Cara Share Screen di Google Meet Via HP dan Laptop, Berikut Tutorialnya

0
185
Cara Share Screen di Google Meet
Ilustrasi Cara Share Screen di Google Meet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara Share Screen di Google Meet penting untuk anda ketahui. Dengan hadirnya tools ini, maka pengguna dapat berbagi tampilan layarnya pada hasil visualisasi suatu aplikasi mirroring.

Bisa juga bagi fitur ekstra seperti papan tulis untuk media coretan atau pengambilan gambar sementara. Fitur Share Screen dapat mempermudah dalam proses presentasi melalui Google Meet.

Seperti yang kita ketahui, Google Met adalah salah satu aplikasi yang dirancang khusus dalam menunjang berbagai kemudahan untuk kegiatan pertemuan online.

Dengan demikian, saat personal sedang presentasi hasil kerja ataupun bahan materi, maka dapat dengan mudah tersalurkan kepada para peserta lainnya.

Mengetahui Cara Share Screen di Google Meet

Aplikasi Google Meet merupakan salah satu sarana layanan meeting atau rapat online yang cukup populer. Terutama penggunaan aplikasi ini cukup mudah serta sederhana, bahkan ditawarkan secara gratis oleh Google.

Menariknya lagi, pada layanan gratis tersebut, Google menyematkan berbagai fitur menarik yang tersemat pada Google Meet. Salah satunya adalah fitur untuk merekam video Google Meet serta fitur Share Screen atau berbagi layar kepada sesama para pengguna Google Meet.

Sebagai pengguna yang sering melakukan presentasi, tentu penting untuk mengetahui cara Share Screen pada aplikasi ini. Maka dengan adanya layanan ini, akan semakin mempermudah dalam penyampaian presentasi.

Dengan demikian, masing-masing anggota rapat dapat menyaksikan apa yang anda lakukan di layar ataupun jendela aplikasi lain yang anda buka selama meeting online berlangsung.

Simak Cara Share Screen di Google Meet Melalui Perangkat Android

Adapun cara presentasi pada Google Meet dapat anda lakukan dengan menggunakan ponsel yang antara lain:

  1. Langkah pertama buka aplikasi Google Meet
  2. Selanjutnya, pastikan anda sudah login menggunakan akun Gmail anda
  3. Lalu tekan tombol “New Meeting” untuk memulai
  4. Penting bagi anda untuk mempersiapkan bahan materi presentasinya. Kemudian anda dapat membuka aplikasi seperti Office Word atau PowerPoint
  5. Langkah berikutnya, anda dapat mulai Share Screen di Google Meeting dengan cara menekan tombol titik tiga pada bagian pojok kanan atas.
  6. Proses berikutnya tekan Present screen
  7. Apabila muncul jendela informasi, maka anda dapat tekan bagian Start Presenting
  8. Maka secara otomatis layar akan muncul pada tampilan para audiens untuk presentasi
  9. Berikutnya, anda dapat tekan recent app untuk membuka aplikasi yang akan anda presentasikan.
  10. Untuk mengakhiri, maka anda dapat kembali ke aplikasi serta tekan stop presenting.

Simak Cara Share Screen di Google Meet pada Perangkat PC

Bagi anda yang melakukan meeting online dengan melalui PC atau komputer, berikut ini beberapa cara Share Screen di Google Meting yang sedang berlangsung, antara lain:

  1. Pertama, buka browser kesayangan anda. Bisa melalui Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, atau browser yang lainnya.
  2. Lalu buka halaman meet.google.com melalui browser yang akan anda gunakan.
  3. Kemudian, pilih mulai rapat apabila anda bertindak sebagai host atau penyelenggara meeting online. Selain itu, bisa pula memasukkan kode rapat apabila anda ingin mengikuti rapat yang telah ditentukan.
  4. Atau anda dapat klik Gabung Sekarang apabila anda ingin menyapa lebih dulu orang yang telah bergabung. Atau klik “presentasikan” apabila anda ingin langsung mempresentasikan sesuatu.
  5. Cara berikutnya, melalui fitur Share Screen atau berbagi layar di Google Meet, anda dapat memilih Chrome Tab, Entire Screen, serta Application Window.
  6. Apabila anda telah memilih salah satu dari tiga pilihan tersebut, maka anda tinggal klik tombo Share. Centang share audio apabila anda ingin membagikan suara yang terdapat pada tab window atau aplikasi yang sedang dibuka.
  7. Langkah berikutnya akan muncul peserta dengan nama yang sama dengan akun anda yang terdapat pada Google Meet.
  8. Maka jika telah selesai, anda dapat klik tombol Stop Sharing ataupun berhenti presentasi pada layar utama.

Cara yang sama dapat anda lakukan meskipun anda sebagai peserta. Dengan mengetahui cara share screen di Google Meet, maka anda dapat mempresentasikan apapun yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun mengajar di tengah pendemi secara mudah. Hal penting yang perlu anda perhatikan adalah pastikan koneksi internet anda stabil.