Dampak Cloudflare DNS Down, Discord dan Kawan-Kawan Turut Tumbang

27
Cloudflare DNS down
Ilustrasi Cloudflare DNS down. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cloudflare DNS down pada hari Selasa tanggal 21 Juni 2022 siang kemarin. Hal tersebut berimbas terhadap beberapa aplikasi, website sampai game yang turut tumbang. 

Lantas apa itu Cloudflare yang menarik perhatian warganet (netizen) usai beberapa layanan internet alami down atau gangguan kemarin? Apakah yang menjadi penyebab Cloudflare tersebut alami gangguan? Berikut profil Cloudflare, perusahaan penyedia server yang mengalami permasalahan. 

Cloudflare DNS Down, Sebabkan Layanan Internet Down

Sebagaimana berita yang beredar, beberapa layanan yang mengalami down adalah Canva, Discord, Patreon, dan Amazon Web Series. Selain itu juga Skype, Gitlab, Twitch, Valorant, game League of Legend, serta aplikasi populer yang lain.

Penyebab pengguna tidak bisa mengakses layanan internet itu diketahui asalnya dari layanan Cloudflare yang alami gangguan. Menurut laporan situs website pemantau gangguan layanan internet yakni ‘Downdetector’, gangguan yang terjadi di server internal Cloudflare. Akhirnya menjadi sebagian besar penyebab layanan internet tersebut down.

Pada jam 14.11 WIB kemarin, sudah terdapat lebih dari 200 laporan. Laporan tersebut memaparkan bahwa layanan Cloudflare baik itu DBS, sampi situs-situs website yang mengandalkan Cloudflare tidak dapat melakukan akses normal.

Cloudflare sendiri adalah sebuah perusahaan penyedia layanan pembuatan infrastruktur internet. Layanan ini berupa server yang fungsinya untuk mengirimkan konten internet ke pengguna. Biasa juga kita kenal dengan Content Delivery Networks alias CDNs.

Bukan hanya itu, Cloudflare ini juga sebagai penyedia layanan sistem keamanan pada situs web. Tujuannya supaya web tersebut terhindar dari serangan DDoS (Distributed Denial-of-Service). Serangan DDoS dapat menyebabkan pengguna tidak dapat melakukan akses pada situs web.

Sejumlah perusahaan besar yang memakai Cloudflare ini, antara lain seperti platform transaksi crypto BlockFi, Shopify, marketplace Blibli, dan lain sebagainya. 

Mengutip dari laman Zdnet, adapun server dari Cloudflare sendiri yang mempunyai fungsi dalam menyediakan layanan di atas, atau yang juga disebut dengan Cloudflare API. Menurut laporan juga sedang alami gangguan atau pemadaman (offline).

Dampak Tumbangnya Sistem Cloudflare

Pada saat server Cloudflare DNS down atau mengalami gangguan, maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap layanan yang memakai jasa Cloudflare. Guna menanggapi gangguan skala masif tersebut, pihak dari Cloudflare menyatakan bahwa saat ini telah berhasil mengidentifikasi permasalahan itu. Pihak Cloudflare sudah melakukan penanganan terhadap gangguan server Cloudflare.

Meski belum ada kejelasan apa yang menyebabkan tumbangnya layanan Cloudflare ini. Akan tetapi, pihak Cloudflare memberikan klaim layanannya saat ini sudah berjalan normal kembali.

Melansir dari laman Wikipedia, Cloudflare, Inc. merupakan perusahaan milik Amerika Serikat. Perusahaan tersebut adalah penyedia jaringan jasa pengantaran konten, keamanan internet, pencegahan DDoS, serta peladen nama domain terdistribusi.

Produk Cloudflare merupakan perantara penyedia hosting pengguna Cloudflare dan pengunjung web. Cloudflare mempunyai peranan sebagai reverse proxy (perantara terbalik) situs web.

Perusahaan Cloudflare bermarkas di San Fransisco, California. Selain itu juga mempunyai kantor di London, Washington, D.C, Singapura, Austin, Boston, dan Champaign.

Alami Down

Cloudflare DNS down atau tumbangnya Cloudflare menjadi keluhan oleh beberapa pengguna di Twitter. Apabila Anda mencari dengan keyword (kata kunci) “cloudflare down”, maka Anda bakal menemukan berbagai macam twit. Twit tersebut mengeluhkan berbagai layanan internet yang mengandalkan sistem Cloudflare tidak dapat mereka akses.

Beberapa aplikasi internet seperti Discord sampai Valorant juga alami kenaikan laporan down. Laporan tak dapat melakukan akses layanan Discord bertambah ke angka lebih dari 140 laporan per jam 14.00 WIB. 

Sementara itu pada waktu yang bersamaan, jumlah laporan yang mengatakan bahwa game Valorant mengalami down. Terdapat kira-kira lebih dari 130 laporan.

Pada bagian atas setiap laporan, berbagai macam layanan internet di laman Downdetector.id, terdapat informasi yang menyertakan bahwa gangguan layanan mereka mungkin karena layanan “Cloudflare” yang tengah mengalami error.

Belum jelas apa yang jadi penyebab dari Cloudflare DNS down atau tumbangnya layanan Cloudflare. Akan tetapi, pihak Cloudflare sendiri memberikan klaim sudah menemukan permasalahannya. Mereka sedang menerapkan perbaikan guna membuat layanannya kembali berjalan normal.