Penampakan Pelangi di Mars, Terdeteksi Robot NASA Perseverance

0
179
Penampakan Pelangi di Mars, oleh Robot Penjelajah NASA Perseverance
Ilustrasi penampakan pelangi di Mars. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Penampakan pelangi di Mars tertangkap kamera. Kamera tersebut asalnya dari rover Perseverance Badan Antariksa Amerika (NASA). Padahal seharusnya tidak ada pelangi pada Planet Mars.

Proses terjadinya pelangi di Planet Bumi tentu membutuhkan adanya sinar matahari dan tetesan hujan di langit. Namun, pada atmosfernya Mars tipis dan jauh lebih kering daripada Bumi.

Hal itu menjadikan alasan mengenai gambar baru oleh penjelajah Perseverance NASA sangat menarik. Kamera dari robot penjelajahnya, menangkap yang tampak seperti pelangi. Namun pada permukaan gersang Planet Merah. Mengingat kurangnya potensi hujan pada atmosfer Mars.

Pengamatan Mengenai Penampakan Pelangi di Mars

NASA belum menjelaskan mengenai hal tersebut. Namun, para ahli meteorologi menduga bahwa hal itu mungkin dustbow atau busur debu. Melansir Futurism, kemungkinan juga pantulan yang disebabkan oleh debu dan bukan tetesan air.

Kemungkinan yang lainnya bahwa “halo” tidak pernah sepenuhnya muncul di langit. Namun munculnya sebagai pembiasan. Hal itu karena elemen lensanya dari kamera Hazcam Perseverance.

Sehingga pelangi yang terlihat pada gambar, mungkin hanya hasil dari pijar lensa. Penyebab artefak oleh sinar cahaya yang menyimpang dan memasuki mekanisme pencitraan. Selain itu, yang tersebar dalam lensanya.

Anggota tim NASA dari agensi Jet Propulsion Lab juga memunculkan kemungkinannya yang lain. Menurut Rich Zurek, Kepala Ilmuwan Kantor Program Mars NASA terkait wawancaranya, mengatakan bahwa ice bows atau halo dapat muncul pada cakrawala Mars.

Pernyataan ini sebagai tanggapan atas kemungkinan adanya penampakan pelangi di Planet Mars. Menurut AMA, mengenai “halo” tersebut yang sebelumnya dalam pengamatan selama misi Pathfinder NASA pada akhir 1990.

Pesawat luar angkasa tersebut memotret beberapa awan atas langit Mars. Masih dalam dugaan penyebabnya oleh partikel es.

Fenomena Serupa pada Planet Lain

Fenomena serupa yang juga bisa muncul pada planet lainnya. Menurut entri blog BBC Science Focus yang tertulis oleh astronom radio Alastair Gunn.

Planet lain yang bisa menampilkan pelangi seperti bulan Saturnus yaitu Titan. Selain adanya penampakan pelangi di Planet Mars.  

Titan yang memiliki tetesan metana cair yang cukup pada atmosfernya. Untuk membentuk hujan, namun kurangnya sinar matahari langsung yang parah. Sehingga akan membuat busur metana seperti itu, tidak mungkin terjadi.

Tetesan asam sulfat yang ada pada atmosfer planet Venus dapat menyebabkan “halo”. Polanya tepat seperti yang ada pada foto dari Venus Express Badan Antariksa Eropa tahun 2011.

Tentang Robot Penjelajah NASA Perseverance

Perseverance yang merupakan robot penjelajah kelima milik NASA. Robot tersebut bertugas pada planet Mars. Seperti halnya pada penampakan pelangi di Planet Mars. Robot Perseverance yang memiliki desain dan bodi sama dengan penjelajah Curiosity NASA.

Robot tersebut memiliki kecepatan tertinggi. Kamera baru Perseverance dan peningkatan perangkat lunak navigasi. Sehingga memungkinkan secara mandiri mengenai arahnya saat sedang bergerak. Robot Perseverance mampu bergerak sekitar 33 menit.

Pertama-tama mengemudi sejauh 13 kaki sebelum berbelok tempat 150 derajat. Berbalik 8 kaki untuk menemukan tempat parkirnya yang baru. Pendaratan Perseverance setelah menempuh perjalanan sejauh 300 juta mil lamanya hampir tujuh bulan.

Tugas dari robot penjelajah Perseverance untuk mencari tanda kehidupan masa lalu dan masa sekarang di Planet Mars. Selain itu, juga mencari tahu mengenai suatu hal pada kemudian hari. Nantinya manusia bisa menjelajah planet Mars.

Saat ini robot Perseverance memperlihatkan penampakan pelangi di Planet Mars. Robot penjelajah Perseverance akan mempelajari wilayah Mars, tepatnya pada Kawah Jezero.

Pada Kawah Jezero merupakan wilayah yang tertua. Sehingga kondisi batuannya bisa juga digunakan. Terutama untuk mempelajari tentang masa lalu Planet Mars.

Pentingnya Keberadaan Robot Antariksa

Keberadaan robot antariksa seperti Perseverance ini termasuk penting. Kepentingannya untuk ilmu pengetahuan dan membantu ilmuwan.

Hal ini dalam memahami tentang planet-planet selain planet Bumi. Pada misinya kali ini, NASA juga mengirimkan helikopter Ingenuity. Tentunya selain menggunakan robot Perseverance dalam penjelajahan Mars tersebut.

Robot penjelajah NASA Perseverance dapat mengambil penampakan pelangi di Planet Mars. Terjadinya pelangi pada planet Mars suatu hal yang tidak mungkin. Untuk itu, perlu melakukan pengamatan lebih lanjut mengenai pelangi tersebut.