Aplikasi WhatsApp Down, Bagaimana Bisa Terjadi?

0
218
Aplikasi WhatsApp Down
Ilustrasi: Aplikasi whatsapp down. Foto: cashify.in

Aplikasi whatsapp down sempat menggegerkan warganet di media sosial dan mengunggah cuitannya melalui twitter terkait tumbangnya whatsapp. Kabarnya aplikasi whatsapp tidak bisa di akses pada dini hari 20 Maret 202.

Sehingga, banyak pengguna yang mengeluh karena tidak bisa bertukar cerita melalui chatting whatsapp. Bahkan, mereka hanya bisa curhat di beranda twitter saja. Kondisi seperti ini tentunya membuat mereka menjadi bingung dan heboh.

Aplikasi WhatsApp Down, Apa Penyebabnya?

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh orang untuk saling bertukar informasi. Adanya kasus tersebut, maka mereka tidak bisa melakukan komunikasi dengan sempurna.

Tumbangnya aplikasi yang digunakan oleh miliaran pengguna ini memang belum diketahui secara pasti apa saja penyebabnya. Namun, merujuk pada kejadian waktu lalu yang juga kerap terjadi down.

Pasalnya ada kemungkinan masalah pada bidang server dan proses integrasi tersebut. Hingga sejauh ini justru kembali menimpa whatsapp yang menyebabkan tidak bisa diakses.

Warganet Mengeluh

Banyak warganet yang mengeluh terkait aplikasi whatsapp down secara tiba-tiba. Bahkan, ada beberapa aplikasi lainnya yang ikut down secara bersamaan yaitu instagram dan facebook.

Ribuan warga mengeluh karena tidak bisa mengakses aplikasi tersebut dengan sempurna. Bahkan, ada sekitar 9 ribu pengguna whatsapp melaporkan terkait tumbangnya aplikasi tersebut. Hal ini terbukti pada saat mengirim teks maupun gambar via whatsapp tidak dapat terkirim.

Aplikasi whatsapp down rupanya bisa dirasakan oleh semua pengguna di dunia ini. Aplikasi tersebut tidak bisa di akses pada tengah malam, 20 Maret, bersamaan dengan aplikasi Instagram. Bahkan, kedua aplikasi tersebut kini menjadi trending topik pada aplikasi twitter.

Banyak pengguna twitter yang mengirim cuitannya bahwa mereka tidak bisa mengakses akun instagram. Bahkan, mereka mengeluh tidak bisa berkomunikasi melalui whatsapp.

Di Negara Lain

Tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di negara lain juga mengalami kejadian masalah tumbangnya aplikasi whatsapp, facebook dan instagram tersebut. Pasalnya banyak user yang tidak bisa mengirim dan menerima pesan. Ada sebagian mereka yang melaporkan bahwa gagal untuk masuk ke whatsapp web.

Masalah tersebut juga terjadi pada Messenger. Bahkan, ribuan pengguna melaporkan tentang kendala pada ketiga aplikasi tersebut down secara bersamaan.

Sesuai Downdetector, masalah ini terjadi sekitar pukul 11 malam jumat 19 Maret 2021 hingga dini hari 20 Maret. Hal tersebut menyulitkan para pengguna untuk mengirim dan menerima pesan selama beberapa jam. Namun, whatsapp sendiri mengklaim bahwa layanan tersebut mati hanya sekitar 49 menit saja.

Banyak yang Mengadu

Sekitar 20 ribu orang telah mengadukan kendala aplikasi whatsapp down melalui situs downdetector.com, sementara pengguna instagram mencapai hingga satu juga orang. Pada situs tersebut kemudian terkumpul data statistik dari adanya kendala tersebut.

Tanda pagar #whatsappoutage tersebut juga menjadi salah satu tanda keluhan dari para user aplikasi whatsapp tersebut. Meskipun tidak mengungkapkan alasan secara pasti, namun perusahaan menegaskan bahwa ada beberapa masalah teknis.

Aplikasi WhatsApp Galat

Aplikasi yang mengalami galat mungkin karena terlalu sering membuka maupun menutup aplikasi tersebut selama satu jam. Apabila anda ingin mengatasi masalah tersebut, caranya sangat mudah.

Pertama, dengan menghentikan whatsapp selama beberapa menit saja. Jika sudah anda bisa mematikan perangkat lalu menghidupkan kembali.

Facebook Ikut Down

Selain aplikasi whatsapp down, facebook maupun instagram juga tidak bisa berfungsi dengan baik. Menurut beberapa layanan pelaporan, ada 28 ribu pengguna melaporkan bahwa akun instagram tidak bisa di akses. Sementara 34 ribu pengguna mengalami masalah pada aplikasi whatsapp.

Dari sumber yang dikutip, telah menunjukkan bahwa ada 49% pengguna whatsapp sedang menghadapi masalah jaringan. 49% lagi pengguna tidak bisa mengirim dan menerima pesan, sedangkan yang 2% tidak bisa masuk.

Downdetector juga menunjukkan bahwa ada 57% user facebook mengalami gangguan. Sementara yang 29% pengguna tidak bisa mengakses di media sosial tersebut. 66% pengguna instagram juga tidak bisa mengakses akunnya.

Downdetector merupakan salah satu situs yang bisa memantau gangguan dengan cara menyusun laporan hasil status dari para pengguna. Sehingga, akan dengan mudah untuk menemukan informasi terbarunya.

Selain itu, aplikasi whatsapp down bukan kali pertamanya yang sering terjadi. Namun, pada tahun-tahun sebelumnya aplikasi yang banyak digunakan oleh orang itu juga sering mengalami masalah tersebut. Kemungkinan besar masalah tersebut terjadi karena ada kesalahan pada teknisi.