Cara Menghapus Email di HP dengan Mudah dan Aman

0
189
Cara Menghapus AEmail di HP dengan Mudah dan Aman
Cara Menghapus Email di HP. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghapus email di HP sangatlah mudah. Hanya butuh beberapa langkah saja untuk mengatasinya. Email memang wajib untuk dihapus bila akan menjual atau memberikan ponsel pada orang lain.

Hal ini untuk menjaga privasi dan keamanan pemilik akun. Selain itu, mengganti email kadang perlu jika lupa password akun Google.

Inilah Cara Menghapus Email di HP Tidak Ribet

Email merupakan surat elektronik untuk mengirim surat dengan menggunakan media internet. Untuk dapat memakai email, harus melalui ponsel atau komputer dan akses internet. 

Kita dapat terhubung ke berbagai kegiatan internet dengan melakukan pendaftaran lebih dulu. Kelebihan email lainnya adalah untuk mengirim file, foto, video, dan melakukan chat bersama pengguna lain.

Untuk cara menghapus email di HP tidak sulit, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama masuk ke menu Settings pada ponsel.
  2. Pilih Accounts and Sync.
  3. Jika tampilan telah terbuka, maka pilih Google dan tap akun Google tersebut.
  4. Kemudian pilih remove Account. 
  5. Bila akun sudah terhapus dari smartphone, lakukan factory reset. 
  6. Apabila ingin menghapus email dari folder Gmail, masuk menu tiga baris pada smartphone. Klik Pengaturan, kemudian Pengaturan Umum.
  7. Lalu geserlah pada tombol Ubah dan Hapus.

Namun bila akan menghapus beberapa email sekaligus juga bisa. Karena menghapus email satu per satu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk cara menghapus email HP bersamaan, maka tampilkan semuanya dalam satu folder. Ketuk ikon yang ada di sebelah kiri email Gmail. Bisa juga dengan cara tekan dan tahan pesan untuk memilihnya.

Factory Reset Handphone

Factory reset atau dengan bahasa lain riset data pabrik, merupakan cara untuk mengembalikan Android ke setelan pabrik. Akan tetapi, bila menggunakan metode ini, akan menghapus semua data.

Berbagai aplikasi yang telah terinstall juga akan terhapus. Termasuk diantaranya akun Gmail yang telah terintegrasi pada perangkat. 

Untuk itu, backup file  atau data penting terlebih dahulu sebelum memakai factory reset. Hal ini untuk mempermudah cara menghapus email di HP. Cara melakukan riset data pabrik adalah dengan mengklik tombol Home.

Jika layar utama sudah tampil, maka pilih Menu. Tekan Settings dan pilihlah Privacy. Kemudian akan muncul Factory data riset, jangan lupa klik. Bersabarlah hingga perangkat melakukan proses sampai selesai.

Permasalahan tentang software biasanya dapat menyelesaikannya menggunakan setelan data pabrik ini. Kinerja akan menurun bila ada salah satu fitur yang tidak berfungsi. Misalnya saja bluetooth atau wifi error.

Google juga telah menghadirkan fitur Factory Reset Protection atau FRP. Para pemilik Android tidak perlu khawatir lagi karena bisa mencegah orang lain menggunakan ponselnya bila telah melakukan FRP.

Sebagai contoh bila ada kasus pencurian, maka ponsel tetap tidak akan bisa terpakai. Jadi, harus masuk dengan akun Google dari pemilik asli perangkat. Bila pencuri nekat membobol FRP, maka fitur GPS otomatis aktif.

Namun sayangnya bila ponsel berpindah tangan, perangkat masih terhubung dengan akun Google pemilik sebelumnya. Hal ini meskipun telah melakukan factory reset tanpa menghapus akun Google miliknya.

Sebaiknya sebelum melakukan factory reset, hapus semua akun Google terlebih dahulu. Sehingga pemilik ponsel selanjutnya tidak akan menemui permasalahan FRP. Pada tiap ponsel mempunyai menu factory reset yang berbeda. 

Chrome Android Untuk Menghapus Email

Penghapusan email pada ponsel hampir sama dengan menggunakan PC. Langkah-langkahnya cukup mudah. 

  1. Pertama buka Chrome, lalu kunjungi gmail.com.
  2. Kemudian sign in. Isilah email serta password untuk cara menghapus email di HP.
  3. Tetap gunakan browser bila ada saran membuka melalui Gmail. Lalu tap Next  dan akan ada tampilan inbox.
  4. Pada pojok kiri atas, klik menu garis tiga. Selanjutnya akan muncul label, spam, dan sampah. Terus scroll ke bawah sampai menemukan desktop. Tap pada menu Chrome pojok kanan atas lalu centang situs desktop.
  5. Tekan link standar dan terus scroll ke bawah. Lanjutkan pencarian email yang akan dihapus. Gunakan search operator Gmail, misalnya saja forward email. 
  6. Bila ingin menampilkan lebih banyak email pada inbox, maka tap simbol gir. 
  7. Pilih setelan dan carilah baris ukuran maksimal halaman. Ubahlah menjadi angka sesuai dengan jumlah email.
  8. Bila anda kembali ke inbox, maka akan tampil jumlah email tersebut. Kemudian anda bisa menghapus semuanya sekaligus.

Mudah bukan cara menghapus email di HP?