Cara Screenshot di Laptop atau PC dengan Praktis

0
219
Cara Screenshot di Laptop Atau PC Dengan Cara Praktis
Ilustrasi cara screenshot di laptop Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara screenshot di laptop dan PC sangatlah mudah, bisa menggunakan tombol, fitur, sampai dengan aplikasi. Menyimpan tangkapan layar menjadi praktis.

Tangkapan layar atau sering disebut mengambil screenshot merupakan cara yang cepat untuk menangkap, kemudian menyimpan keseluruhan atau sebagian dari tampilan layar di perangkat yang anda gunakan.

Dari mulai tampilan game hingga gambar yang akan anda bagikan ke teman, dapat dengan mudah tersimpan di arsip laptop maupun PC.

Perlu anda ketahui, apabila anda mengambil tangkapan layar yang berada di laptop ataupun PC dengan menggunakan sistem operasi Windows, anda tidak hanya bisa menggunakan satu metode saja untuk melakukannya. Simak cara di bawah ini.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Banyak metode yang dapat anda gunakan untuk menyimpan tampilan di layar anda. Berikut berbagai cara untuk mengambil screenshot di laptop dan juga PC.

Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc)

Apabila anda ingin menangkap seluruh layar, anda bisa memencet tombol print Screen (PrtSc). Hasil dari tangkapan layar tersebut tidak akan disimpan sebagai berkas, akan tetapi akan disalin di clipboard.

Baca:  Gunakan Internet dengan Bijak untuk Hal-hal yang Positif

Oleh sebab itu, anda harus membuka aplikasi edit gambar semisal Microsoft Word ataupun Paint dan salinlah screenshot yang baru diambil ke aplikasi tersebut. Setelah selesai, maka anda bisa menyimpannya.

Menggunakan Tombol Alt + PrtScn

Jika anda ingin mengambil tangkapan layar secara cepat dari Windows yang aktif, anda bisa menggunakan pintasan keyboard, yakni Alt + PrtScn. Untuk menyimpannya, anda bisa membuka aplikasi editor gambar terlebih dahulu.

Menggunakan Tombol Windows Key + PrtScn

Cara screenshot di laptop yang ketiga, dengan menekan tombol Windows Key + tombol PrtScn. Untuk pengambilan tangkapan layar yang ini, bisa secara otomatis dalam menyimpan tangkapan layarnya.

Pada layar anda akan meredup sebentar, sebagai pertanda bahwa anda baru saja melakukan tangkapan layar. Hasil dari mengambil tangkapan layar tersebut akan tersimpan di folder gambar yang tangkapan layar.

Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

Pada cara ini tidak hanya layar saja yang akan meredup, melainkan penunjuk pada mouse pun berubah. Anda bisa menarik kursor untuk memilih bagian layar yang mana yang akan diambil gambarnya.

Baca:  Cara Menampilkan Menu Bar yang Hilang di Word atau di Mozilla Firefox

Tangkapan layar akan tersalin di clipboard yang bisa anda tempelkan ke program atau aplikasi lain. Dalam pintasan ini hanya berlaku jika anda menginstal sistem operasi Windows 10 versi baru.

Menggunakan Logo Windows pada Tombol + Volume Turun

Cara screenshot di laptop selanjutnya, apabila anda menggunakan perangkat Microsoft Surface, anda bisa menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar dari keseluruhan layar anda.

Sama dengan cara anda, dalam mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet lain. Saat melakukannya, tahan tombol sentuh logo Windows yang terdapat pada bagian bawah layar surface anda.

Lalu tekan tombol volume pada sisi tablet. Layar anda akan meredup sebentar dan juga tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan ke folder gambar tangkapan layar.

Menggunakan Snipping Tool

Pada aplikasi ini, bisa menggunakan cara screenshot di laptop dengan format yang lebih fleksibel. Contohnya seperti persegi panjang, Windows yang aktif saja, atau layar penuh.

Baca:  Cara Mengatasi Keyboard Laptop Macet Secara Tepat, Intip Tips Berikut!

Cara memakainya cukup membuka aplikasi bawaan Windows, yakni Snipping Tool. Setelah membukanya, klik tombol New untuk memulai proses screenshot. Jenis snip default merupakan snip persegi panjang, akan tetapi anda juga bisa mengambil snip dalam format bebas lainnya.

Snipping tool secara otomatis akan menyimpan tangkapan pada layar, anda harus menyimpannya secara manual di aplikasi tersebut sebelum anda keluar. Jika sudah, aplikasi ini secara otomatis akan menyalin tangkapan layar anda ke clipboard.

Menggunakan Aplikasi LightShot

Apabila anda menginginkan lebih banyak pilihan untuk memilih, menyesuaikan tangkapan layarnya, dan tak keberatan download aplikasi baru, anda bisa mengunduh aplikasi LightShot.

LightShot adalah pilihan yang lebih baik bagi pekerjaan yang lebih profesional ataupun tangkapan layar yang juga membutuhkan pengeditan signifikan.

Sekarang anda sudah paham kan cara screenshot di laptop atau PC? Pastinya langkah yang mudah dan praktis bisa membantu anda untuk mendapatkan tangkapan gambar dari layar anda. (CW001)

Editor : Deni Supendi