Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

0
258
Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung Ini Alasan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Kenapa wifi tidak bisa tersambung? Apakah anda pernah mengalaminya? Sudah menjadi sesuatu yang umum. Selain dengan menggunakan paket data untuk menghubungkan device dan juga Android ke internet, anda bisa menggunakan wifi sebagai koneksi.

Namun terkadang terdapat masalah saat penyambungan Android dengan wifi. Terdapat banyak hal yang menjadi alasan mengapa wifi tidak bisa terhubung ke Android.

Menjadi hal yang menyebalkan bukan, saat sedang menonton atau streaming tiba-tiba jaringan internet terputus sendiri. Berikut alasan mengapa akses internet ditolak dan juga bagaimana cara mengatasinya.

Alasan Kenapa Wifi Tidak Bisa Tersambung

Sesuatu hal yang umum dari permasalahan wifi tidak bisa terhubung. Biasanya faktor jangkauan antara router dengan Android terlalu jauh.

Atau juga adanya alasan tumpukan cache (sampah elektronik) yang terdapat pada aplikasi. Selain itu juga, bisa kemungkinan adanya fitur atau virus yang sedang menyerang sistem Android anda.

Namun untuk anda jangan terlalu khawatir dengan kenapa wifi tidak bisa tersambung ke smartphone anda. Anda bisa melakukan cara untuk memulihkannya.

Baca:  Cara Membersihkan Casing HP Kotor, Terkena Debu, Serta Menguning

Menjadi penyebab utama akses jaringan ditolak, yakni anda ketahuan menggunakan jaringan wifi milik orang lain atau dengan tanpa izin. Akses jaringan tersebut ditolak dengan id anda untuk akses wifi diblokir oleh pemilik.

Ketika sang pemilik memblokir atau blacklist, selama itu juga pemilik belum membukanya, maka anda tidak bisa mengakses jaringan internet.

Terdapat kemungkinan lain yang menyebabkan akses jaringan tidak muncul. Pemilik membuat batas penggunaan router. Jika anda ingin kembali ke akses jaringan, anda bisa menunggu router sebelum mencapai limit

Cara Mudah Dalam Mengatasi Konektivitas Wifi yang Tidak Dapat Terhubung

Anda tentu bertanya-tanya, kenapa wifi tidak bisa tersambung? Bagaimana cara mengatasinya? Pertama, saat anda ingin terhubung, harus pastikan Android anda sudah menyalakan fitur koneksi wifi. Pada Android, masuklah pada bagian Pengaturan. Setelah itu, aktifkan wifi.

Kedua, bisa juga anda melakukan dengan merestart ulang atau mematikannya dan menyalakan kembali Android anda. Selanjutnya, anda hidupkan fitur wifi. Biasanya semacam ini akan membuat koneksi bisa terhubung kembali.

Ketiga, bersihkan cache di setiap aplikasi. Umumnya hal ini menjadi kendala tidak bisa terhubungnya wifi ke Android anda. Terlebih dahulu, anda masuk ke Pengaturan. Klik Aplikasi, setelahnya hapus cache.

Keempat, anda bisa juga menyalakan dan mematikan fitur wifi secara berulang-ulang. Lakukan beberapa kali, sampai Android bisa tersambung dengan koneksi wifi. Hal lainnya bisa dikarenakan kualitas signal yang sedang buruk.

Baca:  Internet Positif Android, Cara Mengatasinya Menggunakan Aplikasi

Kelima, jika semua cara ini tidak dapat menjawab kenapa wifi tidak bisa terhubung, maka langkah selanjutnya lakukan factory reset. Cara ini dapat menyebabkan file-file yang ada di Android anda hilang.

Berikut Solusi Untuk Wifi Tidak Bisa Terhubung

Jika sudah anda lakukan beberapa usaha tadi, tetapi wifi tidak terhubung juga, maka bisa lihat cara lainnya. Langkah pertama, cek pengaturan waktu tidak sesuai. Periksa kesesuaian waktu Android anda. Jika tidak sesuai, bisa jadi hal tersebut sebagai penyebabnya.

Langkah yang kedua, periksa pada pengaturan wifi. Biasanya jika wifi menyala, terdapat icon diatas layar. Jika tidak tersambung, berarti tidak ada icon yang menyala. Hal ini bisa karena penumpukan cache atau sampah elektronik.

Baca:  Cara Mengatasi Kecanduan Internet dengan Berbagai Tips Termudah

Sebaiknya segera hapus cache dari Android anda. Bisa anda lakukan secara manual atau dengan aplikasi. Ketiga, hapus jaringan wifi. Selanjutnya solusi kenapa wifi tidak bisa tersambung, yaitu dengan menghapus jaringan wifi yang tersimpan.

Setelah semua daftar jaringan terhapus, restart kembali smartphone anda dan hubungkan kembali dengan jaringan wifi. Keempat, jika anda menginstal aplikasi antivirus di smartphone, ini berguna untuk menghadang virus-virus yang masuk.

Tetapi terkadang layanan antivirus bisa memblokir layanan wifi yang bersifat publik. Terakhir, menggunakan aplikasi. Untuk hal ini, anda bisa menginstal aplikasi Wifi Fixer.

Hal ini bisa membantu menganalisis jaringan wifi dan juga memperbaikinya. Tak hanya itu saja, aplikasi ini bisa memperkuat jaringan internet yang lemah.

Demikian cara mengatasi kenapa wifi tidak bisa tersambung ke smartphone anda. Jika cara dan solusi yang dijabarkan di atas tidak bisa dipraktekkan, maka saat itulah waktu yang cocok untuk membawa Android anda ke counter service. (CW001)

Editor : Deni Supendi