Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome Praktis, Simak Ulasannya!

0
121
cara menghilangkan notifikasi chrome
Ilustrasi cara menghilangkan notifikasi chrome. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghilangkan notifikasi Chrome dapat anda lakukan melalui pengaturan khusus pada layanan ini. Notifikasi yang hadir pada peramban atau browser seringkali membuat pengguna merasa terganggu.

Layaknya peramban pada umumnya, Chrome secara mendasar akan mengizinkan aplikasi, situs web, atau ekstensi untuk mengirimkan notifikasi.

Hal ini bertujuan untuk memperoleh update secara lebih cepat. Sebagai contoh untuk pengingat suatu pertemuan. Namun, meskipun cukup bermanfaat bagi pengguna.

Kemunculan notifikasi pada Chrome terkadang juga sangat mengganggu pada sebagian yang lain. Bahkan, seringkali notifikasi tersebut berasal dari situs atau aplikasi web yang tidak anda inginkan.

Oleh karena itu, Google pun memberikan pengaturan khusus untuk notifikasi pada Chrome, baik dekstop ataupun Android yang dapat memblokir atau mengaktifkan notifikasi. Pasalnya, Chrome pada iOS tidak menghadirkan notifikasi.

Inilah Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome

Bagi seseorang, tentu merasa tidak nyaman saat sedang melakukan aktivitas browsing, tiba-tiba muncul notifikasi pada layar Android. Akan tetapi di sisi lain, terkadang notifikasi tersebut cukup membantu bagi pengguna yang memang sengaja mengaktifkan notifikasi.

Notifikasi seringkali hadir pada bagian atas Android yang disebabkan oleh Chrome. Dengan munculnya beragam notifikasi pada perangkat, terkadang membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Selain muncul dalam jumlah yang tidak sedikit, terkadang notifikasi mengenai berita yang kurang jelas serta tidak layak untuk anda baca.

Salah satu penyebab munculnya notifikasi Chrome pada perangkat Android adalah Mall Notification. Hal ini sering terjadi pada pengguna yang kerap kali mengunduh aplikasi dengan mencarinya melalui Google, terutama pada aplikasi bajakan.

Terkadang saat proses pengunduhan, kita akan dihadapkan dengan tampilan dan pengguna diperintah untuk menekan tombol yes pada notifikasi yang muncul pada tampilan tersebut.

Atau adanya peringatan bahwa perangkat terkena virus. Penting untuk anda ketahui bahwa pemberitahuan-pemberitahuan tersebut merupakan informasi menipu atau palsu.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara menghilangkan notifikasi Chrome pada perangkat. Adapun beberapa cara untuk menonaktifkan atau menghilangkan notifikasi Chrome yang dapat anda lakukan antara lain:

Melakukan Block pada Notifikasi Bar

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome adalah dengan melakukan block pada notifikasi bar Android.

Bagi yang belum paham dengan notifikasi bar, yaitu bilah yang tampil pada saat anda menarik ke bawah di bagian atas perangkat Android. Cara yang dapat anda lakukan adalah:

  1. Pada saat notifikasi muncul, buka notifikasi bar
  2. Selanjutnya tekan serta tahan notifikasi tersebut
  3. Lalu pilih Block

Mereset Data Chrome

Cara menghilangkan notifikasi Chrome selanjutnya adalah dengan mereset data Chrome. Berikut ini langkah yang dapat anda lakukan:

  1. Buka menu Chrome, yakni dengan memilih tiga titik yang terletak pada bagian atas kanan Chrome
  2. Lalu pilih privacy
  3. Langkah berikutnya pilih Clear Browsing Data
  4. Kemudian pilih semua, kecuali Save Password, jika anda tidak akan menghapus data password.
  5. Langkah selanjutnya pilih Clear Data
  6. Tunggu hingga proses data selesai

Menghapus Notifikasi Melalui Chrome

Cara menghilangkan notifikasi Chrome lainnya adalah melalui layanan Chrome itu sendiri yakni:

  1. Buka aplikasi Chrome
  2. Selanjutnya pilih atau buka menu Setting dengan cara memilih 3 titik yang terdapat pada bagian atas kanan Chrome
  3. Pilih Site Setting
  4. Lalu pilih Notifications
  5. Pilih situs yang mengirimkan notifikasi
  6. Proses berikutnya, pilih Clear dan Reset

Dengan menggunakan metode di atas, maka anda secara mudah dapat menonaktifkan semua situs. Atau anda bisa menonaktifkan beberapa situs yang benar-benar tidak anda inginkan.

Menggunakan Metode Incognito

Selain menggunakan beberapa cara di atas, anda juga dapat menghilangkan notifikasi Chrome dengan cara memakai mode Incognito atau penyamaran.

Cara ini dapat anda terapkan, baik pada perangkat Android atau desktop. Namun penggunaan metode ini, pemblokirannya hanya berlaku dalam beberapa waktu saja.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan notifikasi Chrome secara praktis dan mudah. Dalam memilih beberapa cara di atas, pastikan anda mengikuti panduannya. Ikuti semua langkah dengan benar serta sesuai panduan. Dengan begitu, anda pun tidak akan merasa terganggu lagi dengan adanya notifikasi Chrome yang muncul secara tiba-tiba.