untuk durasi yang anda inginkan untuk menyimpan aktivitas anda. Kemudian ketuk “Berikutnya” lalu tekan “Konfirmasi” untuk menyimpan pilihan anda.

Menghapus Aktivitas di Tempat Lain

Selain cara menghapus riwayat pencarian Google secara otomatis anda juga bisa menghapus aktivitas pada aplikasi yang terintegrasi pada Google. Misalnya anda ingin mengaktifkan histori lokasi, aktivitas tersebut otomatis terhubung aplikasi Gmaps anda. Anda dapat menghapus sebagian besar aktivitas yang anda simpan pada tempat tersebut. Berikut cara menghapus aktivitas pada tempat lain :

  1. Pada android, anda pilih setelan perangkat pada akun Google
  2. Lalu pada bagian atas klik bagian “Data dan personalisasi”
  3. Pilih “Aktivitas dan linimasa”, kemudian ketuk “Aktivitas Saya”
  4. Sebelah kanan kotak penelusuran ,kemudian ketuk “Lainnya”
  5. Selanjutnya pilih “Aktivitas Google lainnya”, dan proses selesai.

Hindari Menyimpan Aktivitas Pencarian

Hal yang harus anda lakukan selanjutnya, berhenti menyimpan aktivitas. Hal ini akan menjadikan riwayat pencarian tersimpan secara otomatis. Sehingga perlu menghapus untuk menghilangkan jejak story. Anda bisa mengontrol beberapa informasi yang akan muncul di Aktivitas Saya dengan cara berikut :

  1. Buka setelah atau pengaturan pada perangkat anda dan pilihlah menu Google untuk login
  2. Kemudian klik Data & personalisasi, setelah itu akan ada beberapa pilihan lagi dan klik kontrol aktivitas.
  3. Pilih kelola kontrol aktivitas anda, dan nonaktifkan aktivitas yang tidak ingin anda simpan.

Penjelasan diatas merupakan cara menghapus riwayat pencarian Google yang bisa anda pilih. Dengan melakukan penghapusan history kini anda tidak perlu khawatir tentang keamanan privacy anda.