Cara Menghemat Kuota Zoom untuk Belajar Daring Terbaru 2021

379
Cara menghemat kuota Zoom untuk Belajar Daring Terbaru 2021
Ilustrasi Cara Menghemat Kuota Zoom. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghemat kuota Zoom saat melakukan pembelajaran daring sangatlah mudah. Penggunaan aplikasi Zoom Meeting memang cukup pesat. Karena aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengadakan pertemuan secara online dengan kuota yang cukup banyak.

Penggunaan Zoom menjadi tren selama masa pandemi Covid-19. Namun untuk bisa menjalankan aplikasi Zoom perlu kuota internet.

Bahkan jika penggunaan jangka panjang akan memakan banyak kuota. Dengan begitu, banyak pelajar yang mengeluh karena hal ini. Mereka sering kehabisan kuota untuk belajar dengan sistem daring.

Simak Cara Menghemat Kuota Zoom dengan Mudah

Pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota saat sedang Zoom Meeting. Karena saat ini banyak pengguna yang selalu mengeluh karena kuota Zoom yang dikeluarkan sangat besar. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat.

Mematikan Kamera Jika Belum Dibutuhkan

Cara yang pertama adalah mematikan kamera Zoom agar tidak memakan banyak kuota. Ketika kamu bergabung dalam ruang rapat yang tidak resmi atau non formal bisa mematikannya dengan izin terlebih dahulu. Kamu harus menjadi pelajar yang profesional saat sedang melakukan daring.

Untuk bisa mematikan kamera, kamu cukup menekan opsis Turn Off Camera pada saat bergabung. Jika kamu seorang host, maka juga bisa mematikan kamera milik participant lainnya. Hal ini bisa mengurangi koneksi internet yang terpakai.

Mematikan Kualitas Video HD

Cara menghemat kuota Zoom yang kedua dengan mematikan kualitas video HD. Mungkin sebagian orang masih belum memahami akan hal ini. Padahal hanya perlu beberapa langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  2. Kamu bisa memiliki opsi Video yang terletak pada bagian kiri menu Pengaturan
  3. Pada bagian Myvideo cukup dinonaktifkan dengan cara centang pada opsi Enable HD

Mematikan Audio Saat Tidak Berbicara

Berikutnya kamu bisa mematikan audio untuk menghemat kuota. Walaupun Audio tidak terlalu berpengaruh setidaknya bisa meringankan kekuatan sinyal kamu. Audio juga bisa mengurangi bandwith saat pembelajaran sedang berlangsung.

Cara menghemat kuota Zoom yang satu ini cukup menekan tombol Mute pada sudut kiri bawah layar. Ketika kamu ingin menyampaikan sesuatu, cukup klik hingga tanda silang tidak ada.

Menggunakan Opsi Perekaman Cloud untuk Zoom

Untuk memulai recording saat pembelajaran daring, bisa memanfaatkan opsi perekaman cloud. Mengingat bahwa perekaman secara langsung akan masuk ke layanan video on demand cornell. Sehingga tidak perlu mengunggahnya ke komputer kamu.

Menghindari Membuka Aplikasi Lain

Cara menghemat kuota Zoom yang paling populer dan mudah adalah dengan tidak membuka aplikasi lainnya. Karena setiap aplikasi pasti membutuhkan sambungan internet. Koneksi internet kamu akan terus berjalan.

Ketika membuka aplikasi lain secara otomatis jaringan yang kamu gunakan akan double. Hal ini akan membuat bandwidth semakin besar. Apalagi jika kamu membuka situs streaming musik atau video, pasti akan lebih mengeluarkan banyak kuota.

Selain itu, usahakan untuk tidak bermain game online saat Zoom berlangsung. Dampaknya bisa berakibat pada kuota yang boros. Ponsel juga mudah panas dan lemot.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, pastinya sinyal kamu tidak stabil. Karena penggunaan kuota berbarengan dengan game online, musik, serta zoom. Akhirnya kamu juga tidak akan fokus dengan gagasan pada rapat Zoom.

Nah, pahami cara menghemat kuota Zoom yang sangat mudah dan simpel. Perhatikan setiap langkahnya untuk bisa menghemat kuota internet. Dengan begitu, kamu tidak akan menjadi pengguna Zoom yang boros.