Samsung Galaxy Tab S8 Plus Bawa Snapdragon 8 Gen 1

248
Samsung Galaxy Tab S8 Plus Bawa Snapdragon 8 Gen 1
Ilustrasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Samsung Galaxy Tab S8 Plus akan segera hadir di Indonesia. Menurut perkiraan, produk ini akan Samsung perkenalkan pada sebuah acara di 8 Februari mendatang.

Deretan tab Samsung sebelumnya, Galaxy S7 dan S7 Plus sudah meraih kesuksesan besar. Seri tab tersebut berhasil merajai pangsa pasar tab di berbagai negara.

Saat ini, Samsung berencana akan meluncurkan penerus Galaxy S7, yaitu GAlaxy S8.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Desas-desus mengenai Samsung yang akan meluncurkan produk baru sudah berhembus dari beberapa waktu ke belakang. Bukan ponsel, melainkan tab terbaru mereka.

Sebelumnya, Samsung berhasil meluncurkan tab Galaxy S7. Tab tersebut mendapat predikat terbaik dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Galaxy S8 Plus akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 untuk dapur pacunya. Chipset ini membuat tablet Samsung S8 akan memiliki performa yang cukup mumpuni.

Tablet ini juga membawa kamera selfie dengan kualitas 12 MP dan RAM yang paling besar 8 GB. Untuk media penyimpanan, terdapat dua pilihan, yaitu 128 GB atau 256 GB.

Hal yang paling mengejutkan dari tablet terbaru Samsung ini adalah baterainya. Bagaimana tidak, Samsung Galaxy Tab S8 Plus akan memiliki kapasitas baterai 10.090 mAh.

Dengan kapasitas baterai tersebut, tentu saja performa Tab S8 akan sangat baik dan tahan lama.

Penggunaan tablet memang saat ini sedang sangat populer karena adanya daring dan WFH. Kebanyakan orang memilih tablet untuk membuat catatan.

Mengerjakan tugas pun lebih mudah melalui tablet karena layarnya yang besar. Tablet Samsung S8 menggunakan layar AMOLED dengan ukuran 12,8 inci.

Teknologi AMOLED tersebut akan membuat pengguna nyaman menatap layar dalam waktu yang lama.

Rilis Bersama Dua Versi Lain

Menurut beberapa kabar, Samsung akan memperkenalkan tablet terbarunya pada sebuah acara yang akan berlangsung pada 8 Februari 2022. Tidak seperti peluncuran sebelumnya, kali ini Samsung merilis sekaligus 3 seri.

Galaxy S8 Plus akan meluncur bersama dengan S8 reguler dan S8 Ultra sebagai versi yang paling premium. Meski begitu, tidak ada perbedaan yang mencolok dari ketiganya.

Hal yang berbeda dari S8 Ultra dengan kedua lainnya adalah layar yang sedikit lebih besar 14,6  inci dan kapasitas baterai mencapai 11 ribu mAh. Kamera S8 Ultra juga sedikit berbeda, yaitu 13 MP.

Selain itu, semua spesifikasi tetaplah sama, bahkan hingga penggerak dapur pacunya yang menggunakan Snapdragon 8.

Dari segi harga, tentu saja Galaxy S8 Ultra akan sedikit lebih mahal, perkiraan harganya adalah 1.100 Dollar AS atau sekitar 15 juta rupiah.

Sedangkan Galaxy S8 Plus akan dibanderol dengan harga 900 US Dollar, sekitar 12,8 Juta rupiah dan S8 reguler 850 US Dollar atau sekitar 12,1 juta rupiah. Untuk tipe flagship, tablet Samsung S8 seri memiliki harga yang sedikit lebih murah dari kelasnya yang lain.

Akan Hadir di Indonesia?

Tablet tipe flagship Samsung Galaxy Tab S8 Plus, bersama dengan kedua versi lainnya sepertinya akan diboyong ke Indonesia untuk waktu dekat.

Pasalnya, saat ini Samsung telah mengantongi sertifikat lolos uji untuk Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kemenperin. Dalam laman TKDN, terlihat PT Samsung mendaftarkan sertifikasi pada 13 Januari 2022.

Terdapat tiga perangkat yang tercantum di sana. Perangkat tersebut memiliki nomor model “SM-X806B”, SM-X706B” dan SM-X906B.

Masing-masing tablet tersebut memiliki nilai TKDN mencapai 36,20 persen, dan 33,40 persen.

Lebih lanjut, belum ada kepastian tanggal perilisan tablet terbaru ini. Namun, jika memang sudah lolos sertifikasi TKDN, maka Samsung Galaxy Tab S8 Plus dan kedua lainnya akan masuk ke Indonesia.