Galaksi Bima Sakti, Pengertian dan Karakteristiknya

0
317
Galaksi Bima Sakti, Pengertian dan Karakteristiknya
Ilustrasi galaksi Bima Sakti. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Galaksi bima sakti merupakan galaksi yang menjadi tempat tinggal saat ini. Suatu sistem yang terdiri dari bintang dan juga benda luar angkasa serta tersusun secara teratur. Hal itu yang merupakan pengertian galaksi.

Pada umumnya galaksi tersebut terdiri atas miliaran bintang dengan warna. Selain itu, memiliki ukuran dan juga karakteristik yang berbagai macam. Pada alam semesta  ini terdapat banyak sekali galaksi. Galaksi tempat bumi berada yaitu bima sakti, merupakan salah satu dari galaksi yang paling terkenal.

Pengertian Galaksi Bima Sakti

Perlu untuk bisa memahami secara lebih spesifik mengenai pengertian galaksi tempat tinggal saat ini. Berdasarkan dari asal katanya dari bahasa Yunani, yaitu Via Lactea yang memiliki arti yaitu susu.

Sehingga pada saat terbawa dalam bahasa Inggris, kata tersebut berubah menjadi Milky Way Galaxy. Hal tersebut memiliki arti bahwa galaksi yang mempunyai warna seperti susu. Galaksi tersebut juga memiliki bentuk spiral.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat menyimpulkan pengertian Galaksi Bima Sakti.  Galaksi yang menjadi tempat tinggal manusia dan tersusun oleh adanya matahari. Selain itu, benda langit lainnya yang terikat dalam satu gravitasi. Galaksi tersebut juga berbentuk spiral dengan warna seperti susu. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang bima sakti miliki, antara lain:

Jarak Antar Galaksi Jauh

Karakteristik dari galaksi adalah tidak berdekatan namun berjauhan. Oleh karena mungkin terdapat hal seperti gravitasi ataupun sejenisnya. Galaksi sebenarnya ada banyak sekali, mungkin hingga ratusan jumlahnya. Selain itu ada juga galaksi dengan jarak yang jauh hingga jutaan cahaya galaksi.

Jarak yang saling berjauhan akan semakin mengamankan galaksi satu sama lain. Selain itu juga pada planet dalam tata surya tersebut. Memang dalam galaksi sering terdapat ledakan pada meteorit serta komet.

Selain itu juga benda langit lain yang kemungkinan mempunyai gravitasi, panas, serta daya gerak cepat. Demi menghindari benturan, maka letak antar galaksi lebih jauh. Bahkan pada jaraknya hingga jutaan cahaya.

Galaksi Memiliki Cahaya Sendiri

Tentu berbeda dengan jenis planet yang memerlukan matahari demi menerima sinar atau cahaya.  Galaksi bima sakti mempunyai sinar atau cahaya sendiri, bukan asalnya dari jenis pantulan. Sinar gamma merupakan salah satu senjata terbesar yang ada di alam. Sinar tersebut berasal dari semburan pulsar atau bintang besar yang mati.

Selain itu, juga meledak dan memancarkan radiasi. Sinar yang menjadikan galaksi menjadi lebih terang serta black eyenya dan terlihat lebih gelap. Tentunya yang memancarkan warna berbeda.

Sehingga terlihat lebih gelap daripada galaksi lainnya. Sinar tersebut mewakili cahaya yang paling energi dan paling kuat. Namun mata manusia tidak dapat melihatnya.

Galaksi Lain Dapat Terlihat

Galaksi yang lain dapat terlihat berada pada luar Bima Sakti. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pada galaksi tidak mungkin berdekatan. Tentunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti benturan atau tercampurnya planet.

Selain itu galaksi dapat terbentuk karena benda luar angkasa membentuk kelompok. Apabila berdekatan dan bercampur dengan galaksi lain. Sehingga, akan menjadi satu galaksi yang besar.

Tentu tidak mungkin dalam pemberian nama galaksi yang berbeda. Maka, akan menyesuaikan bentuk kelompoknya apabila bersatu. Namun, ukurannya yang besar menyebabkan galaksi lainnya bisa terlihat. Hal tersebut dengan bantuan alat teknologi yang canggih.

Galaksi Memiliki Lubang Hitam

Black Hole atau lubang hitam adalah tempat pada ruang angkasa di mana gravitasi terdapat suatu gravitasi yang sangat kuat. Bahkan cahaya tidak bisa menembus untuk masuk atau keluar. Gravitasi itu sangat kuat,  sebab telah diperas masuk dalam ruang yang kecil. Black hole tersebut bisa muncul apabila bintang sedang mendekati akhir hidupnya.

Karakteristik Lainnya

Galaksi bima sakti memiliki bentuk yang berbeda-beda dan unik. Tentunya yang mempunyai 200 miliar-400 miliar bintang. Pada piringan gas bima sakti mempunyai ketebalan 12000 tahun cahaya.

Selain itu, memiliki kecepatan rotasi galaksinya  914.000 km/jam. Pada garis tengah atau juga diameter galaksi tersebut kira-kira 100.000 tahun cahaya. Bagian pusatnya yang memiliki diameter 3,26 tahun cahaya.

Pada rata-rata garis tengahnya diperkirakan mempunyai ketebalan rata-rata 1000 tahun cahaya.  Selain itu apabila dilihat dari segi usianya, bima sakti memiliki usia 4,5 tahun cahaya lebih tua dari matahari.

Dari ulasan tersebut, anda bisa mengetahui pengertian galaksi bima sakti dan juga karakteristiknya. Galaksi tempat bumi berada dan salah satu dari galaksi yang paling terkenal.