Cara Mengunci WhatsApp Mudah dan Aman, Privasi Lebih Terjaga

0
84
Cara Mengunci WhatsApp
Ilsutrasi Cara Mengunci WhatsApp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengunci WhatsApp agar privasi anda lebih terjaga dapat anda lakukan dengan berapa metode. Tentu anda pernah mempunyai teman yang gemar membuka-buka isi HP orang lain. Entah itu karena iseng atau kepo. Kelakuan tersebut tentu membuat kita merasa tidak nyaman.

Terutama jika orang tersebut membuka WhatsApp yang tentunya berisi banyak percakapan penting dengan orang lain. Dan lebih parahnya lagi, orang tersebut sampai membajak akun anda dengan alasan iseng atau yang lain. Tentu hal ini tidak ingin anda alami bukan?

Tenang saja, terdapat beberapa cara yang dapat mengamankan WhatsApp dari tangan-tangan jahil tersebut. Anda dapat memasang kunci yang hanya dapat diakses oleh tangan sendiri. Penasaran bagaimana caranya, berikut kita simak penjelasannya.

Cara Mengunci WhatsApp Aman dan Mudah

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk bertukar informasi. Juga dengan kata lain, WhatsApp adalah aplikasi layanan pesan instan pada smartphone.

Dari beragam informasi yang ada yag tersampaikan melalui aplikasi ini, tentu terdapat informasi yang bersifat rahasia, penting serta bersifat pribadi.

Bagi anda yang sering memanfaatkan WhatsApp untuk bertukar informasi atau pesan yang bersifat pribadi bahkan yang bersifat rahasia.

Tentu memerlukan adanya penambahan proteksi yang bertujuan untuk menjamin kerahasiaan informasi. Salah satunya adalah dengan mengunci WhatsApp. Berikut ini beberapa cara mengunci WhatsApp agar lebih aman antara lain:

Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Untuk dapat mengunci aplikasi WhatsApp agar lebih aman, anda dapat memasang password yang terdapat pada aplikasi WhatsApp.

Dapat anda lakukan dengan menggunakan fingerprint atau fitur sidik jari sebagai fitur privasi. Maka setiap saat akan membuka WhatsApp, anda harus menempelkan jari pada sensor yang terdapat pada smartphone.

Berikut ini cara memasang fitur fingerprint untuk mengunci WhatsApp antara lain:

  • Langkah pertama pastikan anda telah mengupdate WhatsApp ke versi yang terbaru
  • Selanjutnya masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian buka menu Settings atau pengaturan
  • Berikutnya pilih “Account lalu masuk ke “privacy”
  • Scroll hingga ke bagian bawah, maka anda akan menemukan pilihan “fingerprint lock”
  • Langkah berikutnya anda dapat menyalakan toggle “unlock with fingerprint” kemudian klik “Set Up”
  • Kemudian pilih jenis kunci yang akan anda inginkan, apakah pola atau pattern, PIN, atau sidik jari.

Cara Mengunci WhatsApp dengan Touch ID serta Face ID di iOS

Bagi para pengguna iOS, anda tidak perlu khawatir, fitur pengunci WhatsApp juga tersedia pada perangkat ini. Kemudian, yang membedakan dengan perangkat Android adalah pada perangkat iOS jenis pengunci akan menyesuaikan dengan sistem yang tersedia pada perangkat.

Sistem tersebut adalah Touch ID atau Face ID. Adapun cara memasangnya adalah:

  • Masuk ke Aplikasi WhatsApp
  • Kemudian pilih menu pengaturan atau settingan
  • Pilih menu Account, selanjutnya masuk ke “Privacy
  • Scroll hingga anda menemukan pilihan “Screen lock”
  • Lalu nyalakan toggle untuk “Require Touch ID atau Face ID”

Selanjutnya anda akan memperoleh empat pilihan jeda waktu. Dalam hal ini anda dapat memilih mengunci WhatsApp secara langsung setelah ditutup, dalam waktu 1 menit, 15 menit, hingga 1 jam.

Lain halnya dengan Android, anda tidak mempunyai tampilan notifikasi sama seperti pada perangkat iOS. Selanjutnya semua pesan yang masuk akan tetap masuk ke notification drawer.

Menggunakan PIN Verifikasi

Cara mengunci WhatsApp selanjutnya adalah dengan memanfaatkan PIN verifikasi. PIN verifikasi merupakan fitur keamanan aplikasi WhatsApp. Fitur ini bermanfaat untuk melindungi semua data yang tersimpan agar tidak dapat diakses oleh orang lain.

Selanjutnya fitur bernama two-step verification akan menanyakan PIN secara berkala. Maka, pada saat akun anda dipegang oleh orang lain, mereka tetap tidak dapat masuk ke dalam akun kamu.

Berikut ini cara mengunci WhatsApp dengan PIN verifikasi baik pada perangkat Android atau iOS antara lain:

  • Langkah pertama masuk ke menu “settings” lalu pilih “Account”
  • Selanjutnya masuk ke menu “Two-Step Verification” kemudian klik “Enable”
  • Berikutnya, buat digit PIN serta masukkan email untuk melengkapi data.

Bagi anda yang merasa bahwa cara mengunci default dari WhatsApp belum cukup untuk melindungi privasi anda, maka dapat memanfaatkan aplikasi tambahan lainnya. Seperti AppLOck, LOCKit, Perfect AppLock dan lain sebagainya. Namun penggunaan aplikasi ini hanya berlaku untuk perangkat android.