Fungsi Captcha di Website Internet, Mencegah Dictionary Attack

13
Fungsi Captcha di Website Internet, Mencegah Dictionary Attack
Ilustrasi Fungsi Captcha di Website Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi captcha di website internet sangat beragam. Sayangnya, sebagian pengguna website belum mengetahuinya.

Captcha atau bisa kita sebut Completely automated public turing test to tell computers and humans apart. Merupakan jenis fitur challenge yang dapat memastikan respon yang dihasilkan hanya boleh berasal dari manusia saja dan bukan komputer.

Dengan arti lain, captcha ini merupakan pengesahan kata ujian yang kita masukkan dari suatu bentuk sign up. Kenyataannya, tidak hanya pada website saja.

Akan tetapi, kita juga bisa memasukan captcha saat login ke akun Gmail, Facebook, Youtube, Twitter dan yang lainnya.

4 Fungsi Captcha di Website Internet

Pada dasarnya, ada berbagai jenis captcha. Mulai dari teks, puzzle, gambar, hingga audio.

Semua jenis captcha tersebut bisa kita pilih sendiri sebagai pemilik website. Fungsi utama captcha adalah untuk keamanan sebuah website.

Namun, tidak hanya sebatas itu, akan tetapi masih ada fungsi lainnya. Berikut ini adalah fungsi captcha di website internet.

1. Mencegah Dictionary Attack

Ada kemungkinan jika sebuah website mengalami dictionary attack. Dictionary attack ini merupakan jenis serangan yang bisa membobol sistem keamanan sebuah website.

Caranya yakni dengan memecahkan kode autentikasi serta mekanisme cipher berdasarkan dengan kata atau frasa dalam kamus. Bahkan, dapat terjadi hingga jutaan kali percobaan.

Serangan ini cukup berbahaya bagi sebuah website, karena dapat mengarah pada pencurian akun. Dengan menggunakan captcha, maka website kita akan terhindar dari segala macam penyalahgunaan. Terutama dari orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Mencegah Komentar Spam

Fungsi captcha di website internet selanjutnya yakni untuk mencegah komentar berupa spam. Sebagian blogger seringkali menggunakan program yang mengirimkan komentar palsu.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari melalui beberapa situs. Hal ini juga bisa kita sebut sebagai komentar spam.

Dengan menggunakan captcha maka hanya manusia saja yang bisa memasukkan komentar pada website.

3. Memberikan Perlindungan pada Form Registrasi

Saat ini, form registrasi selalu menggunakan captcha. Pasalnya, ketika form registrasi mendapatkan serangan oleh spam, membuat traffic website menjadi penuh, sehingga server melambat.

Apalagi, jika website tersebut memiliki fitur pengiriman notifikasi pada email pemiliknya. Hal ini akan membuat owner website kerepotan karena banyaknya email spam yang masuk.

Selain itu, juga akan mempersulit proses pemilihan data. Apakah data itu asli yang berasal dari manusia atau hanya data spam saja.

Maka dari itulah, menggunakan captcha pada form registrasi website menjadi hal yang sangat penting.

4. Mengamankan Segala Bentuk Transaksi

Fungsi captcha di website internet selanjutnya, yakni untuk mengamankan segala bentuk transaksi. Fungsi captcha yang satu ini sangat familiar pada website toko online.

Dengan adanya captcha, pelanggan akan semakin aman ketika melakukan proses jual beli. Selain itu, juga meningkatkan reputasi website kepada pelanggan.

Tak hanya itu saja, pemilik website juga terhindar dari pembelian palsu karena pemesanan produk dilakukan oleh manusia. Jika tidak menggunakan captcha, maka akan timbul masalah yang cukup fatal.

Misalnya pengalaman pelanggan yang buruk ketika membeli sebuah produk. Kemudian, juga dapat mempengaruhi penjualan produk tersebut.

Bagi siapa saja yang ingin membuat situs website, bisa menggunakan jenis captcha apapun. Sebab, pada dasarnya semua jenis captcha memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda.

Meskipun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, akan tetapi fungsi captcha di website internet berdasarkan jenisnya tetap sama.