Cek Kecepatan Internet Mudah dan Akurat dengan Situs Gratis

0
250
Cek Kecepatan Internet Mudah dan Akurat dengan Situs Gratis
Ilustrasi cek kecepatan internet. Foto: medium.com

Texno.ID – Cek kecepatan internet bisa anda lakukan tanpa harus menghubungi operator atau ISP. Sebenarnya saat ini anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat tanpa menunggu lama.

Selain itu, anda juga bisa mengetahui apa yang menghambat koneksi internet. Hal ini perlu anda lakukan untuk bisa mengukur dan mengetahui kecepatan internet.

Sehingga mempermudah anda dalam proses download atau searching. Tidak hanya pada koneksi di ponsel saja, namun juga internet untuk PC.

Tidak jarang orang ingin mengetahui seberapa cepat atau lambat koneksi yang bisa didapatkan. Dengan anda mengeceknya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Sebab, mengetahuinya memang cukup penting. Anda bisa mengestimasi perkiraan saat mendownload. Sebenarnya semua ini bisa anda lakukan dengan cara mudah dan simpel.

Apalagi sudah banyak tersedia situs gratis yang bisa anda manfaatkan. Sehingga cek kecepatan internet bisa anda lakukan sendiri tanpa waktu lama.

Internet menjadi kebutuhan pokok saat ini, bahkan tidak hanya untuk sekedar main-main saja. Kini penggunaannya cukup beragam, entah untuk urusan pendidikan maupun wirausaha.

Baca:  Cara Edit Video di TikTok Bagi Pemula Secara Baik dan Benar

Semua membutuhkan jaringan internet yang bagus dan lancar. Jika jaringan tersebut bermasalah, tentu akan merubah semuanya menjadi terhambat.

Rekomendasi Situs Cek Kecepatan Internet

Pada era digital saat ini, internet menjadi kebutuhan utama. Cepat lambatnya akses internet yang terjadi akan berpengaruh pada mesin pencarian.

Dengan begitu, lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya koneksi internet.

Bisa karena banyaknya device atau perangkat yang terhubung dalam koneksi. Selain itu, ada masalah lain yang bisa menimbulkan mengapa koneksi terganggu.

Sebagian besar orang tentu tahu bagaimana cara cek hal tersebut. Namun, ada juga yang belum tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan.

Bagi anda yang ingin melakukan cek koneksi internet sendiri tanpa menunggu lama, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Ada beberapa situs yang bisa anda gunakan untuk melakukannya, antara lain:

Fast Com

Cara cek kecepatan internet yang bisa anda manfaatkan yaitu Fast Com. Situs yang satu ini tidak perlu lakukan klik apapun untuk melakukan pengecekan.

Baca:  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Menggunakan Aplikasi

Anda cukup kunjungi situsnya, kemudian situs yang satu ini secara otomatis akan mengeceknya. Tanpa menunggu lama, anda akan tahu langsung kecepatan internet yang ada.

Indihome Speedtest

Selain situs yang sebelumnya, ada juga cara cek kecepatan internet lainnya. Anda bisa gunakan Indihome Speedtest yang mudah dan akurat.

Anda bisa lakukan pengecekan secara online dan mudah. Caranya bisa buka websitenya dan pilih menu tulisan GO. Opsi tersebutlah yang akan melakukan pengecekan seberapa cepat koneksi yang anda miliki.

Tunggu prosesnya hingga hasilnya muncul. Sebaiknya gunakan satu aplikasi saja agar hasil lebih akurat. Indihome Speedtest bisa menampilkan hasilnya pada layar monitor.

Hasil yang muncul tersebut merupakan akumulasi saat download dan upload file. Selain itu, anda juga bisa mengetahui ping dan jitter dari hasil pengecekan yang dilakukan secara otomatis.

Speedtest.net

Cek kecepatan internet juga bisa anda gunakan situs speedtest.net. Anda bisa mengetahui semua itu dengan mudah baik untuk PC atau laptop.

Baca:  Internet Positif Android, Cara Mengatasinya Menggunakan Aplikasi

Cukup kunjungi situs tersebut dan muncul kata GO dengan huruf besar pada bagian tengah. Setelah melakukannya, secara otomatis kecepatan internet yang anda miliki bisa terlihat.

Bandwidth Place

Bandwidth Place menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan. Cara penggunaannya cukup mudah, tinggal klik start dan tunggu sesaat.

Sama seperti situs lainnya, anda tinggal tunggu prosesnya, hasil akan tampil pada perangkat. Sehingga tidak perlu menghubungi operator dan menunggu prosesnya yang lama.

Internet memang penting dan bahkan peranannya cukup vital. Anda bisa melakukan pengecekan, baik untuk koneksi smartphone atau laptop.

Dengan begitu, anda bisa memastikan kapan menggunakannya secara tepat. Jika koneksinya tidak baik, tentu akan memperhambat kinerjanya.

Begitu sebaliknya jika koneksinya bagus, tentu memperlancar proses yang dilakukan. Sebenarnya melakukan hal ini memang cukup bermanfaat bagi siapa saja.

Apalagi penggunaan internet semakin banyak dan meluas. Sehingga anda bisa gunakan cara cek kecepatan internet yang sudah direkomendasikan. (CW001)

Editor : Deni Supendi