Suara Asli Lubang Hitam Diabadikan NASA, Sungguh Mencengangkan!

204
Suara Asli Lubang Hitam Diabadikan NASA, Sungguh Mencengangkan!
Ilustrasi Suara Asli Lubang Hitam. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Suara asli lubang hitam? Memang objek itu dapat mengeluarkan suara? Jawabannya tentu saja bisa. Meski tidak pernah terpikiran sebelumnya, namun ternyata tidak mustahil.

Para ilmuwan dari NASA telah merilis audio yang cukup menakutkan. Ternyata, audio tersebut berisi suara dari lubang hitam.

Di alam semesta ini ada begitu banyak objek. Salah satu yang hingga saat ini masih menjadi misteri adalah lubang hitam.

Keberadaan lubang hitam ini memang sudah banyak astronom temukan. Akan tetapi, asal muasal hingga isi dari lubang hitam masih menjadi misteri besar yang belum terpecahkan.

NASA Mengungkap Suara Asli Lubang Hitam

Lubang hitam juga lekat dengan berbagai misteri dan memang terlihat menyeramkan. Tidak adanya kepastian apa yang ada di dalam objek tersebut membuat siapa saja ketakutan.

Dalam sejarah astronomi, para ilmuwan sudah banyak yang mencoba menguak fakta mengenai lubang hitam alam semesta. Itulah kenapa, banyak sekali arsip penelitian mengenai objek tersebut.

Baru-baru ini, para ilmuwan kembali merilis sesuatu yang cukup mengejutkan. Mereka merilis sebuah audio seram yang terdengar seperti Hans Zimmer ditangkap dari lubang hitam di pusat gugus galaksi Perseus.

Hal itu cukup mengejutkan karena tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa lubang hitam memiliki suara.

Gelombang suara asli lubang hitam yang sebenarnya berhasil ditemukan melalui data yang observatorium sinar-X Chandra NASA rekam. Audio tersebut kemudian para data astronomi terjemahkan sehingga menjadi suara yang dapat manusia dengar.

Para astronom pertama kali menyadari bahwa yang terletak dalam gas panas di sekeliling lubang hitam Perseus dapat mereka terjemahkan menjadi suara.

NASA juga mengungkapkan bahwa itu adalah “kesalahpahaman populer bahwa tidak adanya suara di luar angkasa sana” dengan fakta bahwa sebagian besar ruang adalah ruang hampa sehingga tidak ada media untuk gelombang suara merambat.

Suara yang Menyeramkan

Menurut penjelasan dari NASA, setiap gugus galaksi memiliki sejumlah besar gas yang menyelimuti ratusan atau hingga ribuan galaksi dan menyediakan media bagi gelombang suara untuk melakukan perjalanan.

Pada dasarnya, sonikasi dari lubang hitam berbeda dari usaha sebelumnya yang tujuannya hanya menerjemahkan data dari astronomi ke bentuk pendengaran manusia.

Para ilmuwan menampilkan instrumen yang berbeda tetapi tetap menggunakan gelombang suara yang sebelumnya mereka amati.

Audio yang berhasil mereka buat dari data astronomi tersebut ternyata cukup menakutkan. Suara asli lubang hitam yang berhasil para ilmuwan beberkan membuat kesan menyeramkan dari objek luar angkasa misterius tersebut semakin kental.

NASA menjelaskan jika geombang suara yang ada mereka sintesis ulang ke dalam jangkauan pendengaran manusia.

Hal itu mereka lakukan dengan cara meningkatkan gelombang tersebut hingga sebesar 57 serta 58 oktaf melebihi nada sebenarnya. Namun, tidak diputar berulang dengan biola maupun instrumen lainnya.

Membayangkan hasilnya saja mungkin sudah membuat Anda merinding. Hasil audio tersebut memang terdengar menakutkan seperti musik dari Hans Zimmer.

Hans Zimmer sendiri merupakan seorang komposer yang tera berhasil menulis berbagai soundtrack untuk hit fiksi ilmiah, termasuk Blade Runner 2049 dan Interstellar.

Penemuan suara dari lubang hitam ini sangat berada di luar dugaan. Siapa yang menyangka bahwa objek luar angkasa tersebut memiliki suara.

Meski begitu, sebenarnya luar angkasa tidak dapat menghasilkan suara. Suara ini hanya para ilmuwan ciptakan dengan berdasarkan gelombang yang telah mereka dapatkan.

Dari data tersebut akhirnya dapat tercipta suara asli lubang hitam yang saat ini mereka beberkan kepada masyarakat.