Contoh Gaya Sentrifugal dalam Kehidupan Sehari-Hari

2
Contoh Gaya Sentrifugal dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ilustrasi Contoh Gaya Sentrifugal. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Contoh gaya sentrifugal dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Gaya sentrifugal sendiri merupakan efek semu yang sebuah benda timbulkan ketika melakukan gerak melingkar.

Sederhananya, gaya sentrifugal ini artinya menjauhi pusat putaran. Dengan kata lain, gaya sentrifugal merupakan lawan dari sentripetal.

Contoh Gaya Sentrifugal dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sedangkan untuk besaran gaya sentrifugal ini sama dengan besaran gaya sentripetal. Namun, untuk arah gayanya, keduanya sangat berlawanan.

Hal ini membuat benda yang melakukan gerak melingkar berada dalam kondisi seimbang. Itu artinya, gaya sentrifugal merupakan gaya yang memiliki arah menjauhi pusat.

Ada banyak peristiwa maupun kondisi yang mencerminkan gaya sentrifugal ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh-contohnya.

1. Batu Ditali

Contoh gaya sentrifugal pertama kali yang bisa kita lihat yakni batu ditali. Saat batu kita putar dengan menggunakan seutas benang atau tali secara horizontal pesawat, maka gravitasi akan bekerja secara vertikal.

Batu tersebut mendapatkan gaya total yang bekerja menuju pusat pada bidang horizontal. Selain itu, batu tersebut akan tetap pada poros yang sama dengan batu dalam kerangka acuan.

Tali yang mendapatkan gaya, akan terus bekerja pada batu. Hal ini berlawanan dengan hukum gerak Newton.

Batu tidak berakselerasi ke arah gaya total yang ia dapatkan. Supaya bisa memakai persamaan dari gerak Newton pada putaran kerangka, maka menggunakan beberapa gaya lainnya.

Tak lain, gaya sentrifugal serta gaya fiksi lain harus ditambah gaya fundamental.

2. Komidi Putar

Contoh gaya sentrifugal lainnya yakni komidi putar. Ketika anak-anak bermain komidi putar akan mengalami gaya luar.

Gaya luar tersebut cenderung melemparkan mereka ke sisi luar. Ketika mendapatkan tingkatan kecepatan putar yang semakin tinggi, gaya akan semakin bertambah kuat.

Bila pada komidi putar tersebut tidak memiliki keselamatan atau perlindungan yang tepat, gaya sentrifugal yang timbul mungkin saja berakibat fatal. Mungkin saja, anak-anak yang bermain komidi putar tersebut mengalami kecelakaan.

3. Wahana Ayunan

Wahana ayunan juga bisa menjadi salah satu contoh gaya sentrifugal lainnya. Permainan ini umumnya terdiri atas kepala besar yang berputar di atas tiang silinder.

Sejumlah ayunan terpasang ke pangkal kepala yang berputar. Bila pada permainan tersebut mengalami gerakan rotasi, ayunan akan menjauhi pusat.

Hal inilah yang kemudian akan menciptakan gerakan yang ekstrim dan mendebarkan. Berkat adanya gaya sentrifugal dalam wahana ayunan tersebut, gerakan yang ditimbulkan membuat senang bagi siapa saja yang mencobanya.

4. Mesin Cuci

Siapa sangka, salah satu contoh gaya sentrifugal juga ada dalam berbagai produk listrik rumah tangga. Salah satunya adalah mesin cuci.

Mesin cuci ini memperlihatkan mekanisme perputaran. Untuk memberikan dorongan pada pakaian, air, maupun partikel kotoran ke sisi luar drum menggunakan gaya sentrifugal.

Sedangkan kantong yang ada pada bagian dalam wadah akan mengumpulkan kotoran. Hal inilah yang kemudian membuat pakaian menjadi bersih secara menyeluruh.

5. Orbit Planet

Planet-planet melanjutkan gerakan rotasinya juga bisa disebabkan oleh gaya sentrifugal. Hal inilah yang mencegah terjadinya keruntuhan ke inti.

Semua benda luar angkasa yang berputar mengelilingi matahari akan mengalami tingkat gaya sentrifugal yang substansi.

Melihat contoh gaya sentrifugal dalam kehidupan sehari-hari hingga alam semesta ini, membuktikan jika jenis gaya tersebut memiliki peran yang sangat penting. Dalam artian lain, setiap manusia bahkan makhluk hidup lainnya dapat melangsungkan hidup dengan baik berkat adanya gaya sentrifugal ini.