Cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan Smartphone

0
174
Cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan Smartphone
Ilustrasi cara menggunakan Google Meet di laptop. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan Google Meet di laptop dapat membantu anda dalam berkomunikasi dengan orang lain saat masa pandemi ini.

Google Meet merupakan salah satu aplikasi video telekonferensi. Untuk layanan ini, dapat menampung kurang lebih 100 orang dalam satu sesi rapat secara virtual.

Ada hal yang menarik, anda sebagai pengguna dapat memakai layanan Google Meet secara gratis baik melalui aplikasi desktop maupun mobile. Syarat untuk memakai layanan ini pun sangat mudah. Pengguna cukup mempunyai akun dari Google.

Lalu, bagaimana cara menggunakan layanan video telekonferensi dari Google sebagai media rapat dengan kerabat atau karyawan.

Inilah Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

Cara menggunakan Google Meet di laptop dapat anda nikmati layanan Meet tanpa harus memasang aplikasi terlebih dahulu.

Caranya, pengguna hanya cukup dengan mengakses situs meet.google.com dari browser. Kemudian, pengguna akan masuk ke layanan Meet dengan memakai akun Google masing-masing.

Pengguna tidak memerlukan waktu yang lama, kemudian pengguna dapat masuk pada halaman utama layanan Meet untuk versi desktop.

Pada tampilan ini, anda sebagai pengguna dapat mengklik tombol Start a Meeting berguna untuk membuat ruangan virtual yang bagus.

Lalu anda bisa mengizinkan Google Meet untuk mengakses mikrofon dan juga kamera. Setelah itu, anda dapat klik tombol Join Now untuk beralih ke ruangan virtual yang telah anda buat.

Pada tampilan utama ruangan Google Meet, selanjutnya anda dapat mengundang kerabat ataupun rekan kerja melalui akun Google.

Bisa juga mengirim pesan kepada partisipan yang nantinya akan hadir, membagikan layar atau slide presentasi yang telah anda buat, membagikan tautan ruangan rapat, dan lain-lain.

Apabila tidak ingin membuat sebuah ruangan dan anda hanya ingin menjadi peserta, anda sebagai pengguna dapat kembali membuka situs meet.google.com. Lalu memasukkan kode meeting yang sudah dibagikan oleh host pada kolom yang telah tersedia.

Langkah Menggunakan Google Meet Melalui Ponsel

Bagi anda yang memakai smartphone, tidak kalah mudah dengan cara menggunakan Google Meet di laptop. Terlebih dahulu anda mendownload aplikasi Meet yang telah tersedia di Google Play Store.

Setelah anda mengunduhnya serta terinstal, anda dapat membuka aplikasi Meet serta masuk (login) dengan memakai akun Google masing-masing.

Dalam waktu beberapa saat, anda akan masuk pada tampilan utama Google Meet. Anda dapat mengklik New Meeting sebagai pembuat ruangan virtual yang baru.

Pada halaman utama ruangan virtual, anda selanjutnya akan melihat tiga tab, yaitu participant, message, dan juga information.

Pada tab participant, memiliki fungsi untuk melihat daftar peserta rapat. Tab message memiliki fungsi sebagai mengirim pesan teks.

Sedangkan tab information dapat anda ketahui untuk melihat tautan ruangan dan kode meeting yang bisa anda bagikan ke kerabat ataupun calon peserta rapat.

Apabila anda ingin masuk pada ruangan virtual yang telah dibuat, anda hanya cukup dengan memasukkan kode meeting pada tombol Meeting Code. Hal tersebut terdapat pada tampilan awal Meet. Kode meeting sendiri bisa anda dapatkan dari pemilik ruangan atau host.

Fakta Layanan Google Meet

Bukan hanya cara menggunakan Google Meet di laptop saja yang perlu anda ketahui. Akan tetapi, anda perlu juga mengetahui tentang fakta Google Meet.

Supaya anda dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan maksimal, anda perlu simak fakta mengenai Google Meet berikut ini.

Gratis

Mempunyai alasan yang kuat mengapa banyak penggemarnya, salah satunya yakni pada layanan Google Meet dapat diakses secara gratis. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian aplikasi yang mempunyai fitur berkelas.

Sebagai Pengganti Google Hangouts

Google Hangouts merupakan salah satu dari produk Google yang tidak begitu terkenal. Maka untuk mengganti Google Hangouts, Google telah menyiapkan Google Meet yang terdapat seperangkat fitur keren. Misi ini dapat berjalan dengan sukses.

Tampilan Bisa Diotak-atik

Anda dapat mengotak-atik tampilan Google Meet sesuai dengan keinginan. Anda dapat mengubahnya supaya lebih nyaman saat menggunakan.

Google Meet lebih user-friendly sebab bisa anda operasikan dengan mudah tanpa fitur tambahan yang dapat mengganggu. Google memang lebih fokus pada fungsi daripada keindahan tampilannya.

Nah, itu tadi cara menggunakan Google Meet di laptop yang bisa anda terapkan serta menjadi solusi untuk anda.