Enzim pada Lambung Berfungsi untuk Proses Pencernaan, Apa Saja?

0
521
Enzim pada Lambung Berfungsi Untuk Proses Pencernaan, Apa Saja?
Ilustrasi Enzim pada Lambung. Foto: ygi.or.id

Texno.ID – Enzim pada lambung berfungsi untuk melakukan proses pencernaan sehingga ada enzim yang lambung hasilkan. Dengan enzim ini, makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa tercerna dengan baik dan diserap oleh usus.

Pada dasarnya, enzim tidak hanya ada pada area ini saja, namun pada bagian organ lain pun ada. Misalnya mulut, pankreas, serta usus halus. Masing-masing organ ini nantinya akan menghasilkan enzim yang berbeda untuk membantu proses pencernaan.

Dengan adanya enzim ini, akan memberikan kemudahan untuk nutrisi bisa terserap oleh tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

Enzim pada Lambung

Enzim pencernaan yang ada pada bagian ini akan berfungsi untuk memecah nutrisi yang terkandung dalam makanan menjadi kepingan kecil.

Hal ini untuk mempermudah tubuh menyerap nutrisi tersebut. Dalam bagian ini, ada beberapa enzim yang bertugas untuk membantu proses pencernaan.

Pepsin

Untuk yang pertama enzim pada lambung adalah pepsin yang merupakan bentuk aktif dari pepsinogen. Enzim ini akan bertugas untuk memecah nutrisi yang terdapat dalam makanan untuk menjadi partikel kecil. Misalnya peptide serta asam amino yang nantinya akan tubuh serap.

Baca:  Sistem Ekskresi Ginjal pada Manusia yang Penting Untuk Diketahui

Asam Klorida (HCI)

Lalu ada asam klorida yang akan bertugas untuk memecah protein yang ada dalam makanan sekaligus menjadi pelawan untuk virus yang terlanjur masuk terbawa oleh makanan. Selain itu, asam klorida juga bisa mengubah pepsinogen menjadi enzim pepsin.

Mucin

Salah satu enzim yang ada dalam pencernaan yang dihasilkan oleh selaput permukaan atau sel mukosa. Berbeda dari kedua enzim yang sebelumnya, jika enzim ini bertugas untuk memberikan perlindungan kepada dinding lambung agar terhindar dari paparan asam lambung.

Dengan memberikan perlindungan pada bagian dinding ini, menandakan jika enzim pada lambung memberikan peranan yang besar untuk proses pencernaan.

Gastrin

Sel G yang ada dalam lambung bisa memproduksi hormon gastrin. Pasalnya, gastrin yang sel G lepaskan menjadi respon untuk peregangan yang terjadi pada area lambung jika ada makanan yang masuk.

Dengan adanya hal ini, akan merangsang produksi asam lambung yang memberikan bantuan ketika pergerakan lambung ketika mencerna makanan.

Baca:  Struktur Tubuh Bakteri, Penjelasan dan Fungsinya

Dengan pentingnya peranan enzim dalam proses pencernaan, membuat orang harus menjaga produksi enzim jangan sampai terganggu. Karena ada saatnya produksi enzim akan menurun dan tidak cukup ketika proses pencernaan mulai.

Nah, untuk menjaga produksi enzim ini tetap terjaga dan proses pencernaan bisa berjalan dengan baik, maka perlu menjaga kesehatan tubuh dengan cara seperti berikut ini.

Asupan Serat

Enzim pada lambung bisa terjaga secara baik dengan mengkonsumsi serat yang merupakan asupan baik untuk melancarkan pencernaan dan untuk menjaga kesehatan.

Maka dari itu, pastikan memenuhi kebutuhan serat harian baik untuk serat larut dan tidak. Untuk jenis makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur, kacang-kacangan, buah, dan gandum utuh.

Atur Pola Makan

Aktivitas padat terkadang membuat orang lupa untuk makan. Hal inilah yang menjadi alasan untuk asam lambung menjadi naik. Oleh karena itu, mengatur pola makan sangat penting untuk mempertahankan asam lambung tetap stabil.

Selain itu, untuk menjaga asam lambung ini, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan pedas, asam, serta yang berlemak. Karena beberapa jenis makanan ini memicu asam lambung tinggi.

Baca:  Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

Air Putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, bukan hanya menghindari dari dehidrasi saja, namun dengan mengkonsumsi air putih bisa memberikan kesehatan untuk lambung.

Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas. Sehingga kebutuhan enzim pada lambung bisa terpenuhi dengan baik jika memenuhi cairannya.

Stop Alkohol dan Rokok

Kesehatan lambung bisa terjaga dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan rokok. Karena kedua kebiasaan tersebut berperan penting dalam merusak dinding lambung.

Selain rokok dan alkohol, sebaiknya batasi konsumsi seperti kafein. Kalian perlu tahu jika kafein tersebut memicu peningkatan asam lambung.

Keempat hal tersebut sebaiknya kalian lakukan untuk mendapatkan kesehatan lambung dengan baik. Jika produksi enzim terganggu, maka akan menimbulkan gangguan pencernaan. Jika enzim pada lambung terjaga dengan baik, maka proses pencernaan akan berjalan dengan baik pula. (CW001)

Editor : Deni Supendi